31 Rahasia Awet Muda Alami Pria dan Wanita Super Ampuh

Penuaan adalah sesuatu yang tidak bisa terhindarkan seiring dengan waktu. Putaran waktu tentu tidak bisa dihentikan, memang beginilah adanya proses penuaan dan inilah yang tepatnya akan dialami oleh tubuh kita. Tanda penuaan di tubuh pada sebagian orang akan terlihat di area tubuh yang berbeda. Namun pada sebagian besar orang, bagian tubuh yang akan paling menunjukkan dampak penuaan biasanya adalah kulit wajah, yang akan mulai menunjukkan gejala penuaan pada akhir usia tiga puluhan dan menjelang usia empat puluhan. Bahkan proses penuaan ini dapat membuat seseorang tampak lebih tua daripada usia sebenarnya.

Hal ini akan tampak pada kulit yang mulai tampak kendur dan kehilangan volumenya  kelihatan di area sekitar mata dan juga berkurangnya tampilan garis rahang yang dulunya tegas. Kondisi mata juga mulai tampak cekung dan berkantung serta mulai tampak lipatan kulit di sekitarnya. Juga timbulnya bercak – bercak atau noda kehitaman di kulit yang dulunya mulus. Keriput dan garis halus pun sudah mulai terlihat dengan mudah terutama di sudut mata sehingga mulai perlu dilakukan cara mencegah penuaan dini, cara menghilangkan kerutan di wajah dan cara mengencangkan kulit wajah.

Mendapatkan Penampilan yang Awet Muda

Untuk mengatasi penampilan wajah yang mulai tampak menua, biasanya orang menggunakan perawatan kulit yang lumayan menguras biaya dan waktu atau menggunakan produk perawatan kulit berkualitas nomor satu. Akan tetapi seringnya setelah melakukan berbagai hal tersebut, ternyata keriput dan garis halus tersebut masih ada. Dibutuhkan langkah yang lebih menyeluruh untuk benar – benar mengurangi penyebab wajah terlihat tua, antara lain:

1. Senyuman Lebar

Sebuah senyuman akan membuat perbedaan besar pada wajah kita. Wajah yang tampak bahagia dengan senyuman lebar akan memberi kesan wajah yang tampak muda. Sebaliknya, jika tidak ingin ekspresi wajah membuat Anda tampak tua, maka hindari ekspresi negatif yang biasanya membuat kulit wajah berkerut seperti marah, cemberut, atau lainnya. Anda juga dapat mencari cara menghilangkan kerutan di bawah mata agar senyum semakin tampak indah

2. Bingkai Wajah Anda

Alis adalah bingkai dari wajah. Bentuk alis yang dibuat dengan baik dan rapi akan membingkai wajah serta mata dengan elegan serta menarik perhatian kepada keindahan mata kita, juga menciptakan kesan wajah lebih muda. Anda dapat melakukan cara mempercantik alis seperti mencoba cara alami menebalkan alis dan cara sulam alis sendiri yang dapat dilakukan di rumah.

3. Menata Rambut

Ketika rambut mulai menipis, Anda dapat menggunakan produk  penata rambut yang dapat membuat rambut tampak mengembang. Anda juga dapat mengecat rambut dengan warna yang lebih terang untuk menyamarkan penipisan rambut. Juga gunakan deep conditioner secara teratur  untuk mendapatkan manfaat conditioner rambut yaitu menjaga rambut tetap jauh dari kekeringan. Anda bisa menggunakan kondisioner untuk rambut keriting, kondisioner non alkohol dan kondisioner pelurus rambut yang cocok.

4. Bersihkan Kulit

Rahasia awwet muda yang uama yakni dengan membersihkan serta melembabkan kulit akan membantu melindungi kulit dan menjaganya tetap sehat. Jangan gunakan sabun biasa, karena untuk kulit yang sudah mengalami penuaan sabun biasa akan mengeringkannya. Pilihlah pembersih yang akan membersihkan kulit dengan lembut tanpa menghilangkan kelembaban dari kulit. Hindari toner yang mengandung astringent atau berbasis alkohol, juga gunakan pelembab yang bagus siang dan malam. Anda juga bisa menggunakan pelembab untuk kulit sensitif, pelembab untuk kulit berminyak, dan pelembab untuk kulit kombinasi yang cocok.

5. Pilihan Berbusana yang Tepat

Busana Anda juga menentukan apakah penampilan akan terlihat muda atau justru lebih tua dari sebenarnya. Contohnya, jika leher dan dagu mulai berkerut maka jangan menggunakan pakaian dengan model yang ketat di bagian leher, karena akan mendorong lipatan kulit ke atas dan membuatnya semakin tampak jelas. Pilihlah potongan dan warna busana yang akan menonjolkan kelebihan tubuh.

Sponsors Link

6. Gunakan Krim Tangan

Penuaan juga dapat ditunjukkan pada kulit tangan, jadi diperlukan penggunaan krim pelembab yang bagus secara teratur. Carilah yang mengandung tabir surya di dalamnya. Cerahkan kulit tangan yang kusam dengan mengeksfoliasi kulit secara teratur.

7. Olahraga

Dalam proses penuaan, Anda akan menemui bahwa otot tubuh mulai berkurang sehingga kulit mulai mengendur. Berolah raga teratur akan mengurangi hal tersebut dan juga membuat Anda tidur lebih nyenyak. Kombinasikan latihan kardio, latihan ketahanan otot, peregangan serta latihan koordinasi untuk keseimbangan tubuh. Manfaat olah raga untuk kecantikan dapat membuat penampilan selalu awet muda jika dilakukan secara teratur.

8. Menjaga Kebersihan Gigi

Sebuah penelitian menyatakan bahwa terdapat hubungan antara penyakit gigi dengan penyakit jantung. Pria di bawah usia 50 tahun yang memiliki penyakit gigi akan berpeluang 2,6 kali lebih besar untuk mengalami kematian di usia muda dan 3 kali lebih besar untuk meninggal karena penyakit jantung jika dibandingkan dengan pria dengan gigi sehat. Kebersihan gigi yang buruk adalah penyebab utama penyakit gigi, maka selalu bersihkan gigi dengan menggosoknya secara teratur.

Menjaga Pikiran yang Awet Muda

Pikiran berhubungan erat dengan penampilan seseorang. Memiliki pikiran yang tidak tertata akan menyebabkan wajah terlihat jauh lebih tua dari usia sebenarnya. Berikut ini beberapa cara menjaga pikiran agar tetap awet muda:

1. Tetap Berpikir Positif

Pikiran atau persepsi mengenai diri sendiri juga akan mempengaruhi penampilan. Jika Anda percaya bahwa penuaan akan menyebabkan ketajaman berpikir berkurang, maka itulah yang akan terjadi. Sebaliknya jika Anda berpikir bahwa kita akan menjadi semakin bijak seiring dengan pertambahan usia, maka kesehatan fisik dan mental akan semakin baik.

2. Mengelola Stress

Stress dapat menjadi penyebab wajah tampak tua di usia muda. Pikiran yang tidak jernih atau sedang mengalami stress akan rentan mendatangkan resiko penyakit mulai dari penyakit ringan seperti flu hingga kanker. Jika Anda ingin tampak awet muda, peluang untuk hidup lebih sehat haruslah diperbesar dengan menghindari stress, atau mengurangi tingkat stress Anda dengan mengelolanya. Meditasi, yoga, berlibur, atau menekuni hobi yang disukai akan membantu mengalihkan pikiran sejenak dari stress.

3. Mengasah Otak

Selama hidup otak akan selalu berkembang dengan neuron – neuron baru dan juga mengembangkan jaringan diantara neuron – neuron tersebut. Otak yang terus distimulasi dengan berbagai aktivitas seperti pekerjaan, pendidikan dan hobi akan berkurang resiko terkena alzheimer hingga 40%.

Makanan Untuk Awet Muda

Tidak hanya menjaga pikiran dan perawatan kulit, kondisi dari dalam tubuh pun perlu diperhatikan dengan baik. Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi makanaan yang bermanfaat untuk tubuh awet muda.

ads

1. Buah Beri

Semua jenis beri – berian dapat dikonsumsi untuk mendukung penampilan yang lebih muda. Stroberi, blueberi, rasberi, dan blackberry memiliki kandungan anti oksidan yang sangat ampuh untuk mempertahankan kesehatan sel tubuh serta memberi perlindungan dari penyakit. Selain itu, blackberry juga dapat menjadi penangkal dari penyakit kanker dan diabetes.

2. Coklat

Salah satu makanan rahasia awet muda yang banyak disukai adalah coklat, yang manfaat coklat untuk kulit  dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet. Dengan demikian, coklat dapat menghindarkan penyakit kanker kulit. Gunakan coklat tanpa gula jika Anda ingin mencoba khasiatnya.

3. Minyak Ikan

Mengandung asam lemak omega 3, minyak ikan dapat membantu mengurangi peradangan dari dalam tubuh, menstabilkan tekanan darah dengan mencegahnya menurun, mengurangi resiko penyakit jantung, mengurangi resiko arithmia, dan banyak lagi. Anda juga dapat mengonsumsi ikan salmon, herring, sarden dan ikan tuna. Namun berhati – hatilah ketika memilih ikan – ikan tersebut, karena konon beberapa ikan ada yang mengandung merkuri sebagai akibat dari cara penangkapan ikan yang salah.

4. Sayuran Hijau

Kita semua tahu bahwa sayuran memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, berkat kandungan anti oksidan tinggi didalamnya. Sayuran hijau terutama bayam dan kale mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menangkal radikal bebas dan memperlambat proses penuaan.

5. Kacang – Kacangan

Kacang – kacangan adalah sumber protein yang terbaik, serta juga merupakan sumber lemak tak jenuh dan asam lemak omega 3 yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung serta kulit. Selain itu kandungan potasium pada kacang akan sangat membantu untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi, mencegah kerusakan sel kulit dengan kandungan vitamin E dan memperkuat tulang dengan kandungan kalsium didalamnya.

6. Padi – padian

Gandum, oat dan juga beras coklat atau beras merah kaya akan kandungan serat yang dapat membantu tubuh untuk membersihkan kandungan yang tidak bermanfaat seperti kelebihan kolesterol dan kelebihan lemak. Serat juga dapat mengontrol nafsu makan karena membuat kenyang, sementara juga mengontrol gula darah agar tidak meningkat. Selain itu padi – padian juga mengandung vitamin serta mineral yang dapat menjadi anti penuaan.

7. Bawang Putih

Khasiat anti penuaan juga dapat ditemukan pada bawang putih. Bawang putih dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh dan juga tekanan darah, mengurangi radang dalam tubuh dan melindungi kesehatan sel – sel tubuh, dan mengurangi resiko kanker.  Secara tradisional bawang putih digunakan untuk mengatasi masalah infeksi, bakteri atau virus dalam tubuh.

8. Alpukat

Merupakan sumber terbaik dari vitamin E, potasium, lemak tak jenuh tunggal serta anti oksidan yang ampuh untuk mengurangi efek penuaan. Alpukat dapat menurunkan kolesterol, menurunkan tegangan darah, serta memperbaiki penampilan kulit yang mulai menua. Kandungan folat yang kaya akan mencegah serangan jantung dan mengurangi resiko penyakit pengeroposan tulang atau osteoporosis, serta mencegah pembekuan darah dari asam oleat yang menjadi bahan untuk menghasilkan kolesterol baik.

9. Kedelai

Semua jenis vitamin dan mineral seperti vitamin B dan potasium, serta zat besi terkandung di dalam kedelai. Kedelai adalah sumber protein rendah lemak yang paling tepat sehingga baik untuk kesehatan jantung. Manfaat susu kedelai untuk kulit dapat Anda gunakan untuk memberi pengaruh positif terhadap penampilan dan kesehatan tubuh.

10. Superfruits

Makanan adalah bagian yang penting bagi kesehatan kita dan apa yang kita makan akan terlihat dengan jelas pada permukaan tubuh, yaitu kulit. Buah – buahan adalah sumber anti penuaan alami yang hebat karena banyak mengandung anti oksidan. Terutama pada superfruits yaitu buah yang mempunyai manfaat ganda seperti anti oksidan, serat, vitamin, mineral dan nutrisi lainnya

Mengatur Gaya Hidup

Pada kenyataannya, gaya hidup kita juga akan mempengaruhi penampilan diri sendiri. Menjalani gaya hidup yang teratur akan membawa efek awet muda, sementara tidak memperhatikan bagaimana cara kita menjalani hidup dapat memberikan efek sebaliknya pada penampilan.

1. Menjauhi Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol dapat menjadi penyebab kulit cepat keriput walaupun masih berusia muda, karena dapat membuat kulit terlihat kering dan kusam. Alkohol dapat menyebabkan tubuh menjadi kekurangan cairan sementara nikotin dalam rokok akan membuat kulit kehilangan kelembabannya dan mengerut karena memperpendek pembuluh darah pada lapisan terluar kulit. Hal ini akan membuat peredaran oksigen di kulit menjadi terganggu, dan kulit tidak akan mendapatkan cukup oksigen serta nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu juga menghancurkan kolagen dan elastin pada kulit sehingga menjadi penyebab kulit keriput di usia muda. Tentu saja kulit yang seperti itu akan membawa kesan bahwa diri seseorang tampak lebih tua dengan cepat, karena kulitnya tampak berkerut dan kendur.

2. Mengatur Pola Tidur

Waktu tidur yang dipersingkat akan mempengaruhi kadar glukosa dan fungsi endokrin dalam tubuh. Kekurangan tidur dapat menyebabkan kita memulai hari dengan kondisi yang kurang prima, dan juga menyebabkan kita rawan terhadap penyakit – penyakit seperti diabetes, hipertensi, kelebihan berat badan dan juga kekurangan memori.

3. Konsumsi Banyak Serat

Salah satu kunci agar tampak awet muda adalah dengan pencernaan yang sehat. Tubuh memerlukan 25 gram serat setiap harinya untuk menjaga semua nutrisi yang kita konsumsi tetap di dalam tubuh dan untuk dilepaskan ketika dibutuhkan.

Sponsors Link

4. Konsumsi Anti Oksidan

Antioksidan adalah salah satu senyawa yang bermanfaat untuk melawan penuaan. Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan sangat baik untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas yang akan mempercepat proses penuaan tubuh.

5. Memelihara Kesehatan Kulit

Kulit yang sehat dan dirawat dengan baik sudah tentu akan menunjukkan penampilan yang awet muda. Beberapa orang menggunakan krim kecantikan untuk memelihara kulitnya terutama kulit wajah. Kandungan retinoid dalam krim kecantikan dapat mengurangi keriput pada kulit wajah, namun kandungan retinoid juga bisa didapatkan melalui makanan seperti wortel yang dapat membantu menjaga keseimbangan pada PH kulit. Selalu gunakan tabir surya jika hendak beraktivitas di bawah sinar matahari.

6. Hindari Gula

Ukuran garis pinggang adalah indikator yang jelas bagaimana gula mempengaruhi tubuh kita. Gula, terutama yang berwarna putih dan telah dimurnikan justru merupakan bahan makanan yang buruk bagi tubuh kita terutama jika dikonsumsi secara berlebihan. Pada dasarnya, gula mempengaruhi produksi kolagen dan elastin. Ketika kedua protein itu bertemu dengan gula maka keduanya akan menjadi lemah, yang akan berefek langsung pada kulit.

7. Mengontrol Porsi Makan

Senjata yang paling efektif untuk mempertahankan penampilan awet muda adalah mengontrol porsi makan. Artinya, Anda perlu mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi dalam sekali makan. Seiring dengan pertambahan usia, metabolisme tubuh mulai menurun hingga 5-10%. Ini berarti tubuh akan menjadi kurang efektif dalam membakar lemak dan gula di dalam tubuh. Semakin banyak Anda makan, berarti semakin banyak pula yang harus dicerna oleh tubuh. Karena kemampuan tubuh untuk mencerna makanan semakin berkurang, maka hal ini tentunya akan mempengaruhi tubuh dan kulit.

8. Kembali Pada Bahan Alami

Bahan – bahan alami telah digunakan sejak lama sekali di seluruh dunia. Alam telah menjadi sumber pengobatan manusia yang utama sebelum adanya obat  – obatan kimia dengan menyediakan herbal yang paling mujarab untuk keperluan penyembuhan yang bekerja dari dalam tubuh. Karena itulah bisa saja bahan alami menjadi solusi untuk merawat kulit agat tampak awet muda.

9. Menjaga Cairan Tubuh

Kulit yang tampak muda sudah tentu kulit yang jauh dari kekeringan, bersisik dan keriput. Apabila kadar air di dalam tubuh tidak mencukupi, maka hal itu akan memberikan pengaruh pada kondisi kulit tubuh. Maka usahakan untuk selalu minum delapan gelas air sehari secara minimal, agar kulit tidak kehilangan kadar airnya yang tetap menjaganya tampak kenyal dan segar.

10. Konsumsi Lemak Sehat

Lemak yang sehat berupa asam lemak omega 3 yang dapat ditemukan antara lain pada ikan, kacang – kacangan dan biji – bijian dapat membantu menstabilkan suasana hati, mempertahankan kekuatan tulang, dan membantu mencegah timbulnya tanda – tanda penuaan dengan mengurangi radang di dalam tubuh.

Rahasia awet muda sebenarnya bukanlah terletak pada ramuan ajaib atau prosedur operasi kosmetik saja. Menjadi awet muda adalah berkenaan dengan membangun dasar yang kuat dari dalam ke luar tubuh dengan kondisi badan serta pikiran yang kuat. Karena itulah, membongkar rahasia agar awet muda tidak dapat dilakukan dengan satu bagian saja, melainkan harus dilakukan secara menyeluruh.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 26th, July 2017 / 16:27 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup