16 Cara Merawat Kulit Tubuh Secara Alami Dan Aman

Cara alami untuk menjaga kesehatan tubuh bisa dilakukan dengan banyak cara. Namun ladies, kamu juga harus bisa menjaga kesehatan batin dahulu ya. Pastikan jika kamu tidak memiliki penyakit hati, karena hal ini juga bisa menghambat aura baik dalam diri mu. Kamu bisa memanfaatkan berbagai bahan alami, dan bahkan hidup sehat bisa dilakukan tanpa modal loh, yaitu dengan cara mengubah pola hidup agar jauh lebih baik dan sehat. Jika kamu ingin memiliki kulit sehat dengan cara alami, tips membuat kulit putihcara mengatasi wajah kasar , yuk simak cara yang berikut ini.

  1. Gaya hidup sehat

Salah satu cara untuk merawat kulit tubuh secara alami bisa kamu lakukan dengan merubah gaya hidup yang buruk, menjadi gaya hidup yang sehat. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan dengan merubah gaya hidup yang sehat. Gaya hidup sehat harus kamu mulai sejak dini ya ladies, misalnya saja buatlah jadwal tidur, jadwal makan dan jadwal olahraga secara teratur. Pastikan jika kamu bisa menyesuaikan jadwal yang kamu buat setiap hari ya ladies.

  1. Pola makan baik

Buatlah jadwal makan yang baik, atau lebih tepatnya pola makan yang benar. Kamu bisa membuat pola makan, misalnya dengan sarapan sehat sebelum jam 9. Kamu bisa mengonsumsi buah dan oat saat sarapan pagi, dan bisa juga dengan ditambahkan segelas susu coklat hangat setiap pagi. Setelah itu siang jam 11 kamu bisa mengonsumsi biskuit atau buah, dan jam 1 kamu bisa meakan siang sesuka mu dan berhenti sebelum kenyang. Untuk sore hari kamu bisa makan buah jika merasa lapar, dan makan malam sebelum jam 9 ya ladies.

  1. Tidak merokok

Salah satu cara alami untuk merawat kulit tubuh agar sehat, adalah dengan tidak merokok. Jika kamu seorang perokok aktif, maka sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut ya ladies. Kamu bisa belajar berhenti merokok dengan menggunakan permen mint, atau bisa juga dengan bantuan dokter. Jika kamu seorang perokok pasif, maka usahakan untuk perbindah tempat jika ada orang lain yang merokok. Perokok pasif beresiko mengalami infeksi paru-paru lebih besar dibandingkan perokok aktif,dan merokok juga merupakan penyebab wajah kusam, oleh sebab itulah kamu harus bisa aware terhadap hal tersebut.

  1. Tidak mengonsumsi alkohol

Hindari mengonsumsi alkohol setiap hari, agar kamu tidak mengalami penuaan dini. Alkohol bisa merusak organ dalam tubuh mu loh ladies, ginjal mu bisa mengalami kerusakan, begitu juga dengan hati atau jantung mu dan alkohol juga merupakan penyebab bintik hitam pada wajah. Hindari alkohol sedini mungkin, dan bahkan terdapat sebuah studi kasus yang menerangkan tentang perbandingan antara peminum alkoho dan yang tidak mengonsumsi alkohol. Orang yang mengonsumsi alkohol jaauh lebih beresiko mengalami penuaan dini, dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi alkohol.

  1. Rajin olahraga

Tahukah kamu jika orang yang rajin berolahraga memiliki kulit yang jauh lebih sehat, cara mencegah penuaan  dini juga bisa dilakukan dengan olahraga. Kamu bisa membuat jadwal olahraga yang rutin, misalnya saja satu minggu tiga kali ya ladies. Olahraga yang dikerjakan juga bisa beragam, bisa gym, berenang, jogging, atau bersepeda. Usahakan kamu berolahraga 1 jam dalam sekali jalan, agar nantinya mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Banyak minum air putih

Konsumsilah air putih sebanyak mungkin jika ingin memiliki kulit yang sehat, agar kamu juga bisa mendapatkan kulit yang cantik juga. Kamu bisa minum minimal 8 gelas air putih perhari, dan pastikan jika air putih yang kamu minum air yang bersih dan menyehatkan. Air putih yang menyehatkan adalah air putih yang tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa. Di pagi hari, usahakan minum segelas air putih ketika bangun tidur. Dan malam hari juga siapkan air putih di kamar mu ya ladies.

  1. Pola tidur baik

Cara merawat kulit agar sehat sepanjang hari adalah dengan cara tidur yang cukup. Kamu bisa membuat pola tidur yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit mu. Tidurlah 8 jam sehari ya ladies, dan usahakan untuk bisa tidur siang selama 1 jam saja. Hindari untuk tidur di sore hari, agar tubuh tetap sehat dan kulit juga indah terawat.

  1. Bayam merah

Salah satu cara untuk menjaga tubuh agar sehat alami, adalah dengan mengonsumsi bayam merah. Bayam merah mengandung banyak sekali vitamin yang baik untuk tubuh, dan bahkan bayam merah juga sangat mempengaruhi kesehatan kulit. Memang harga bayam merah lebih mahal dari bayam pada umumnya, namun bayam ini kaya akan manfaat. Kamu bisa menemukannya di pasar loh ladies, dan cara mengolahnya juga mudah. Kamu bisa mengolahnya dengan cara seperti berikut ini.

  • Pertama siapkan bayam merah, kentang, jagung manis, wortel dan selada atau letus.
  • Cuci bersih semuanya, dan kupas kentang serta wortel.
  • Potong wortel memanjang tipis-tipis dan rebusslah, dan potong kentang seperti saat akan membuat kentang goreng dan goreng kentang dengan benar atau bisa juga dengan cara merebusnya.
  • Rebuslah bayam dengan kematangan sempurna, jangan sampai overcook.
  • Campurkan semua bahan sayur yang sudah matang dan tambahkan minyak zaitun ya ladies.
  • Selanjutnya salad untuk kulit sehat sudah siap untuk dimakan.
  1. Bayam hijau

Selain bayam merah, bayam hijau juga kaya akan manfaat loh. Kamu bisa mengolahnya menjadi sayur berkuah. Kamu bisa memasaknya dengan bawang putih dan bawang merah. Pastikan jika sayur bisa kamu makan dengan kematangan yang sempurna. Dan jangan memanaskan sayur bayam ya ladies, karena kandungannya akan berbeda dan bahkan berbahaya untuk kesehatan.

  1. Wortel

Salah satu cara merawat kulit agar tetap sehat sepanjang hari adalah dengan mengonsumsi wortel. Kamu bisa mengolah wortel untu sup atau bisa juga di jadikan sebagai jus. Wortel tidak hanya baik untuk kesehatan kulit, tapi juga kesehatan mata. Kamu bisa mengolah  wortel sebagai jus dan bisa juga di tambahkan dengan tomat buah yang segar. Tambahkan sedikit gula dan susu, agar rasanya lebih nikmat ya ladies.

  1. Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang kaya akan likopen, zat ini mengandung ekstrak pencerah warna kulit atau kamu juga bisa menggunakan tomat sebagai cara memutihkan wajah. Kamu bisa mengonsumsinya setiap hari, misalnya saja untuk sup, jus dan bahkan minuman segar dengan air dingin dan tomat. Kamu bisa memilih jenis tomat buah ya ladies, agar rasanya lebih nikmat dan segar. Selain itu tomat juga bisa kamu manfaatkan untuk campuran bahan makanan, dan pastikan jika sebelum digunakan, tomat dalam keadaan yang bersih.

  1. Apel

Selain tomat, kamu juga bisa mengonsumsi apel untuk menjaga kesehatan kulit tubuh mu dan sebagai cara memutihkan wajah secara alami. Kamu bisa mengolah apel sebagai kue, minuman atau bisa juga sebagai salad. Apel mengandung banyak sekali vitamin yang bagus untuk kulit mu, dan sebaiknya kamu juga memilih apel yang masih segar ya ladies. Pastikan jika apel tersebut juga bersih dari pestisida, agar nantinya tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh mu.

  1. Pisang

Pisang dapat kamu manfaatkan sebagai salah satu cara mencerahkan kulit wajah secara alami. Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin, pisang tidak hanya baik untuk ibu hamil tapi juga wanita yang ingin kulitnya sehat. Kamu bisa mengonsumsi pisang di pagi hari, atau bisa juga di malam hari ya ladies. Di pagi hari kamu bisa memadukan pisang dengan oat atau susu, dan di malam hari sebelum tidur, kamu bisa memakannya dengan segelas air putih yang segar.

  1. Susu

Minumlah susu setiap hari, ada banyak sekali manfaat susu untuk kulit selain memutihkan, susu juga mampu membuat kulit jadi cantik. Kamu bisa mengonsumsi susu di pagi hari, dan seperti yang di jelaskan sebelumnya, jika kamu bisa memakan pisang dan meminum susu di pagi hari. Minumlah susu yang benar-benar menyehatkan, jangan hanya sekedar susu yang mengandung lemak saja ya ladies. Pastikan jika cara mengolah susu bubuk juga benar, dan jika kamu belum tahu cara mengolah susu bubuk dengan benar, yuk simak langkah-langkah yang berikut ini.

  • Pertama siapkan susu bubuk, dan pastikan jika susu masih bisa digunakan.
  • Kedua ikuti aturan pakai takaran susu, kemudian masukkan air biasa setengah dan aduk susu.
  • Jika sudah tercampur dalam air, kamu bisa menambahkan air hangat hingga gelas penuh atau sesuai aturan pada kemasan.
  • Jangan menggunakan susu kental manis, karena susu kental manis berbahaya dikonsumsi setiap hari.

Ladies, perhatikan !! Susu kental manis bukanlah susu yang baik untuk diminum setiap hari, karena fungsi dari susu kental manis hanyalah sebagai krimer atau pemanis makanan seperti kue, es dan lain sebagainya. Susu kental manis mengandung gula yang sangat tinggi hingga 70% dari kandungan lainnya. Jadi ladies, pastikan jika susu yang kamu minum adalah susu yang sehat dan tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh ya.

  1. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu makanan olahan yang difermentasikan. Yoghurt sangat baik untuk kesehatan pencernaan mu dan juga kondisi kesehatan kulit mu. Kamu bisa memanfaatkan yoghurt sebagai salah satu bahan masker kulit wajah, dan bahkan kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah loh ladies.

  • Pertama siapkan susu UHT plan.
  • Selanjutnya hangatkan susu, dan jangan sampai mendidih.
  • Siapkan wadah termos yang kedap udara.
  • Masukkan susu UHT yang sudah di hangatkan, dan pastikan jika susu sedikit dingin ( hangat kukuh ).
  • Selanjutnya kamu bisa memasukkan bibit yoghurt dalam termos, kocok hingga tercampur.
  • Diamkan hingga 2 kali 24 jam, dan kemudian bukalah yoghurt dan pastikan jika yoghurt tidak gagal.
  1. Lulur tradisional

Cara alami untuk merawat tubuh adalah dengan menggunakan lulur tradisional. Lulur tradisional ini bisa kamu buat sendiri, beli di supermarket atau membelinya di tukang jamu loh ladies. Dengan menggunakan lulur tradisional, maka kulit akan jauh lebih sehat dan terhindar dari bahan kimia. Jika kamu ingin membuatnya sendiri di rumah, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang berikut ini.

  • Pertama siapkan beras, dan haluskan beras hingga menjadi bubuk.
  • Selanjutnya kamu bisa menambahkan beras dengan susu bubuk, dan tambahkan juga dengan kunyit bubuk.
  • Kemudian tambahkan dengan air mawar ya ladies, dan aduk hingga merata.
  • Terakhir kamu bisa menggunakannya sebagai lulur, dan pastikan jika bahan-bahan yang kamu gunakan tersebut sudah bersih dari berbagai macam kotoran.

Nah ladies, kamu bisa merawat kulit mu agar tetap sehat dan terawat dengan cara yang alami. Pastikan jika kamu juga melakukan semua dengan benar ya ladies agar hasilnya sempurna. Hindarilah kebiasaan yang berbahaya untuk kesehatan kulit, misalnya saja dengan merokok, minum alkohol, fast food atau junk food, sering begadang dan lain sebagainya.