13 Cara Agar Rambut Jatuh Terurai Secara Alami

Banyak wanita yang memiliki masalah pada rambutnya. Masalah-masalah tersebut antara lain masalah rambut rontok, masalah rambut berketombe, masalah rambut kering dan kusam serta masalah rambut bercabang. Masalah-masalah tersebut akan mengakibatkan rambut sulit diatur dan tidak atuh terurai. Padahal memiliki rambut yang halus dan jatuh terurai merupakan dambaan setiap wanita. Lalu adakah solusi untuk mengatasi masalah ini ? Berikut penjelasan lebih lanjut.

Cara Agar Rambut Jatuh Terurai

Merawat rambut memnglah sangat penting untuk dilakukan,hal ini guna menjaga kesehatan rambut kita.Ada duamacam perawatan yaitu perawatan rambut di salon dan perawatan rambut secara alami. Untuk mengatasi rambut agar mudah diatur dan jatuh terurai seperti sutra berikut tips yang dapat dilakukan.

1. Hindari Mengikat Rambut yang Masih Basah

Salah satu penyebab rambut tidak jatuh terurai dan sulit diatur yaitu mengikatnya pada saat masih kondisi basah. Karena hal ini akan membuat rambut kering dan mengembang.Maka dari itu disarankan setelah keramas hindari mengikat rambut untuk meminimalisir masalah pada rambut. (Baca juga : Penyebab Kulit Tangan Kering )

2. Hindari Tidur saat Rambut Basah

Selain mengikat rambut yang harus dihindari saat kondisi basah ternyata hal yang kedua yang harus dihindari yaitu tidur saat rambut dalam keadaan basah, Hal ini juga yang menyebabkan rambut tidak jatuh terurai karena rambut menjadi kering ,kaku dan mengembang.Jadi saat bangun tidur cenderung sulit diatur , maka kita perlu menghindari kebiasaan buruk ini.(Baca juga : Cara Merawat Rambut setelah Soomthing Agar Tidak Kaku )

3. Gunakan Kondisioner saat Keramas

Menggunakan kondisioner saat keramas akan membantu rambut menjadi halus sehingga rambut mudah untuk jatuh terurai. Pilihlah kondisioner yang sesuai jenis rambut sehingga akan memberikan efek yang maksimal. Maka untuk membuat rambut mudah diatur dan jatuh sepeti sutra gunakanlah kondisioner yang cocok dan sesuai.(Baca juga : Cara Menghilangkan Leher Hitam dengan Cepat )

4. Pilih Shampoo yang sesuai

Shampoo untuk Rambut Mengembang juga dapat membuat rambut jatuh terurai,karena rambut mengembang identik dengan rambut kering dan kusam yang mengakibatkan rambut tidak jatuh terurai. Memilih shampoo saat keramas juga akan menentukan kesehatan rambut kita. Jika kita memilih shampoo yang tidak sesuai dengan rambut kita maka akan menimbulkan masalah baru dan sebaliknya. Maka dari itu memilih shampoo dengan tepat untuk menjaga kesehatan rambut.

5. Gunakan Minyak Rambut

Minyak rambut membantu untuk menutrisi rambut agar tetap lembab sehingga dapat jatuh terurai dan mudah untuk diatur. Minyak yang digunakan bisa dari produk berbahan alami maupun tidak alami sesuai dengan kondisi dan jenis rambut kita masing-masing. Gunakan minyak rambut setelah keramas saat rambut dalam keadaan setengah kering , dan lihat hasilnya, rambut akan mudah untuk diaturdan jatuh terurai. Manfaat minyak kelapa untuk rambut juga dapat diaplikasikan sbagai masker rambut alami.

6.  Menyisir dengan Benar

Seringkali kita menyir rambut dengan tidak benar tanpa kita sadari, selain itu juga banyak wanita yang mmelas melakukan hal ini terutama wanita yang berjilbab. Padahal menisirrambut merupakan cara untuk mengatur rambut dengan benar. Cara menisir rambut yang benar adalah menyisirnya dengan gerakan searah dan pelan , serta gunakan sisir yang bergigi jarang untuk mengindari rambut menjadi kering dan kusam. (Baca juga : Cara Membuat Rambut Kaku menjadi Lemas secara Alami )

7. Hindari menggosok Rambut dengan Handuk

Menggosok rambut dengan handuk saat keramas ternyata membuat rambut kering dan kusam sehingga mengembang dan tidak jatuh terurai. Selain itu akan mengakibatkan masalah rambut lainnya seperti rambut bercabang. Efek yang paling serius saat kita menggosok rambut dengan handuk aitu membuatnya sulit diturdan tidak mau jatuh terurai. Maka dari itu hindarilah kebiasaan buruk ini. (Baca juga : Cara menghilangkan bintik-bintik putih di wajah )

8. Hindari Mengepang Rambut Terlalu Lama

Mengepang rambut akan membuat rambut tampak keriting dan mengembang sehingga sulit untuk diatur. Bisanya saat mengepang rambut kita lupa untuk melepasnya , selain itu seringkali pada saat kita tidurrambut masih dalam keadaan rambut yang di kepang hal itu akan memperparah bentuk rambut yang mengembang.Maka dari itu hindarilah melakukan kebiasaan ini agar rambut mudah diatur dan halus secara alami. (Baca juga : Cara menghilangkan komedo di dagu )

9. Lindungi Rambut dari Sinar Matahari

Sinar matahari memang baik untuk kesehatan tubuh kita kususnya pada kesehatan tulang .Akan tetapi ternyata sinar matahari ini tidak baik untuk kesehatan rambut kita , karena panas yang dihasiilkan dari panas matahari membuat rambut rusak yang nantinya akan sulit diatur dan tidak jatuh terurai. Maka dari itu hindarilah terpapar sinar matahari secara langsung , usahakan menggunakan pelindung rambut sat keluar dan terkena sinar matahari.(Baca juga : Cara melembutkan Rambut Kering )

10. Menggunakan Santan

Manfaat Santan untuk rambut sangat banyak sekali.  Santan tidak hanya sebagai bahan dasar dalam membuat makanan , ternyata santan ini dapat kita manfaatkan sebagai masker rambut.Manfaat santan kelapa untuk rabut antara lain menjaga kelembaban rambut,membuat rambut halus dan kuat.Caranya mudah cukup siapkan santang dari perasn kelapa yang pertama ,ambil sarinya lalu diamkan di kulkas hingga mengental , oleskan ke rambut diamkan menggunakan handuk hangat , setelah semua selesai bilas menggunakan air dan keramaslah menggunakan shampoo.

11. Menggunakan Minyak minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah dikenal dan Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Anak terbukti mempunyai khasiat yang banyak untuk kesehatan , baik kesehatan tubuh,  kulit hingga rambut . Selain pada anak ternyata zaitun juga baik untuk orang dewasa. Minyak zaitun mengandung nutrisi dan mnyak alami yang berperanpenting dalam menjaga kesehatan rambut. Rambut akan mudah diaturdan jatuh terurai apabila kita menggunakan masker minyak zaitun ini .Caranya mudah cukup oleskan minyak zaitun ke rambut hingga merata lalu bungkus dengan handuk hangat kurang lebih selama 20 menit setelah itu bilas menggunakan air bersih.

12. Buah Alpukat

Manfaat Masker Alpukat sangat banyak baik untuk kesehatan tubuh, kulit dan rambut. Memanfaatkan buah alpukat untuk masker sangatlah cocok untuk menjaga kesehatan rambut kita , kandungan vitamin E yang tinggi pada alpukat akan membantu menutrisi rambut sehingga tetap terjaga kesehatannya. Msker ini merupakan salah satu cara untuk membuat rambut agar tetap sehat sehingga ambut tampak jatuh terurai dan mudah diatur. Dengan cara mengoleskan buah alpukat yang sudah dihaluskan secukupnya ,ratakan ke rambut secara menyeluruh. Bungkus rambut dengan handuk hangat dan bilaslah menggunakan air hingga bersih.

13. Yogurt

Cara membuat masker alami sangat mudah , masker alami bisa kita aplikasikan ke rambut dan kulit wajah.  Yogurt juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut. Kandungan vitamin dan nutrisinya mampu menjaga kelembaban dan minyak alami rambut sehingga rambut mudah diatur dan jatuh terurai.Caranya oleskan yogurt secukupnya ke rambut  secara menyeluruh, diamkan dan bungkus menggunakan handuk hangat selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas dan keramaslah menggunakan air bersih.

Baca juga :

Penjelasan diatas merupakan cara yang dapat kita lakukan dirumah untuk rambut jatuh terurai. Sangat dianjurkan untuk menghindari hal-hal yang membuat rambut menjadi rusak sehingga sulit untuk diatur.