9 Cara Merawat Rambut dengan Santan Kelapa Kara Super Mudah

Santan pada umumnya digunakan untuk memasak makanan. Santan punya aroma dan rasa yang khas sehingga masakan jadi lebih gurih. Biasanya, ibu-ibu yang tidak mau repot memilih santan yang sudah ada dalam kemasan siap pakai, salah satunya santan kara. Ada fakta mengejutkan di balik penggunaan santan, ternyata ada cara menebalkan rambut dengan santan.

Selain bermanfaat untuk masakan, santan kara ini ternyata juga punya manfaat lain. Santan bermanfaat untuk rambut. Rambut menjadi lebih sehat dan indah jika Anda menggunakan santan kara. Hal ini bisa terjadi karena santan kara mengandung nutrisi yang bagus untuk rambut. Selain itu, ampuh juga untuk menumbuhkan rambut.

Cara Merawat Rambut dengan Santan Kara

Berikut 9 cara yang dapat Anda ikuti untuk merawat rambut dengan santan kata. Mudah dan praktis untuk dilakukan tanpa mengeluarakan biaya yang banyak.

1. Santan kara untuk pertumbuhan rambut

Banyak yang kesal karena rambut mereka tidak tumbuh lebat. Hal ini mungkin saja disebabkan karena rambut kekurangan nutrisi dan makanan. Untuk mengatasi hal itu, santan kelapa (santan kara) bisa Anda pakai untuk menumbuhkan rambut dengan cepat. Santan kara mengandung vitamin E yang dapat membantu proses pertumbuhan rambut. Cara melakukannya sangat mudah. Anda hanya perlu mengaplikasikan santan kara pada rambut dan kulit kepala Anda secara merata.

2. Santan kara untuk mengatasi rambut beruban

Banyak orang merasa terganggu dengan adanya uban di kepala mereka. Bahkan ada yang  masih muda tapi rambutnya sudah beruban. Santan kara bisa menjadi solusi atas problem ini. Cara pengaplikasiannya sangat mudah. Caranya:

  1. Siapkan minyak amla dan santan kara
  2. Campurkan kedua bahan tersebut
  3. Oleskan campuran tersebut pada rambut Anda
  4. Tunggu kira-kira selama 60 menit
  5. Bersihkan rambut Anda dengan air hangat

3. Santan kara untuk menebalkan rambut (sebagai kondisioner)

Setiap kaum hawa pasti mendambakan rambut yang tebal atau bervolume. Namun, tidak semuanya bisa memperoleh rambut seperti itu. Santan kara bisa digunakan sebagai kondisioner alami yang dapat menebalkan dan memanjangkan rambut. Untuk memperoleh manfaat tersebut, lakukan cara berikut ini.

  1. Siapkan sampo dan santan kara. Perbandingannya 1:1.
  2. Oleskan pada rambut secara merata
  3. Tunggu selama seperempat jam
  4. Bilas rambut sampai bersih
  5. Lakukan 3 hingga 4 kali dalam satu minggu

4. Santan kara untuk detangler rambut

Santan kara bermanfaat untuk menumbuhkan rambut. Dengan kata lain, santan kara bisa memperlambat bahkan menghentikan kerontokan rambut. Cara melakukannya sangat mudah, diantaranya:

  • Siapkan santan kara secukupnya
  • Oleskan pada rambut Anda secara merata
  • Diamkan selama beberapa menit
  • Keramas menggunakan sampo

5. Santan kara untuk mengatasi mencegah kebotakan

Banyak orang bermasalah dengan kepala botak, bukan hanya orang tua namun juga anak muda. Untuk mencegah kebotakan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Siapkan 100 ml air putih dan juga 50 ml santan kara.
  2. Tambhkan beberapa sdm kapur barus. Campur ketiga bahan itu.
  3. Aplikasikan pada kepala Anda sambil dipijat.
  4. Tunggu beberapa jam.
  5. Bilas dengan air yang hangat.

6. Santan kara untuk memelihara rambut (memberi kelembaban)

Santan kara memberi kelembaban alami pada akar sampai ujung rambut. Cara ini dapat Anda lakukan untuk merangsang pertumbuhan rambut. Direkomendasikan untuk Anda yang memiliki rambut kering, rambut rusak, dan rambut bercabang. Cara menggunakannya:

  • Siapkan santan kara
  • Gunakan pada rambut Anda sambil dipijat
  • Tunggu sampai 20 menit
  • Bersihkan dengan keramas menggunakan sampo

Untuk mengatasi rambut yang kering, Anda bisa mencoba shampo untuk rambut kering yang paling bagus. Selain melakukan perawatan, Anda juga perlu menghindari penyebab rambut bercabang dan rontok.

7. Santan kara untuk menyuburkan rambut

Rambut yang lebat, sehat, dan cantik merupakan dambaan semua wanita. Apabila Anda juga mendambakannya, Anda bisa melakukan peratawatan dengan santan kara. Caranya:

  • Siapkan santan kara
  • Aplikasikan santan kara pada rambut dan kulit kepala secara merata.
  • Tunggu setengah jam sampai satu jam.
  • Bilas sampai rambut Anda benar-benar bersih.

8. Santan kara untuk membantu agar rambut tidak kusut dan mudah diatur

Supaya rambut Anda tidak kusut dan mudah untuk diatur, lakukan cara berikut ini.

  • Oleskan santan kara pada rambut Anda.
  • Tunggu sampai satu jam.
  • Setelah itu, bilaslah rambut Anda dengan air bersih.

9. Santan kara untuk membuat rambut lebih berkilau

Supaya rambut Anda menjadi lembut dan berkilau, lakukan cara ini secara teratur sekitar dua kali dalam satu minggu.

  1. Siapkan santan kara dan madu
  2. Campurkan santan kara dan madu
  3. Aplikasikan pada seluruh rambut Anda
  4. Tunggu selama beberapa menit
  5. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk

Selain digunakan untuk perawatan rambut, madu juga punya manfaat lain, Anda bisa menerapkan cara memerahkan bibir dengan madu.

Untuk hasil yang maksimal, lakukan dan pilihlah cara yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Lakukanlah secara rutin, maksimal dua kali dalam satu minggu. Setelah mengaplikasikan santan kara pada rambut Anda, usahakan untuk membersihkan rambut sampai benar-benar bersih agar aroma khasnya hilang.

Jika rambut Anda bergelombang namun ingin memiliki rambut lurus, selain merawat rambut menggunakan santan kara, Anda juga bisa mengikuti cara meluruskan rambut bergelombang menggunakan bahan-bahan alami lain, seperti pisang, minyak zaitun, dan lain-lain.