10 Cara Menghilangkan Komedo Dengan Kopi Paling Ampuh

Sebagai seorang wanita sudah seharusnya kita pandai dalam merawat diri, baik dalam kesehatan diri atau tubuh maupun kecantikannya. Ladies !! Ada banyak sekali cara menjaga dan merawat tubuh kita, misalnya dengan melakukan spa, facial, pijat relax dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menjaga kecantikan diri mu dengan melakukan olahraga secara rutin. Kali ini kita akan membahas tentang kecantikan wajah kita, dan untuk menghemat waktu kita ambil bagian wajah yang sering sekali muncul masalah yaitu hidung.

Hidung merupakan salah satu alat indra yang penting, dan tentu harus dijaga kebersihannya. Ladies !! Pada hidung sering sekali muncul masalah, seperti komedo misalnya. Komedo akan sangat mudah sekali muncul pada hidung kita. Dan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menghilangkan komedo dengan kopi.

Baca Juga : Cara Membuat Masker PepayaCara Memutihkan Lutut

Apa itu Komedo

Komedo adalah kumpulan dari sel kulit mati dan minyak yang berkumpul, sehingga terbentuk menjadi papula atau kotoran yang berupa benjolan putih, hitam atau sejenisnya pada permukaan kulit wajah. Komedo memiliki berbagai jenis, seperti komedo hitam, komedo putih, mikrokomedo, makrokomedo, komedo solar, dan komedo raksasa.

Penyebab Komedo Muncul ?

1. Salah Kosmetik

Komedo bisa saja muncul akibat adanya kesalahan dalam pemilihan kosmetik. Memilih kosmetik yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit, merupakam kewajiban bagi kita sebagai kaum wanita. Dan oleh sebab itu sebaiknya kamu memperhatikan dengan benar dalam pemilihan produk kosmetik yang akan digunakan ya ladies.

 2. Tidak Pernah Membersihkan Wajah Dengan Cleanser

Membersihkan wajah dengan cleanser, merupakan salah satu kewajiban saat usai beraktifitas diluar ruangan. Mengapa demikian ?? karena menggunakan facial wash saja sebenarnya tidak cukup membersihkan kulit wajah kita. Ladies !! Gunakanlah cleanser atau micellar water untuk membersihkan wajah mu, baik setelah beraktifitas diluar ruangan maupun setelah menggunakan make up.

Baca Juga : Merk Sunblock Untuk Kulit BerminyakCara Membuat Masker Buah Naga

 3. Jarang Mencuci Wajah Dengan Facial Wash

Ladies !! Kebiasaan malas membasuh wajah dengan air, adalah suatu kebiasaan yang kurang baik. Sebagai wanita kita wajib hukumnya dalam membersihkan kulit wajah, terutama dengan menggunakan facial wash. Mencuci wajah menggunakan facial wash merupakan salah satu hal terpenting dalam menjaga kebersihan dan kecantikan kulit. Kamu bisa memilih produk facial wash yang sesuai dengan kulit wajah, dan tentu sesuai juga dengan budget yang kamu miliki.

 4. Gaya Hidup Tidak Benar

Gaya hidup yang salah ternyata berpengaruh pada kecantikan kulit tubuh kita, terutama dibagian wajah. Salah satu contoh gaya hidup tidak benar adalah, tidur tidak teratur, asupan nutrisi sangat kurang, mengonsumsi alkohol, merokok dan lain sebagainya. Ladies !! Ubahlah gaya hidup mu menjadi lebih baik, agar diri mu sendiri lebih terawatt dan cantik.

5. Kulit Wajah Berminyak

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit wajah berminyak, sebaiknya lebih teliti dalam memilih produk kecantikan kulit wajah. Pilihlah jenis kosmetik wajah yang memang di produksi untuk jenis kulit wajah berminyak ya ladies. Kamu bisa menemukan produk-produk tersebut di toko kosmetik terdekat, dan tentu perhatikan juga tanggal kadaluwarsanya agar tidak berbahaya bagi kulit wajah mu.

 6. Sering Terkena Polusi Udara

Polusi udara merupakan salah satu masalah yang kerap muncul dalam urusan kesehatan dan kecantikan. Kita juga harus menjaga diri kita agar tidak terkena dampak polusi, karena tentu akan sangat merugikan ya ladies. Bagi kamu yang sering sekali keluar rumah, kerja di luar ruangan, dan panas-panasan di jalan raya, sebaiknya gunakan masker penutup wajah. Polusi udara bisa menimpulkan jerawat, komedo, bahkan kulit kering dan kusam. Bersihkan wajah mu usai keluar rumah ya ladies, segera gunakan cleanser dan cuci wajah menggunakan facial wash.

Baca Juga : Jenis-Jenis Kulit WajahManfaat Celak Mata Cara Membuat Masker Belimbing

Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan kita untuk menghilangkan komedo, namun sayangnya orang malas dalam urusan membersihkan komedo. Komedo bisa memperburuk keadaan kesehatan kulit wajah loh ladies, oleh sebab itu pastikan jika komedo rutin untuk dibersihkan. Ladies, ada beberapa cara untuk membersihkan komedo dari hidung kita dan bisa dilakukan secara rutin.

  • Facial
  • Menggunakan Pore Pack ( Isolasi Khusus Untuk Mengamgkat Komedo )
  • Membersihkan Komedo Dengan Alat Khusus
  • Menggunakan Peeling / Lulur Wajah
  • Masker Wajah
  • Menggunakan Bahan Alami

Ladies pilihlah salah satu cara menghilangkan komedo yang sesuai dengan keinginan mu, dan tentu sesuaikan juga dengan kondisi kulit mu. Kali ini kita akan memberikan tips tentang cara menghilangkan komedo dengan kopi, dan bahan alami lainnya tanpa rasa sakit.

Menghilangkan Komedo Dengan Kopi

1. Kopi

Kopi merupakan salah satu bahan minuman yang banyak sekali dijumpai di seluruh dunia. Dan bahkan setiap negara memiliki kopi khas nya masing-masing. Ladies!! Kali ini kita akan menggunakan kopi untuk menghilangkan komedo, yuk simak cara yang berikut ini.

  • Pertama siapkan bubuk kopi sebanyak 1 sendok makan penuh.
  • Kedua tambahkan sedikit air, dan aduk hingga menjadi pasta.
  • Selanjutnya oleskan pada hidung yang sudah bersih, diamkan selama 5 menit.
  • Kemudian gosoklah dengan perlahan kopi yang ada pada hidung, disini kamu bisa menggunakan kaca/cermin saat proses penggosokkan.

Jika proses secrubbing dengan kopi sudah selesai, kamu bisa langsung membasuh wajah mu dengan menggunakan air yang mengalir ya ladies. Dan jangan pernah mengeringkan wajah dengan menggosoknya menggunakan handuk, cukup hanya dengan ditepuk-tepuk saja hingga mengering.

Baca Juga : Cara Membuat Masker Alpukat Untuk WajahCara Sulam Alis Sendiri

 2. Kopi Sisah

Kamu menemukan kopi milik ibu, ayah, atau suami mu yang habis dan sisah ampasnya saja ?? Manfaatkanlah ampas tersebut untuk scrub komedo di hidung ya ladies. Kamu bisa memanfaatkan ampas kopi tersebut untuk menghilangkan komedo pada hidung, caranya sangat mudah sekali.

  • Pertama bersihkan dulu hidung mu menggunakan sabun wajah / facial wash.
  • Kedua keringkan wajah tanpa digosok dengan handuk, agar lebih aman gunakan saja tisu ya ladies.
  • Ketiga oleskan ampas kopi pada bagian hidung.
  • Keempat gosoklah dengan perlahan ampas pada hidung tersebut.
  • Kelima pastikan jika hidung sudah discrubbing dengan benar.
  • Terakhir bilas wajah menggunakan air bersih, dan kembali keringkan seperti cara sebelumnya.

3. Kopi dan Lemon

Menggunakan lemon sebagai bahan campuran untuk membuat scrub kopi, merupakan salah satu ide yang bagus loh ladies. Kamu bisa menggunakan kopi hitam dan air perasan jeruk lemon, olah kedua bahan tersebut menjadi pasta. Cara mengolah dan menggunakannya juga sangat mudah sekali loh ladies.

  • Pertama siapkan kopi hitam sebanyak 1 ½ sendok makan.
  • Kedua siapkan air perasan jeruk lemon secukupnya.
  • Masukkan keduanya dalam wadah yang bersih, dan aduk hingga bertekstur seperti pasta ya ladies.
  • Selanjutnya oleskan pada hidung, diamkan sebentar kemudian gosok dengan perlahan.
  • Jika seluruh bagian hidung sudah discrubbing, maka kamu bisa membilas wajah mu dengan menggunakan air bersih.

Baca Juga : Cara Membuat Masker Bibir  – Manfaat Buah Kelapa Untuk Kecantikan

4. Kopi dan Garam

Garam yang biasanya kita gunakan sebagai bumbu dapur, kali ini kita bisa menggunakannya sebagai bahan alami tambahan scrub komedo. Kamu bisa menambahkan garam pada scrub kopi yang akan kamu gunakan untuk menghilangkan komedo. Cara membuatnya sangat mudah, yuk simak langkah pembuatan dan penggunannya yang berikut ini.

  • Pertama siapkan kopi bubuk hitam secukupnya.
  • Kemudian masukkan kopi pada wadah yang bersih, dan tambahkan garam secukupnya ya ladies.
  • Berikan seidikit air hangat dan aduk hingga bertekstur seperti pasta ( tekstur kental ).
  • Selanjutnya oleskan pada bagian hidung yang sudah dibersihkan.
  • Gosok perlahan bagian hidung yang sudah di olesi kopi, dan jika sudah selesai bilaslah dengan air dingin agar pori-pori mengecil.

Baca Juga : Manfaat Buah Mengkudu Untuk RambutManfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut

 5. Kopi dan Jeruk Nipis

Jika sebelumnya dijelaskan membersihkan atau menghilangkan komedo bisa denga memanfaatkan lemon, kali ini kamu bisa juga memanfaatkan jeruk nipis. Kamu bisa menambahkan air perasan jeruk nipis pada pasta kopi yang sudah kamu buat. Cara membuatnya sangat mudah sekali, kamu bisa ikuti langkah-langkah yang berikut ini.

  • Pertama siapkan kopi secukupnya, sekitar 2 sendok makan.
  • Taruhlah kopi pada wadah bersih, dan berikan air perasan jeruk nipis.
  • Aduklah air perasan jeruk nipis dan bubuk kopi hingga bertekstur seperti pasta.
  • Selanjutnya oleskan pada bagian hidung, dan lakukan scrubbing dengan lembut.
  • Jika sudah selsai bersihkan wajah menggunakan air bersih yang dingin.

 6. Kopi dan Minyak Zaitun

Menghilangkan komedo dengan kopi memanglah cara alami yang tidak terlalu menyakitkan. Namun tahukah kamu jika kopi tersebut juga bisa di tambahkan dengan minyak zaitun ?? Memadukan kopi dan minyak zaitun untuk scrubbing komedo pada hidung, merupakan suatu ide yang bagus. Cara membuat scrub komedo dari kopi dan minyak zaitun juga sangat mudah sekali.

  • Pertama siapkan kopi dalam wadah bersih secukupnya.
  • Kemudian tambahkan minyak zaitun dan aduklah hingga bertekstur pasta.
  • Selanjutnya oleskan pada bagian hidung, dan gosok perlahan hingga komedo terangkat.
  • Terakhir bilaslah wajah mu dengan menggunakan air dingin ya ladies.

 7. Kopi dan Cuka Apel

Ladies !! Cuka apel tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan ketombe saja loh, tapi juga komedo membandel. Menggunakan kopi dan cuka apel dalam waktu yang bersamaan juga akan membantu proses menghilangkan komedo pada hidung, yuk simak cara membuat scrub dan mnggunakannya berikut ini.

  • Pertama bersihkan dulu hidung mu menggunakan sabun wajah / facial wash.
  • Kedua keringkan wajah tanpa digosok dengan handuk, namun hanya ditepuk-tepuk saja ya ladies.
  • Ketiga siapkan kopi secukupnya dan tambahkan dengan cuka apel, aduklah hingga bertekstur pasta. Kamu bisa mengoleskan pasta tersebut, dan diamkan hingga 5 menit.
  • Keempat gosoklah dengan perlahan ampas pada hidung tersebut.
  • Kelima pastikan jika hidung sudah discrubbing dengan benar.
  • Terakhir bilas wajah menggunakan air bersih, dan kembali keringkan seperti cara sebelumnya.

8. Kopi dan Kayu Manis Bubuk

Kayu manis tidak hanya bisa digunakan dalam pembuatan kue, minuman atau makanan lainnya. Kamu bisa menggunakan kayu manis sebagai bahan tambahan dalam pembuatan scrub kopi untuk komedo. Cara mengolahnya juga sangat mudah sekali loh ladies.

  • Pertama siapkan kopi 1 sendok makan.
  • Kedua siapkan kayu manis ½ sendok makan, dan campurkan pada kopi hingga merata.
  • Ketiga berikan air hangat sedikit saja, dan aduk hingga bertekstur seperti pasta.
  • Selanjutnya oleskan pada bagian wajah yang sudah bersih, teruatama pada bagian hidung.
  • Gosoklah dengan perlahan hingga komedo terangkat, dan bilaslah wajah dengan air dingin yang bersih.

Baca Juga : Krim Penghilang BuluManfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Wajah

 9. Kopi dan Madu

Kopi dan madu jika di jadikan satu ternyata dapat membersihkan komedo pada hidung kita loh ladies. Kamu bisa menggunakan kopi dan dan madu ketika ingin membersihkan hidung mu dari komedo. Membuat scrub dari kopi dan madu sangatlah mudah.

  • Pertama gunakan kopi secukupnya.
  • Tambahkan madu pada kopi dan campurkan keduanya hingga bertekstur pasta.
  • Kemudian oleskan pada hidung, dan diamkan beberapa menit.
  • Selanjutnya gosok perlahan hidung dan bilaslah dengan air dingin jika usai melakukan scrubbing.

 10. Kopi dan Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan dalam membuat kue, dan bahan ini juga sangat mudah ditemukan di pasaran. Kamu bisa menggunakannya sebagai salah satu bahan campuran dalam membersihkan komedo, dan campurkan baking soda pada pasta kopi.

  • Pertama masukkan kopi pada wadah yang bersih sebanyak 1 ½ sendok makan.
  • Tambahkan baking soda sebanyak ½ sendok makan, campurkan keduanya serta tambahkan sedikit air hangat hingga menjadi pasta.
  • Oleskan pasta tersebut pada hidung, dan lakukan scrubbing perlahan ya ladies.
  • Jika sudah selesai langsung basuhlah wajah menggunakan air dingin.

Baca Juga : Cara Membuat Masker Air BerasCara Membuat Masker Susu

Nah ladies, sekarang sudah tahukan apa saja bahan alami untuk menghilangkan komedo. Cara menghilangkan komedo dengan kopi memanglah sangat alami dan aman, namun tetap perhatikan juga kebersihannya. Jangan lupa untuk membersihkan komedo secara rutin, agar nantinya tidak memperburuk pori-pori pada hidung. Rawatlah kecantikan jasmani dan rohani mu dengan baik dan benar, lakukan hal yang positif dan hindari untuk melakukan hal yang negatif.