13 Cara Mempercantik Mata Alami dan Tanpa Make Up

Mata yang cantik dan indah merupakan bentuk dari kesehatan tubuh serta kebahagiaan, sedangkan mata yang nampak lelah dan kemerahan akibatnya menunjukkan kelelahan tubuh dan mungkin adanya penyakit tertentu.

Mata yang merah, nampak lelah, dan tidak bersinar dapat diakibatkan oleh beberapa faktor, termasuk masalah kesehatan, kelelahan, kurang tidur, terlalu lama bekerja, menghabiskan waktu lama di depan layar, kurang nutrisi, terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, dehidrasi, merokok, bahkan petunjuk bahwa liver Anda lemah.

Baca juga: Serum penumbuh bulu mata – Krim penghilang kantung mata

Untuk mendapatkan mata yang cantik dan bersinar, Anda dapat mengubah beberapa gaya hidup Anda dan mencoba beberapa perawatan rumahan yang akan kami paparkan di artikel ini. Berikut adalah 13 cara mempercantik mata secara alami yang dapat Anda coba:

1. Olahraga mata

Anda bisa melakukan olahraga mata yang sederhana untuk merilekskan serta menambah kecantikan mata. Hal ini dapat membantu menghilangkan tegangan pada mata dan meningkatkan sirkulasi darah ke mata Anda.

  • Cara yang paling mudah untuk melakukannya adalah dengan menutup mata Anda dan pejamkan erat-erat. Lantas buka mata Anda selebar mungkin. Ulangi hal ini hingga mata Anda mulai berair. Hal ini dapat membantu membuat mata Anda nampak segar dan cerah.
  • Anda juga bisa mencoba menggerakkan pena atau pensil secara horizontal dan vertikal di depan mata Anda, fokuskan mata Anda pada ujung pensil. Lakukan latihan ini selama 10-15 menit setiap hari.
  • Cara lain adalah dengan menggoso-gosokkan telapak tangan Anda hingga mereka menjadi hangat, lantas tempatkan pada kelopak mata Anda yang sedang tertutup selama beberapa menit.

Baca juga: Cara membuat scrub kopi – Cara agar bulu mata lentik

2. Kompres hangat

Untuk mengurangi tegangan pada mata Anda, serta mengurangi mata kering dan lelah, Anda dapat menggunakan kompresan hangat. Suhu kompresan ini akan merilekskan otot-otot di sekitar mata Anda.

  1. Celupkan atau basahi kain lembut dengan air hangat dan peras air berlebih di kain tersebut.
  2. Letakkan kain pada mata tertutup Anda selama satu menit.
  3. Ulangi hal ini sebanyak 3-4 kali dan sesering yang Anda butuhkan.

3. Kacamata hitam

Selalu lindungi mata Anda dari jahatnya sinar ultraviolet saat berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari. Menggunakan sembarang kacamata hitam dapat berbahaya bagi mata, sehingga pastikan kacamata hitam Anda memiliki lapisan pelindung sinar UV. Tidak hanya melindungi mata dari sinar tersebut, kacamata juga dapat menghindarkan mata Anda terpapar oleh polusi dan debu.

Baca juga: manfaat aqua skin whiteningmanfaat suntik kolagen bagi kulit

4. Basuh muka dengan air segar

Saat Anda istirahat bekerja atau memiliki waktu luang, gunakan waktu tersebut untuk membasuh muka Anda dengan air segar. Hal ini tidak hanya membersihkan polusi dan partikel debu yang ada pada wajah dan permukaan mata, tapi juga menenangkan dan melembapkan mata setelah terekspos oleh panas dan sinar seharian. Air segar tidak hanya membersihkan wajah namun sekaligus memberikan efek segar pada mata Anda.

5. Diet multivitamin

Mengatur pola makan juga merupakan hal yang penting untuk menjaga kecantikan mata. Diet yang kaya akan vitamin A, C, dan E membantu menjaga kesehatan sekaligus kecantikan mata. Contoh buah yang baik bagi mata: alpukat, jeruk, mangga, kiwi, anggur, jambu, dan pepaya. Wortel, ubi, bayam, brokoli, juga merupakan beberapa jenis sayuran hijau yang baik untuk mata.

Baca juga: Cara memanjangkan bulu mata secara alami – Cara menghilangkan kerutan di bawah mata

6. Pijat mata

Pijat mata dengan lembut merupakan salah satu cara mempercantik mata. Memijat dapat meningkatkan sirkulasi darah pada mata, sehingga dapat mengurangi tegangan pada mata dan bahkan mengurangi garis-garis di kulit sekitar area mata.

  • Teteskan minyak zaitun atau minyak kelapa di jari-jari Anda.
  • Gunakan ujung jari untuk memijat area luar mata dengan lembut.
  • Lakukan hal ini paling tidak sekali dalam sehari.

7. Jaga agar mata tidak kering

Cara sederhana untuk menjaga agar mata Anda tetap cerah dan cantik adalah jangan membiarkan mata Anda kering agar lubrikasinya tetap baik.

  1. Raupkan air dengan suhu ruangan pada mata Anda beberapa kali dalam sehari, hal ini dapat membantu menyingkirkan mata yang nampak lelah.
  2. Untuk mencegah mata kering, jangan memandang layar komputer terlalu lama. Berkediplah sesering mungkin agar mata Anda tidak kering.
  3. Jangan lupa untuk minum banyak air dan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak air.

Baca juga: cara mencegah penuaan dinicara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami

8. Kantung teh

Baik teh hijau maupun teh hitam dapat membantuk mengurangi tegangan pada mata dan mengembalikan kilauan alami pada mata Anda. Kedua jenis teh tersebut memiliki kandungan antiiritasi dan antioksidan yang membantu mengurangi bengkak dan kemerahan di sekitar area mata.

  1. Celupkan dua kantung teh pada secangkir air panas selama 5 menit.
  2. Ambil kantung teh tadi dan peras sisa air yang ada padanya, letakkan kantung teh tersebut dalam kulkas selama 15 menit.
  3. Letakkan kantung teh yang telah didinginkan tadi pada mata tertutup Anda, biarkan selama 5 menit.
  4. Ulangi perawatan ini sesering yang Anda inginkan.

Baca juga: Cara agar eyeliner tidak luntur – Cara menebalkan alis mata

9. Timun

Anda dapat menenangkan mata yang lelah dengan potongan timun. Tingginya kadar air pada timun dapat membantu mencerahkan mata lelah Anda. Ia juga dapat mengurangi lingkaran hitam di bawah mata serta mata bengkak.

  1. Iris-iris timun sedikit tebal dan letakkan potongannya di dalam kulkas selama 10-15 menit.
  2. Letakkan irisan timun yang dingin tadi di atas kelopak mata Anda hingga rasanya berubah hangat.
  3. Basuh mata Anda dengan air sesudahnya. Anda bisa melakukan hal ini sesering mungkin saat Anda membutuhkannya.

Anda bisa mengganti irisan timun dengan irisan kentang.

Baca juga: manfaat timun untuk mata dan wajahmanfaat timun untuk wajah

10. Susu

Susu adalah obat yang baik untuk menyembuhkan mata yang lelah dan mengembalikan kecerahan mata Anda. Ia juga dapat membantu menenangkan dan merilekskan otot-otot yang ada di sekitar mata Anda. Susu juga dapat mengurangi iritasi dan bengkak pada mata.

  1. Celupkan dua buah kapas pada susu dingin.
  2. Tempatkan kedua kapas tersebut pada kelopak mata Anda selama 10-15 menit.
  3. Bersihkan wajah Anda dan berikan pelembap seperti biasanya.
  4. Lakukan hal ini sesering yang dibutuhkan.

11. Air bunga mawar

Air bunga mawar juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk membuat mata Anda nampak cantik dan segar. Efeknya dapat merilekskan sekaligus meremajakan kulit di area sekitar mata, serta mencegah munculnya kantung mata dan lingkar hitam di bawahnya.

  1. Celupkan kapas pada air mawar dingin.
  2. Berbaringlah dan letakkan kapas pada mata kelopak mata Anda.
  3. Biarkan selama 10-15 menit, lantas basuh mata Anda dengan air biasa.
  4. Ulangi perawatan ini sesering yang dibutuhkan.

Baca juga: Cara menghilangkan kantung mata dengan sendok – Penyebab mata panda

12. Madu

Anda dapat menggunakan beberapa tetes madu murni pada area sekitar mata (tentunya dalam kondisi mata tertutup) dan membiarkannya selama sekitar 15-20 menit, lantas berhati-hatilah membasuh mata Anda. Madu memiliki komponen disinfektan dan pereda yang dapat mengurangi kemungkinan infeksi pada mata. Ulangi hal ini 2-3 dalam seminggu untuk mendapat mata yang sehat dan cantik.

13. Tidur yang cukup

Tidur merupakan hal yang sangat penting, tidak hanya bagi kesehatan tubuh Anda yang lain, namun mata Anda juga akan mendapatkan benefitnya. Bila Anda mendapatkan cukup tidur selama 6-8 jam tiap malam, Anda akan terbangun dengan mata yang sehat, segar, dan cantik. Tanpa tidur yang cukup, mata Anda akan nampak kuyu dan lelah, ditambah akan muncul lingkaran hitam dan kantung di bawah mata Anda.

Artikel terkait: