17 Penyebab Cepat Tua di Usia Muda

Penuaan akan datang dan tidak ada satupun dari kita yang bisa menghentikannya pada akhirnya. Walaupun mungkin menakutkan bagi sebagian orang, proses menuju penuaan tidak dapat dihindari. Banyak orang yang hendak menghindari kenyataan namun menjadi tua adalah suatu proses yang berlangsung secara alamiah. Ketika menua, kulit wajah kita akan kendur dan melorot karena hilangnya lemak dari bawah kulit, dan juga hilangnya hormon serta kekenyalan kulit. Semua tanda ini adalah wajar jika penuaan terjadi pada usia yang tepat, namun jika gejala tersebut telah dialami jauh sebelumnya maka hal ini tidak dapat dikategorikan sebagai suatu hal yang alami.

Penuaan yang lebih awal tentu saja ada sebab musababnya. Kebanyakan kerusakan kulit yang terlihat pada usia 40 hingga 50 tahun sebenarnya terjadi pada usia remaja dan awal 20 tahunan. Jika proses penuaan tidak dapat dilawan sebagai suatu proses biologis yang alami, ada hal – hal yang bisa kita kendalikan untuk menundanya dan bahkan memulihkan kembali kondisi yang sesuai dengan usia kita. Anda tidak bisa menghentikan waktu, namun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai cara mencegah penuaan dini atau untuk menerapkan tips mencegah penuaan dini untuk menghentikan beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan penuaan dini, yang juga dapat mengancam kesejahteraan fisik Anda.

Kebiasaan yang Menyebabkan Cepat Tua

Beberapa hal yang membuat seseorang cepat tua bisa berasal dari kebiasaannya sehari – hari dan bagaimana pribadinya yang asli, juga bagaimana caranya menyikapi kehidupannya. Kebiasaan – kebiasaan yang membuat diri Anda cepat terlihat tua atau menjadi penyebab wajah terlihat tua antara lain:

1. Bermuram Durja

Bagaimana Anda memandang kehidupan akan turut memberi dampak besar pada penampilan. Sikap Anda mengenai kehidupan akan menimbulkan tanda kecil namun jelas yang akan terlihat di seluruh wajah Anda ketika menua, dan menjadi penyebab kulit keriput. Jika Anda bangun setiap hari dan selalu merasa murung serta tidak bersemangat, lama kelamaan garis – garis kemurungan tersebut akan tercetak jelas di seluruh wajah menjadi penyebab kulit cepat keriput, menunjukkan sebuah ekspresi permanen yang menunjukkan suasana hati murung selamanya. Sebaliknya, jika Anda merasa bahagia dan berpikiran positif, otot wajah akan melemas, rileks dan wajah pun akan memiliki lebih sedikit kerut dan garis.

2. Merokok

Merokok, hal ini adalah kebiasaan buruk yang dimiliki oleh banyak orang. Tidak saja buruk untuk kesehatan, namun juga buruk untuk penampilan. Merokok tentu saja sudah dibuktikan secara ilmiah dapat memberikan dampak buruk pada kulit. Merokok mengeringkan kulit, menghilangkan oksigen yang dibutuhkan untuk menutrisi kulit. Dampaknya akan terlihat jelas pada wajah dan mulut para perokok, juga adanya perubahan warna akibat nikotin dan keriput di sekitar mulut dari gerakan mengisap rokok yang berulang. Nikotin yang dserap tubuh juga mencegah nutrisi diserap oleh tubuh, menghalangi asupan vitamin terutama A dan C, membuaat kulit terlihat kusam dan kehilangan penampilan mudanya.

3. Terkena Sinar Matahari

Bahayanya sinar matahari dan efeknya pada kulit telah banyak diketahui orang. Ini adalah salah satu hal yang tidak saja buruk untuk kesehatan namun juga akan embuat wajah tampak hingga sepuluh tahun lebih tua. Ketika Anda berada di bawah sinar matahari terlalu lama, kulit akan menjadi kering dan kasar. Kekeringan tersebut menciptakan dan memperdalam kerutan. Selain itu juga menimbulkan flek hitam serta perubahan warna yang tidak seimbang pada kulit tubuh yang membuat Anda akan harus mencari cara menghilangkan flek hitam pada wajah, salah satunya adalah cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun . Waktu ideal untuk berada di bawah sinar matahari hanya selama dua puluh menit untuk menyerap vitamin D yang dibutuhkan kulit, yangg bisa menjadi cara mencegah kulit terbakar matahari.

4. Pola Makan Buruk

Kebiasaan makan yang tidak teratur akan sangat memberi pengaruh kepada penuaan tubuh kita. Jika Anda terbiasa memakan junk food dan fast food tanpa mengimbanginya dengan gizi yang tepat seperti sayur mayur dan buah yang merupakan rahasia awet muda, sel – sel tubuh tentu akan sulit beregenerasi karena tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Begitu juga dengan jadawal makan yang berantakan akan menunjukkan akibatnya pada kondisi tubuh serta kulit, misalnya menjadi penyebab kulit berminyak, .

5. Diet Keras

Penurunan berat badan menjadi ideal adalah sesuatu yang menggoda, ataupun juga untuk cara menghilangkan  lemak di perut secara alami, namun melakukan diet keras bukanlah suatu ide yang bagus. Diet bukan solusi jangka panjang yang cocok, bahkan bisa menjadi ancaman dalam jangka panjang dan beefek buruk, misalnya menjadi penyebab kulit tangan keriput. Para peneliti menunjukkan bahwa diet keras dapat membuat Anda tampak lebih tua dengan mengurangi tingkat energi Anda, mengacaukan konsentrasi, membuat Anda depresi dan mudah terganggu. Bukan itu saja, kulit juga akan menjadi keriput dan kendur sebab kulit kehilangan elastisitasnya dan tidak bisa menyesuaikan dengan penurunan berat badan yang drastis, dimana penurunan berat badan normal adalah satu atau dua kilogram per minggu.

6. Kurang Tidur

Berapapun usia kita, jumlah jam tidur yang dibutuhkan tetap sebanyak tujuh atau delapan jam sehari. Tidak mendapatkan cukup tidur dapat membuat Anda tidak berungsi optimal pada siang hari. Akibat lainnya, kurang tidur juga dapat mengarah kepada penambahan berat badan. Belum lagi timbulnya kantung mata yang akan membuat wajah menjadi tidak tampak segar dan tampak lebih tua, Anda juga akan harus mencari cara mengatasi kerutan di wajah  dan juga cara menghilangkan kantung mata dalam tiga hari akibat kurang tidur.

Makanan yang Membuat Cepat Tua

Tampaknya makanan tidak mempunyai pengaruh langsung pada penuaan, akan tetapi apa yang kita makan akan mempengaruhi penampilan kita dalam satu dan lain cara. Makanan yang akan membuat kita cepat tua adalah:

1. Makanan Manis

Makanan yang sering kita konsumsi seperti gula, produk susu, makanan olahan dan tepung adalah makanan yang akan mempercepat peradangan pada tubuh dan proses penuaan juga. Makanan ini memicu produksi insulin dalam tubuh yang akan mempengaruhi massa tubuh dan seiring dengan pertambahan usia hal itu akan membuat kulit mengendur dan melorot. Gula terutama akan sangat mempengaruhi kolagen dan elastin dalam tubuh, kedua bahan yang akan menjaga kulit tetap tampak muda dan kencang.

2. Makanan Gosong

Bagian hitam pada makan yang dibakar atau dipanggang mengandung hidrokarbon yang akan mengakibatkan peradangan pada tubuh, yang pada akhirnya akan merusak kolagen pada kulit . Anda tidak perlu menghindari makan yang dipanggang atau dibakar, namun Anda hanya perlu mengikis bagian yang gosong dan membersihkan panggangan dari bekas gosong setelah digunakan.

3. Makanan Asin

Manfaat garam untuk perawatan kecantikan ada banyak, seperti manfaat garam untuk rambut berketombe dan manfaat air garam untuk kulit. Akan tetapi jika dikonsumsi garam ternyata mempunyai efek yang kurang baik jika berlebihan. Makanan yang asin menahan air dalam kulit dan menyebabkan penampilan yang tampak bengkak. Sangat disarankan untuk membumbui makanan dengan sedikit garam dan menggunakan makanan segar daripada memasak makanan yang diawetkan atau setengah matang.

4. Makanan Olahan

Sosis, daging hamburger, nugget dan lain – lain yang dibekukan mempunyai bahan pengawet didalamnya yang dapat memicu peradangan pada kulit dan mempercepat proses penuaan. Makanan semacam ini juga cenderung mengandung sejumlah besar garam di dalamnya yang buruk untuk penampilan awet muda Anda.

5. Daging Merah

Daging berlemak dapat mendatangkan radikal bebas yang merupakan molekul yang mempunyai satu elektron dan bukannya dua, membuat mereka tidak stabil dan dapat merebut elektron dari molekul lain. Radikal bebas pada akhirnya akan mempengaruhi kemampuan kulit untuk melindungi diri dan memproduksi kolagen.

6. Makanan Pedas

Makanan pedas dapat menyebabkan berak – bercak pada kulit, dan dapat mengakibatkan kerusakan pada saat menopause, ketika pembulu darah di kulit lebih reaktif daripada biasanya. Anda tidak perlu berpantang pada makanan pedas sama sekali namun direkomendasikan untuk tidak mengonsumsinya apabila ingin terhindar dari pembuluh darah pecah, kemerahan dan bengkak pada kulit.

7. Makanan Berlemak

Selain berbahaya untuk jantung, lemak jenuh juga dapat menyebabkan kulit menjadi menua sebelum waktunya. Makanan berlemak memancing radang pada tubuh, bahkan membuat kulit menjadi semakin sensitif terhadap sinar UV dan menjadi penyebab wajah kusam. Sebaiknya hindari produk makanan yang mencantumkan hydrogenated oil pada labelnya, karena bukan merupakan jenis makanan untuk kulit berminyak yang baik.

Minuman yang Mempercepat Penuaan

Tidak hanya makanan, mengonsumsi jenis minuman tertentu juga dapat mengakibatkan proses penuaan yang lebih cepat. Apa saja jenis minuman tersebut, simaklah dalam pembahasan berikut ini:

1. Anggur Putih

Jenis minuman ini dapat merusak enamel gigi dan membuat gigi menjadi bernoda, karena kandungan asamnya. Dianjurkan untuk menggosok gigi paling tidak satu jam setelah meminum anggur putih untu memberi kesempatan gigi memulihkan kandungan mineralnya kembali setelah terkena cairan asam. Jika tidak, Anda akan mengalami kerusakan gigi yang tentu saja akan membuat penampilan tampak lebih tua.

2. Sering Minum Alkohol

Alkohol akan memperbesar pembuluh darah pada permukaan kulit dan mengakibatkan perubahan warna pada kulit. Pembuluh darah yang rusak juga membuat kulit tampak lebih tua. Akibat paling buruk dari pembuluh darah yang rusak adalah terlihat pada wajah, sehingga wajah terlihat semakin tampak tua.

3. Minuman Energi

Jenis minuman ini mungkin saja akan memberikan Anda energi akan tetapi juga mempunyai efek samping pada gigi yang akan membuat Anda terlihat lebih tua. Jika Anda benar – benar membutuhkan minuman berenergi, cobalah untuk meminumnya menggunakan sedotan agar mempunyai kontak minimal dengan gigi.

4. Kafein

Walaupun untuk perawatan kecantikan, manfaat masker kopi dan manfaat teh untuk wajah adalah suatu perawatan yang efektif untuk kulit, antara lain untuk cara alami menghilangkan mata panda. Akan tetapi bagi Anda yang menyukai minuman berkafein seperti teh atau kopi sebaiknya waspada, karena kafein dapat mengeringkan cairan tubuh dan mengurangi kelembaban dari kulit Anda. Minuman berkafein bisa membuat kulit menjadi dehidrasi apabila diminum dalam jumlah yang berlebihan, membuat kulit tampak kering, kusam dan tampak tua.

Pertambahan usia adalah suatu hal yang tidak bisa dihindari, namun Anda bisa menghindari untuk tampak tua sebelum waktunya. Caranya yaitu dengan menjalankan hidup sehat dan menghindari berbagai kebiasaan yang bisa membawa kondisi tubuh kepada penuaan dini, sehingga Anda tidak akan tampak berusia lebih tua dari pada umur yang sebenarnya. Tidak hanya menjaga penampilan fisik saja, namun kondisi mental pun perlu selalu dijaga agar tetap bahagia, bebas stres dan depresi sehingga kebahagiaan Anda pun akan terpancar keluar.