3 Cara Memerahkan Bibir Merah dengan Madu Secara Cepat

Bibir bisa mempercantik penampilan seseorang. Banyak orang menggunakan lipstick untuk mempercantik bibir mereka. Untuk tampilan bibir yang indah, Anda bisa memilih merk lipstik glossy yang bagus namun harganya terjangkau. Keindahan bibir tidak hanya dimiliki oleh perempuan saja, namun juga laki-laki. Maka, tidak heran jika terkadang kita menemukan ada laki-laki yang menggunakan lip gloss untuk menjaga kelembaban bibir.

Bibir yang berwarna merah merekah dapat membuat senyum Anda semakin indah. Saat ini, ada banyak produk kosmetik yang bisa digunakan untuk membuat bibir menjadi merah. Namun, selain harganya yang mahal, produk tersebut belum tentu aman. Maka, direkomendasikan penggunaan bahan-bahan alami yang lebih aman, murah, dan praktis untuk menghilangkan warna hitam dan gelap pada bibir.

Penyebab Bibir Berwarna Gelap atau Hitam

Penyebab utamanya ada empat hal, yaitu:

  • Kafein

Mengonsumsi kafein yang berlebihan ternyata bisa membuat bibir menjadi hitam dan gelap. Kafein biasanya terdapat pada kopi. Meskipun mengandung banyak kafein, Anda bisa melakukan cara menghilangkan selulit dengan kopi. Selain bermanfaat untuk menghilangkan selulit, Anda juga bisa mendapat manfaat lain dengan mengikuti cara memutihkan kaki dengan kopi.

  • Paparan dari Sinar Matahari

Sinar ultraviolet ternyata berbahaya. Jika bibir sering terpapar sinar ultraviolet (UV) maka bibir akan menjadi hitam. Selain berpengaruh pada bibir, terpapar sinar matahari terlalu lama bisa membuat kulit tubuh Anda menjadi hitam. Namun, jangan khawatir, karena ada cara memutihkan kulit akibat sinar matahari.

  • Merokok

Merokok juga bisa membuat bibir menjadi hitam. Selain itu, merokok bisa merusak sistem pernapasan, terutama paru-paru.

  • Bertambahnya Usia (Penuaan)

Semakin tua umur, maka bibir semakin berpotensi berubah menjadi gelap. Mengapa bisa begitu? Karena saat usia semakin menua, hormon dan enzim yang diproduksi untuk mempertahankan penampilan fisik semakin berkurang. Untuk mencegah penuaan dini, Anda bisa melakukan cara membuat masker kopi dan madu. Campuran kopi dan madu dikenal mampu mengatasi jerawat dan flek hitam.

Cara Memerahkan Bibir dengan Madu

Karena bibir bisa mempercantik penampilan, maka banyak orang rela mengeluarkan biaya untuk menjaga bibir tetap indah. Keindahan dan kecantikan bibir dapat dilihat dari warnanya. Jika bibir berwarna merah merona dan merekah, maka bibir itu bisa disebut indah. Di zaman modern sekarang, sudah ada sulam bibir yang diklaim mampu membuat tampilan bibir semakin indah.

Selain sulam bibir, sebenarnya ada alternati lain yang lebih aman untuk dilakukan. Jika alternatif ini dilakukan secara rutin, hasilnya juga pasti akan baik. Bibir yang gelap dan hitam ternyata bisa diatasi melalui bahan-bahan alami. Salah satunya adalah madu. Madu merupakan bahan makanan yang sehat dan bermanfaat untuk bibir kita. Madu bisa membuat bibir Anda menjadi merah merona.

Madu mengandung magnesium, natrium, kalsium, fosfor, kalium dan vitamin yang bagus digunakan untuk merawat bibir. Seain itu, madu bisa mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir dan mempertahankan kelembaban bibir. Berikut beberapa campuran madu yang bisa Anda pakai untuk membuat bibir menjadi merah.

Campuran Madu dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang bagus untuk kulit dan tubuh. Jeruk nipis juga bermanfaat untuk merawat bibir. Buah  ini mampu memerahkan bibir dalam waktu yang cepat karena kandungan vitamin C-nya bisa mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir.

Cara melakukannya:

  1. Ambil satu sendok teh jeruk nipis dan dua sendok teh madu.
  2. Campur sampai merata hingga terbentuk pasta.
  3. Oleskan pasta tersebut pada bibir Anda secara merata.
  4. Tunggu sampai sepuluh menit.
  5. Kalau sudah sepuluh menit, bilas dengan air hangat.
  6. Gunakan resep ini secara rutin selama satu bulan untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Campuran Madu dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga dikenal bermanfaat untuk kecantikan kulit, perawatan tubuh, dan kulit bibir. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang bermanfaat dalam perawatan bibir.

Cara melakukannya:

  • Campurkan madu dengan minyak zaitun dengan takaran secukupnya sampai menjadi pasta.
  • Oleskan pasta tersebut pada bibir Anda secara merata.
  • Diamkan selama kira-kira setengah jam.
  • Bilas dengan air hangat lalu keringkan menggunakan handuk.
  • Lakukan secara rutin pada malam hari untuk hasil yang maksimal.

Campuran Madu dengan Alpukat

Alpukat punya banyak khasiat bagi tubuh. Selain bermanfaat untuk kesehatan, alpukat juga bermanfaat untuk kecantikan, termasuk perawatan bibir. Dalam bidang kesehatan, alpukat mampu mengatasi berbagai penyakit, seperti diabetes, kanker, dan stroke. Alpukat diklaim mampu memerahkan bibir secara alami. Untuk hasil yang lebih baik, penggunaannya bisa dicampur dengan madu maupun minyak zaitun.

Cara Melakukannya:

  • Ambil 50 gram buah alpukat.
  • Campurkan 50 gram alpukat dengan satu sendok teh madu.
  • Setelah tercampur rata menjadi pasta, oleskan pada bibir dengan lembut.
  • Tunggu selama setengah jam.
  • Bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk bersih.

Tips-Tips Merawat Bibir

Inilah beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga bibir tetap sehat dan memiliki warna merah merekah, diantaranya:

  • Jika Anda akan tidur, jangan lupa untuk membersihkan lipstick Anda. Anda bisa menghapusnya dengan mengosok es batu pada bibir Anda dengan lembut.
  • Minum air putih secara rutin. Tujuannya, untuk menjaga tubuh dan bibir tetap sehat dan Anda pun tidak dehidrasi. Air putih mampu membersihkan racun yang ada pada tubuh Anda.
  • Jangan minum minuman berkafein secara berlebihan karena bisa menyebabkan bibir berubah menjadi warna hitam dan gelap.
  • Batasi penggunaan lispstik. Penggunaan lipsik terlalu sering juga tidak baik.

Itulah penyebab bibir menjadi hitam, cara membuat scrub untuk membuat bibir menjadi merah, dan beberapa tips untuk merawat bibir yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan praktis.