4 Cara Membuat Masker Kopi dan Madu Untuk Cegah Penuaan Dini

Bubuk kopi yang memiliki rasa pahit tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi sebagai minuman penghilang rasa kantuk dan juga lelah, namun ada banyak khasiat yang terkandung dalam kopi dan bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit. Beberapa manfaat yang terkandung dalam kopi diantaranya adalah untuk mencerahkan kulit wajah, melembutkan kulit, mengangkat sel kulit mati, memutihkan kulit dan juga menghilangkan komedo serta jerawat.

Agar manfaat dari kopi bisa diperoleh secara maksimal, maka madu bisa ditambahkan untuk bahan pembuatan masker yang akan memaksimalkan kecantikan kulit dan terlihat putih merona sekaligus segar. Selain itu, aroma yang dihasilkan dari masker ini juga akan menenangkan dan merileksasi tubuh secara menyeluruh. Untuk anda yang ingin memiliki tampilan kulit sehalus kulit bayi, kombinasi masker ini sangat cocok untuk digunakan secara teratur. Berikut ini kami berikan penjelasan mengenai cara membuat masker kopi dan madu selengkapnya untuk anda praktekkan di rumah.

  1. Masker Kopi Madu Untuk Jerawat

Kombinasi antara kopi dan madu sangat baik digunakan sebagai obat jerawat alami yang sangat efektif. Tekstur bubuk kopi sangat baik dipakai untuk mengangkat kotoran yang menyumbat pori pori kulit wajah, sementara kandungan madu yang memiliki sifat anti radang dan antibiotik ini akan meresap sampai ke lapisan kulit terdalam untuk membunuh bakteri penyebab dari jerawat yang meradang. Selain berguna untuk jerawat, masker ini juga baik digunakan sebagai cara menghilangkan komedo dengan kopi dan madu yang juga memiliki hasil efektif.

  • Siapkan bubuk kopi hitam murni tanpa gula dan 3 sendok makan madu.
  • Campurkan kedua bahan ini lalu aduk rata hingga menjadi adonan yang lembut seperti pasta.
  • Pastikan campuran ini tidak terlalu encer agar lebih mudah saat digunakan.
  • Oleskan masker ini secara merata pada wajah dan leher lalu diamkan selama 60 menit atau sampai wajah terasa kencang.
  • Bilas bersih dengan air dan tepuk lembut memakai handuk untuk mengeringkan.
  1. Masker Kopi Madu Untuk Flek Hitam

Selain banyak manfaat kopi untuk rambut, khasiat dari masker kopi dan madu selanjutnya adalah untuk menghilangkan flek serta bintik hitam bekas jerawat dan sinar matahari. Dalam kopi dan madu mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga baik digunakan untuk mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan flek hitam dan tampilan kulit terlihat hitam. Masker ini juga sangat cocok digunakan untuk merangsang produksi sel kulit baru yang sehat sehingga flek hitam bisa terkelupas dan hilang dari wajah anda.

  • Campurkan 1 sendok makan bubuk kopi hitam dengan 2 sendok makan madu murni.
  • Aduk rata kedua bahan tersebut sampai membentuk adonan pasta dan oleskan pada wajah anda.
  • Lakukan pemijatan lembut memakai gerakan melingkar selama 3 sampai 5 menit.
  • Diamkan kembali masker tersebut selama setengah jam agar nutrisi bisa menyerap sempurna ke dalam kulit.
  • Bilas bersih dengan air dingin dan keringkan memakai handuk.
  1. Masker Kopi Madu Untuk Mencerahkan

Meskipun kopi memiliki warna hitam pekat, akan tetapi kandungan nutrisi dalam kopi sangat baik untuk mencerahkan kulit dan juga sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Bulir halus dari bubuk kopi yang dikombinasikan dengan madu akan mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam sehingga tampilan wajah akan terlihat lebih cerah merona dan putih dalam waktu singkat.

  • Cara membuat masker kopi dan madu ini adalah dengan mencampurkan bubuk kopi yang baru digiling secukupnya dengan beberapa sendok makan madu murni.
  • Aduk aduk kedua bahan tersebut sampai rata dan membentuk adonan halus seperti pasta.
  • Oleskan campuran ini pada wajah dan pijat dengan lembut memakai gerakan melingkar.
  • Lakukan pemijatan ini selama sekitar 10 menit agar sel kulit mati yang menumpuk di wajah bisa terangkat seluruhnya.
  • Diamkan kembali masker tersebut selama beberapa menit agar nutrisi madu dan kopi bisa masuk ke dalam kulit.
  • Bilas bersih dengan air dingin dan keringkan dengan handuk.
  1. Masker Kopi Madu Untuk Awet Muda

Antioksidan kuat yang terkandung dalam madu dan juga kopi menjadi nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan elastisitas kulit. Selain itu, kombinasi kedua bahan ini sangat baik digunakan untuk mengatasi garis halus, keriput dan flek hitam penyebab penuaan dini pada kulit. Menggunakan kombinasi bahan ini sebagai masker alami menjadi cara paling tepat untuk mendapatkan tampilan kulit awet muda secara aman tanpa efek samping berbahaya. Selain itu, manfaat madu untuk masker wajah juga sangat baik untuk memberikan nutrisi pada kulit sehingga lebih lembab dan lembut.

  • Campurkan 2 sendok makan kopi bubuk tanpa gula dengan 2 sendok makan madu murni.
  • Campur kedua bahan sampai merata dan menjadi adonan yang lengket lalu diamkan terlebih dahulu selama 10 menit agar nutrisi kedua bahan bisa tercampur dengan baik.
  • Oleskan masker ini pada wajah dan pijat lembut selama beberapa menit.
  • Diamkan kembali pada wajah sekitar 20 menit hingga wajah terasa kaku.
  • Bilas bersih dengan air hangat lalu perciki dengan air es untuk menutup pori pori wajah kembali dan keringkan dengan handuk.
  • Agar hasilnya memuaskan, gunakan masker ini setidaknya satu kali seminggu secara teratur.

Demikian ulasan dari kami tentang cara membuat masker kopi dan madu untuk mencegah penuaan dini dan menghaluskan kulit seperti kulit bayi. Masker ini sangat cocok digunakan untuk semua jenis kulit khususnya untuk kulit berjerawat merah meradang.