10 Efek Samping Bawang Merah untuk Rambut dan Kesehatan

Bawang merah tergolong tanaman umbi-umbian, sama seperti kentang. Bawang merah biasanya digunakan sebagai bumbu yang dihaluskan, dijadikan bawang goreng untuk menemani aktivitas makan, atau ditumis untuk menyedapkan makanan. Kandungan dalam bawang merah ini bermacam-macam, ada protein, lemak, fosfor, kalsium, vitamin B1 dan C. Bisa dibilang cukup menyehatkan. Selain itu, bawang merah biasanya digunakan sebagai ramuan herbal tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Namun, di balik dua fungsi utama tersebut, ternyata banyak orang menggunakan bawang merah sebagai sarana untuk menutrisi kulit kepala. Bawang merah punya peran penting untuk melawan infeksi kulit kepala. Kandungan belerang dalam bawang merah bisa mencegah penipisan rambut. Tentu saja, hal ini bisa mengurangi rambut rontok. Selain mengurangi rambut rontok, Anda juga bisa gunakan bawang merah sebagai cara memanjangkan rambut dengan bawang merah .

Ya, bawang merah dikenal sebagai sayuran pembawa manfaat untuk rambut dan kulit kepala. Bawang merah bisa membuat rambut bersinar, mencegah kanker pada kepala, menjauhkan rambut dari kutu, melawan ketombe pada rambut, dan mengatasi rambut rontok. Selain atasi rambut rontok, Anda dapat memakainya untuk menghilangkan kutu pada rambut. Cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang merah ini mudah untuk dilakukan.

Efek Samping Bawang Merah

Berikut ini adalah efek samping bawang merah untuk rambut dan kulit kepala.

  • Bawang merah bisa menimbulkan gangguan kulit.

Beberapa orang yang mengoleskan bawang merah ke kulit kepala, mengalami ruam atau iritasi. Jadi, sebelum mengaplikasikan bawang merah ke kulit kepala Anda, ada baiknya mengujinya terlebih dahulu di area kecil pada tubuh Anda. Memang ada beberapa orang yang alergi bila bersentuhan dengan bawang merah secara langsung. Reaksi alergi biasanya dapat dilihat dari kulit yang menjadi kemerahan. Kemerahan itu terjadi karena rasa gatal pada kulit yang dioleskan bawang merah.

Kesimpulannya, efek samping dari bawang merah ternyata hanya dirasakan oleh mereka yang alergi saja terhadap bawang merah. Kalau Anda tidak ada alergi, maka kulit Anda kepala Anda akan baik-baik saja.

Untuk merawat kulit, Anda bisa mengikuti cara memutihkan kulit dengan tepung beras.

  • Bawang merah membuat rambut menjadi bau

Makan bawang merah bisa membuat bau mulut, sama halnya ketika Anda makan bawang putih. Bawang merah dan bawang putih memiliki bau yang menyengat dan kurang sedap. Jika Anda aplikasikan ke rambut dan kulit kepala, otomatis rambut dan kulit kepala Anda akan memiliki bau yang kurang enak juga. Bau bawang merah akan mendominasi rambut Anda. Jadi, setelah memakai bawang merah sebagai masker rambut, sebaiknya Anda membilasnya juga dengan sampo dan conditioner rambut.

Namun, apabila dibandingkan, sebenarnya lebih banyak efek samping bawang merah jika dikonsumsi secara langsung daripada hanya sekedar dijadikan obat rambut. Berikut beberapa efek samping mengonsumsi bawang merah.

1. Perut menjadi kembung

Bawang merah mengandung fruktosa yang bisa menjadi sumber gas bagi sebagian orang. Produksi gas dalam tubuh ini bisa menyebabkan perut kembung dan ketidaknyamanan.

2. Perut mulas

Mulas merupakan situasi dimana asam lambung mengalir ke kerongkongan sehingga menimbulkan keadaan yang menyakitkan. Maka, konsumsi bawang merah harus dibatasi pada ibu hamil.

3. Menyebabkan tekanan darah menjadi rendah

Makan terlalu banyak bawang bisa menyebabkan hipotensi, yang ditandai dengan beberapa gejala, seperti pusing, mual, penglihatan kabur, dan sebagainya.

4. Menyebabkan bau mulut

Bawang mengandung belerang yang bisa membantu produksi insulin. Namun, hal itu juga bisa membuat bau mulut.

5. Memperburuk masalah kardiovaskular

Mengonsumsi terlalu banyak bawang tidak begitu baik untuk kesehatan kardiovaskular kita. Hal ini karena tingginya kadar potassium dalam tubuh kita dapat menurunkan tekanan darah dan dapat menimbulkan hipotensi. Selain itu, kadar kalium yang tinggi dalam tubuh kita dapat menyebabkan komplikasi kardiovaskular seperti detak jantung tidak teratur, stroke jantung, dan lain-lain. 

6. Menurunkan kadar gula darah

Mengonsumsi terlalu banyak bawang dapat menurunkan kadar gula darah sehingga menimbulkan hipoglikemia. Ini ditandai dengan gejala seperti penglihatan buram, detak jantung yang kencang, detak jantung tidak teratur, sakit kepala, pusing, gangguan berpikir, dan sebagainya.

Manfaat Bawang Merah

Manfaat dari bawang merah tersebut dapat dirangkum menjadi empat bagian, diantaranya:

  • Mengatasi Rambut Rontok

Bawang merah mengandung sulfur. Hal ini membantu sirkulasi darah pada tubuh. Untuk mengatasi rambut rontok, oleskan coconut oil pada kepala. Tunggu 30 menit. Kemudian, baru oleskan bawang merah. Lalu, tutup kepala menggunakan handuk hangat.

  • Mengatasi Ketombe

Ketombe merupakan problem yang sangat menganggu bagi rambut dan kulit kepala. Ini bisa membuat kita kehilangan rasa percaya diri. Tentu saja, ini juga bisa menganggu aktivitas kita. Namun, rasa gatalnya bisa Anda singkirkan dengan bawang merah. Caranya mudah, praktis, dan cepat. Haluskan bawang merah kemudian campur dengan madu dan lemon. Kemudian, oleskan secara merata pada kulit kepala Anda. Tunggu 30 menit, kemudian bilas dengan sampo.

  • Mengatasi Infeksi pada Kulit Kepala, dan

Jika kepala terkena infeksi, maka bisa menimbulkan kerontokan yang cukup parah. Anda bisa atasi ini dengan bawang merah untuk menyembuhkan infeksi tersebut. Selain itu, penggunaan bawang merah pada kulit kepala ini bisa membuat rambut Anda lebih kuat.

  • Membantu Pertumbuhan Rambut

Saat ini, sudah banyak serum atau hair tonic untuk menumbuhkan atau menyuburkan rambut. Tapi, jika Anda ingin menggunakan bahan alami tanpa perlu repot-repot mengunjungi supermarket dan toko, Anda bisa gunakan bawang merah. Bawang merah memang dikenal mempunyai bau yang kurang menyenangkan. Namun, jika rambut Anda sudah menipis dan ada bagian tertentu yang mulai mengalami kebotakan, jangan ragu untuk mencoba cara ini.

Jika Anda tidak punya alergi terhadap bawang merah, bahan alami ini benar-benar aman jika dibandingkan dengan produk-produk lain yang mengandung bahan kimia.

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami problem rambut rontok. Rambut rontok bisa menyebabkan problem kebotakan. Selain menggunakan bawang merah, ada cara menumbuhkan rambut botak karena keturunan . Faktor yang paling umum terjadi adalah faktor genetik (keturunan). Bisa juga karena faktor medis, karena pengaruh obat maupun perubahan hormon.

Itulah beberapa manfaat dan efek samping bawang merah. Ternyata, bawang merah memiliki banyak manfaat. Selain untuk rambut kepala, ternyata ada manfaat bawang merah untuk alis juga.