9 Cara Membuat Bedak Padat dari Bengkoang Sendiri Paling Mudah

Kebanyakan wanita mengenakan make-up untuk tampil cantik dan sempurna. Agar tampil menarik, Anda bisa mengikuti cara memakai make up yang benar. Salah satu produk yang biasa dipakai wanita adalah bedak. Bedak berfungsi untuk melindungi wajah dari debu dan kotoran. Namun, jika bedak yang diaplikasikan tidak cocok, hal ini justru berdampak tidak baik bagi wajah. Wajah malah akan berjerawat. Maka, berhati-hatilah memilih bedak. Harus disesuaikan dengan tipe kulit Anda.

Kebanyakan produk bedak dibuat dari bahan kimia, meskipun hanya sedikit. Kulit yang sensitif jika terkena bahan kimia akan berdampak buruk, seperti timbulnya jerawat, wajah kemerahan, dan gatal-gatal. Untuk Anda yang memiliki kulit wajah sensitif, bisa gunakan merek bedak untuk kulit sensitif, seperti Acne Compact Powder. Akan jauh lebih baik jika kita menggunakan bedak yang berbahan dasar alami. Penggunaan bahan yang alami tidak membahayakan dan tidak berdampak buruk pada kulit yang sensitif.

Membuat bedak sendiri dari bahan alami sebenarnya tidak sulit. Anda bisa memanfaatkan bengkoang. Kandungan dalam buah ini antara lain gula, fosfor, kalsium, dan pati. Pati inilah yang bisa kita pakai untuk membuat bedak. Tentunya, bedak dari bengkoang ini lebih aman, dan tanpa bahan pengawet maupun bahan kimia. Itulah sebabnya mengapa bedak dari bengkoang ini tidak bertahan lama, hanya bisa bertahan sekitar dua minggu saja. Ini membuktikan kealamiannya.

Bahan-Bahan yang Digunakan

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan tidak sulit untuk ditemukan. Bahan-bahan tersebut, antara lain:

  • Bengkoang

Anda bisa memilih bengkoang yang berukuran besar karena ini bisa mempermudah proses pengupasannya. Selain itu, bedak yang dihasilkan juga lebih banyak kuantitasnya.

  • Air

Air yang digunakan haruslah air yang bersih, memenuhi syarat: tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna. Namun, ada baiknya jika Anda mendidihkannya terlebih dahulu. Air yang sudah dimasak lebih steril karena kuman-kuman di dalamnya sudah mati.

  • Bunga Mawar

Bunga mawar ini hanya akan diambil sarinya saja. Bahan ini merupakan bahan tambahan atau peengkap saja. Tujuannya untuk memberi aroma harum pada bedak, menghilangkan aroma yang kurang enak dari bengkoang.

Cara membuat bedak padat dari bengkoang tidak sulit. Ikuti saja langkah-langkah berikut ini.

1. Cuci Bengkoang

Cuci bersih bengkoang untuk menghilangkan tanah yang menempel pada bengkoang. Kemudian kupas dan cuci kembali untuk menghilangkan sisa kotoran yang masih menempel. Potong dengan ukuran sedang.

2. Blender Bengkoang Sampai Halus

Bengkoang yang sudah dipotong-potong dimasukkan ke dalam blender. Masukkan air matang secukupnya. Kemudian, segera hidupkan blender dan matikan ketika bengkoang sudah benar-benar halus.

3. Ambil Sari Bengkoang

Siapkan kain berpori kecil gunanya untuk mengambil sari dari bengkoang yang sudah dihaluskan. Sari inilah nantinya yang akan menjadi bahan dasar dari bedak alami ini.

4. Mengendapkan Sari Bengkoang

Tutup wadah yang berisi sari bengkoang itu agar tidak terkontaminasi. Tunggu sampai mengendap sekitar empat hingga lima jam.

5. Ambil Ekstrak Bunga Mawar

Ambil beberapa tangkai bunga mawar. Masukkan beberapa kelopaknya ke dalam wadah. Di dalam wadah, masukkan lagi air secukupnya sambil diremas-remas. Tunggu sekitar tiga puluh sampai enam puluh menit untuk mendapatkan ekstraknya. Tapi, sebenarnya Anda bisa menggunakan bunga lain yang memiliki keharuman seperti mawar, misalnya bunga kenanga.

6. Mengambil Sisa Endapan Bengkoang

Jika sudah menunggu empat sampai lima jam, pati akan terpisah dari airnya. Endapan inilah yang Anda ambil. Kemudian, buang airnya.

7. Endapan bengkoang Anda campur dengan ekstrak bunga mawar.

Endapan bengkoang yang berupa sari pati tadi dicampur dengan ektrak bunga mawar. Aduk hingga rata.

8. Jemur

Jemur campuran sari pati dan ektrak bunga mawar sampai kering di bawah sinar matahari.

9. Selesai

Kalau sudah kering, bedak padat bisa segera Anda gunakan sebagai bahan untuk merias wajah.

Manfaat Bedak Padat dari Bengkoang

Manfaatnya cukup banyak, antara lain:

  • Memberi nutrisi pada wajah

Bukan hanya tubuh saja yang perlu makanan, kulit wajah Anda juga memerlukan nutrisi. Dengan nutrisi dari bedak bengkoang ini, wajah Anda bisa awet muda. 

  • Mengencangkan wajah

Dengan bedak bengkoang ini, Anda bisa mengecangkan wajah Anda. Tanpa operasi plastik dan biaya yang relatif mahal, Anda bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa ini. Selain itu, Anda juga terhindar dari bahan-bahan kimia yang berbahaya.

  • Mencerahkan wajah

Kulit wajah akan lebih cerah. Selain itu, jika digunakan secara rutin akan memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat dan bintik-bintik hitam di wajah Anda. Untuk hasil wajah lebih cerah dan baik, Anda bisa menggunakan merk bedak yang bikin glowing

  • Menyegarkan wajah.

Bengkoang bisa menimbulkan efek dingin di wajah. Kulit wajah semakin segar. Kulit wajah yang segar bisa membuat Anda bersemangat dalam menjalankan aktivitas. Anda tinggal mengucapkan selamat tinggal pada muka yang berminyak dan kusam.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari bengkoang ini. Ini bisa dibuat melalui langkah-langkah yang cukup sederhana. Selain itu, Anda bisa lebih berhemat. Selain bedak padat, Anda juga bisa mengikuti cara membuat bedak dingin dari beras

Agar tampilan riasan wajah lebih memukau, Anda juga bisa ikuti cara memakai bedak agar tahan lama. Misalnya, dengan mengaplikasikan sunblock dan pelembab.