9 Shampo Untuk Rambut Kering Dan Kusam Paling Bagus

Rambut adalah mahkota dari seseorang. Tidak heran banyak orang yang memberikan perawatan yang intens untuk menjaga kesehatan rambutnya agar terhindar dari masalah rambut. Salah satu permasalahan yang sering ditemui adalah rambut kering dan kusam.  Lalu bagaimana jika sudah terlanjur memiliki masalah rambut kering dan kusam? Apakah ada shampo untuk rambut kering  dan kusam? Apakah ada cara agar rambut jatuh terurai dan terbebas dari kering dan kusam?

Rambut kering dan kusam pada dasarnya adalah salah satu masalah pada rambut yang paling sering dikeluhkan banyak orang. Karena permasalahan ini adalah salah satu permasalahan yang paling sering menjadikan seseorang kehilangan rasa percaya diri saat bertemu orang lain. Selain mempengaruhi penampilan, sama halnya seperti rambut lurus berubah menjadi keringing, kerusakan rambut ini juga diyakini dapat mengganggu aktifitas keseharian. Terlebih jika anda memiliki rambut yang panjang.

Salah satu penyebab dari rambut kering dan kusam biasanya adalah karena ketidak tahuan tentang bagaimana memperlakukan rambut. Seperti misalnya menggunakan hairdryer dengan temperatur yang berlebihan.

Biasanya hairdryer digunakan untuk mengeringkan rambut yang basah setelah berkeramas. Dan karena ingin cepat kering, meningkatkan temperatur adalah salah satu solusi untuk mempercepat proses pengeringan. Tapi tahukah anda kalau cara tersebut tidak sehat untuk dilakukan? Hal ini karena temperatur yang tinggi dapat menghilangkan kelembaban rambut karena proses penguapan. Hilangnya minyak inilah yang menjadikan rambut kering dan kusam. Selain itu, berikut adalah beberapa penyebab lain penyebab rambut kering dan kusam:

  • Melakukan styling dengan menggunakan bahan kimia,
  • Melakukan proses pelurusan atau pengeritingan rambut sehingga menjadikan struktur rambut menjadi lemah dan rapuh,
  • Mewarnai rambut dengan tehnik bleaching, dan sebagainya.

Untuk menyelesaikan permasalahan rambut kering dan kusam yang anda hadapi, ada tiga cara yang biasa dilakukan untuk menyelesaikannya. Yaitu dengan menggunakan pelembab, menggunakan shampo, dan mulai mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi untuk rambut. Cara ini bisa juga dilakukan untuk membuat rambut kaku menjadi lemas secara alami.

Untuk cara yang pertama, pada umumnya penggunaan conditioner adalah cara yang paling umum dilakukan untuk mengatasi rambut kering dan kusam. Ini bisa terjadi karena conditioner mampu memberikan kelembaban ekstra pada rambut yang kering. Penggunaan yang rutin dapat menyelesaikan permasalahan rambut kering dan kusam anda. Cara ini juga bisa digunakan untuk melembutkan rambut pria.

Cara kedua yang bisa anda coba untuk menyelesaikan permasalahan rambut kering dan kusam adalah menggunakan shampo. Seperti disinggung diawal, mungkin shampo adalah salah satu cara yang paling mudah dan simple untuk dicoba untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Ada beberapa jenis shampo yang bisa anda coba untuk menyelesaikan permasalahan rambut kering dan kusam. Jenis-jenis shampo tersebut terdiri dari beberapa merk dengan harga yang bervariasi. Berikut beberapa jenis shampo untuk rambut kering dan kusam yang bisa anda coba:

  1. L’Oreal Paris Smooth Intense Caring

Produk shampo keluaran L’Oreal ini dipercaya mampu mengatasi rambut yang kering, kusam, kusut dan susah diatur. Shampo untuk rambut kering dan kusam ini diperkaya dengan Argan Oil yang akan menjadikan rambut menjadi lembut dan halus. Selain itu, Themo-protect yang terkandung didalamnya akan merawat dan melindungi rambut dari efek kerusakan sekaligus memberikan kelembaban bagi rambut kusut dan mengembang tidak beraturan. Shampo ini diformulasikan khusus sehingga mampu bekerja ekstra dalam membentuk rambut indah, halus, dan mudah diatur.

  1. Dove Nourishing Oil Care Shampoo

Shampo Dove Nourishing Oil Care diformulasikan dengan Weightless Nutri-Oils untuk mengatasi rambut kering dan rusak, mengontrol rambut kusut dan menjadikannya lebih lembut. Rambut yang awalnya kering dan kusam akan terasa lebih halus dan mudah diatur karena formulasinya mampu menutrisi rambut secara berkala tanpa membuatnya lepek.

  1. Tresemee Keratin Smooth Shampoo

Shampo untuk rambut kering dan kusam selanjutnya merupakan produk koleksi dari Tresemee. Shampo ini merupakan pembersih rambut yang diperkaya dengan kandungan keratin. Keratin adalah protein pembentuk struktur komponen utama rambut. Hanya saja keratin dapat rusak jika terkena proses kimiawi. Rusaknya lapisan ini akan membuat rambut menjadi kering, mengembang, kusam, dan susah diatur. Shampo dari Tresemee ini memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda dengan manfaat buah mengkudu untuk rambut.

  1. Mane ‘n Tail Deep Moisturizing Shampoo

Shampo Mane ‘n Tail adalah produk yang kabarnya banyak digunakan oleh para selebriti Hollywood agar rambut mereka sehat dan tebal. Mane ‘n Tail adalah produk perawatan rambut asal Amerika yang distribusinya masih terbatas di Indonesia. Dengan kandungan Deep Moisturizing, shampo ini sangat cocok untuk mengatasi rambut kering dan kusam anda. Shampo ini bahkan dipercaya mampu merangsang pertumbuhan rambut dengan sangat cepat sehingga membuat rambut kering dan kusam menjadi lebih panjang dan tebal alami.

  1. Herbal Essences Touchable Smooth Shampoo

Herbal Essences Touchable Smooth adalah shampo untuk rambut kering dan kusam selanjutnya. Herbal Essences Touchable Smooth merupakan varian perawatan rambut persembahan Herbal Essence yang diformulasikan khusus untuk melembabkan dan menghaluskan rambut. Bahan-bahan alami yang terkandung didalamnya, seperti ekstrak Pink Lily dan Asian Silk, akan membantu menutrisi dan mengembalikan kelembaban serta menjadikan rambut anda berkilau indah. Smoothing serum yang terkandung didalamnya juga membatu melembutkan rambut sehingga rambut yang kering dan kusam yang anda alami dapat diatasi dengan produk asal Jepang ini.

  1. Sunsilk Nourishing Soft & Smooth

Salah satu brand shampo ternama di Indonesia ini juga tak mau kalah mengeluarkan produk andalannya dalam mengatasi permasalahan rambut kering dan kusam yang biasa. Shampo ini menawarkan perawatan 5 Natural Oil dengan bahan ringan dan tidak membuat lengket di rambut pemakainya. Formula ini akan menutrisi rambut anda dengan baik sehingga menjadi lebih lembut, sehat, dan berkilau.

  1. Rudi Hadisuwarno Cosmetics Damage Defense Shampoo Sunflower

Damage Defense adalah seri perawatan dari produk Rudy Hadisuwarno untuk perawatan rambut rusak akibat proses styling. Dengan kandungan ekstrak bunga matahari, shampo ini kaya akan vitamin dan mineral yang membantu mencegah rambut kering dan membuatnya lebih mudah diatur. Selain itu, terdapat kandungan Active Revive Complex yang dipercaya dapat membantu meregenerasi rambut yang terlanjur rusak akibat proses styling.

  1. Kerasys Shampoo Damage Clinic

Shampo untuk rambut kering dan kusam selanjutnya adalah Kerasys Shamp0o Damage Clinic. Dengan kandungan ekstrak Penthenol, bunga Edelwiss dan Hydrolized Protein, shampo ini cocok untuk memberikan nutrisi terbaik pada kerusakan rambut anda. Selain itu, shampo ini juga bisa membuat rambut kaku menjadi lemas secara alami.

  1. Dancolyn Argan Repair Shampoo

Dancolyn Argan adalah seri premium dari Dancolyn yang menggunakan Argan Oil untuk mengatasi rambut kering atau rusak yang disebabkan proses Treatment kimia. Argan oil diperkaya vitamin E, asam lemak Esensiao dan asam lemak Linoleum yang efektif untuk memperbaiki rambut rusak dan kering serta mempertahankan kelembaban. Selain itu, ekstrak Opuntia Tuna didalamnya berfungsi sebagai antioksidan pelembab untuk melindungi rambut dari kerusakan sinar matahari sehingga rambut akan tampak lebih halus, lembut dan berkilau.

Itulah 9 jenis shampo untuk rambut kering dan kusam yang bisa anda jadikan referensi untuk menyelesaikan masalah rambut kering dan kusam anda. Selain 9 jenis shampo diatas, anda juga bisa menyuburkan rambut dengan lidah buaya yang bisa anda dapatkan disekitar anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.