11 Cara Mempercantik Alis Tanpa Dicukur Paling Mudah

Mencabut alis agar bentuknya sesuai seperti yang Anda inginkan bisa menjadi proses yang menyakitkan dan membosankan. Namun dengan trend alis yang berganti-ganti dan Anda mungkin ingin mengikuti atau mencobanya, apakah sesuai dengan wajah Anda, Anda bisa meminimalisir waktu yang Anda habiskan untuk menggunakan pinset.

Baca juga: Fungsi alis mata manusia – Manfaat mencukur alis – Cara memanjangkan alis mata

Para ahli rias percaya bahwa semakin natural bentuk alis seorang wanita, maka semakin cantik dan muda pula mereka akan terlihat. Kami punya 10 cara mempercantik alis secara alami, yang dapat membuat perubahan drastis pada penampilan Anda dan dapat Anda praktikkan untuk membentuk lengkungan alis yang sempurna:

1. Pilih pinset yang benar

Pilih pinset yang bentuknya miring dan cenderung tajam. Pinset jenis ini akan lebih mudah dan cepat mengambil helai rambut alis Anda, serta tidak akan turut menarik kulit Anda saat alisnya dicabut. Menggunakan pinset adalah pilihan yang paling aman dalam mencabut alis. Menggunakan wax atau sulam alis tidak dianjurkan untuk membentuk alis dengan cara yang natural. Pertama karena keduanya tidak menjamin bentuk alis yang bagus, terutama wax. Dan kedua karena keduanya cenderung tidak higienis. Wax yang tidak cukup panas, tidak akan mampu mematikan bakteri yang mungkin bersarang pada stik dan plesternya. Benang sulam demikian, karena kadang pelaku sulam alis memasukkan benang tersebut terlebih dahulu ke dalam mulutnya untuk meluruskan benang.

2. Cabuti alis setelah mandi

Anda bisa menggunakan air hangat untk mandi atau sekadar membasuh wajah dengan air hangat agar folikel terbuka dan membuat rambut menjadi lebih lembut, sehingga lebih mudah dicabut. Bila rasanya terlalu sakit saat mencabut alis (terutama saat Premenstrual Syndrome atau PMS, saat kulit sedang amat sensitif), Anda bisa mengoleskan gel pada kulit. Efek dinginnya akan meredakan rasa sakit tersebut.

Baca juga: Cara menebalkan alis secara alami – Manfaat minyak kelapa untuk alis – Cara menebalkan alis dengan kemiri

3. Jangan pakai cermin pembesar

Alat yang satu ini dapat menonjolkan apapun yang sejatinya tidak perlu disingkirkan dari alis Anda dan hal ini akan berujung pada overplucking atau terlalu banyak mencabut alis. Gunakan cermin biasa di ruangan yang memiliki cahaya cukup. Bila ada rambut-rambut tipis yang tidak dapat Anda lihat dengan cara begini, sudah pasti orang lain tidak akan bisa melihatnya pula. Jadi jangan terlalu memusingkannya. Setelah mencabut sedikit alis, menjauhlah dari cermin untuk melihat bentuk alis Anda dari kejauhan, karena efeknya akan berbeda dengan memelototi alis Anda dari jarak dekat (sama halnya dengan menggunakan cermin pembesar).

Baca juga: Manfaat mentega untuk alis – Manfaat sirih untuk alis – Manfaat seledri untuk alis

4. Batasi lengkungan alis

Alis seharusnya dimulai dari cekungan pembuluh air mata (tear duct), bagian paling tinggi sejajar dengan sisi terluar selaput pelangi (iris) mata, dan berakhir pada sudut 45 derajat dari sudut terluar mata Anda. Gunakan pensil atau alat apapun untuk memandu Anda mengukur hal ini. Jangan membuat lengkungan (arch) terlalu tinggi karena justru akan nampak tidak natural pada wajah Anda.

5. Bentuk alis

Bila Anda sudah mengukur dan menentukan bagaimana alis Anda harus dibentuk, gambar garis ideal lengkungan yang sudah Anda ukur dengan menggunakan pensil alis yang lembut/creamy. Lantas cabut alis yang tidak berada dalam batasan yang telah Anda buat tadi.

6. Kurangi efek kemerahan

Anda bisa mengurangi efek kemerahan akibat mencabuti alis dengan menggunakan krim atau lotion cortizone yang dapat Anda beli di apotik. Krim ini berfungsi untuk meredakan peradangan yang terjadi akibat mencabuti alis.

Baca juga: Pensil alis waterproof – Manfaat baby oil untuk alis – Manfaat kemiri untuk alis

9. Rapikan alis

Bentuk lengkungan alis Anda dengan menggunakan sikat alis yang berbentuk spiral. Sisir alis ke searah dengan mulainya lengkungan Anda dan sisir sisi lainnya searah dengan ujung mata Anda. Menyisir alis dan menyingkirkan segala hal yang melembapkannya adalah kunci untuk mendapatkan alis yang penuh dan cantik, terutama bagi Anda yang ingin menumbuhkan kembali alis Anda nantinya. Hanya gunakan gel/lotion yang baik untuk merawat alis mata. Karena selain itu, gel/lotion akan dapat menghambat pertumbuhan rambut atau justru membuatnya rontok.

10. Isi bagian yang kosong

Isi bagian yang jarang memiliki rambut dengan pensil alis atau bedak. Untuk Anda yang memiliki rambut kecokelatan, gunakan warna yang lebih cerah 1-2 tone dari warna rambut Anda.

Bila memang Anda memiliki alis yang tipis, Anda tidak mungkin dapat menebalkannya secara alami. Solusinya adalah menjadikan pensil alis sebagai sahabat Anda dan gunakan untuk mengisi bagian-bagian yang kosong atau jarang pada rambut alis Anda dengan gerakan seperti memberi titik, lantas sapukan (blend) hingga rata.

11. Biarkan tumbuh

Sesudah semua treatment di atas dan Anda masih tidak puas dengan bentuk alis Anda, biarkan saja selama beberapa waktu hingga alis Anda tumbuh lagi. Hal ini bisa terjadi karena mungkin Anda overplucking. Biarkan alis Anda tumbuh dan kembali ke bentuk alaminya, sesudah itu ikuti bentuk mata dan tulang alis Anda untuk mengetahui seberapa tebal, di mana alis Anda seharusnya mulai, lengkungan tertingginya, serta di mana alis harus berhenti digambar.

Bila Anda masih belum percaya diri setelahnya, Anda bisa datang ke salon atau penata alis profesional untuk mendapatkan tips serta bantuan.

Baca juga: Bahaya mencabut alis mata – Manfaat es batu untuk alis – Cara alami menebalkan alis mata

Jangan over plucking alis Anda, alias mencabutnya terlalu banyak. Kadang seseorang melakukan hal ini tanpa sengaja dan, meskipun jarang terjadi, kadang alis Anda tidak akan tumbuh lagi di bagian yang terlalu banyak dicabut tadi, atau tumbuh dalam waktu yang amat lama. Menutupnya dengan pensil alis pun kadang tidak membantu kondisi penampilan Anda menjadi lebih baik, sehingga alternatif yang dapat Anda lakukan adalah mencoba perawatan berupa serum penumbuh rambut yang dijual di pasaran. Atau pijatlah alis Anda dengan lembut menggunakan minyak almond atau zaitun secara teratur.

Artikel terkait: