20 Cara Memakai Make Up yang Benar dan Tahan Lama untuk Pemula

Banyak orang yang rela membuang waktunya hanya untuk belajar menggunakan make up. Banyak juga yang sudah bisa menggunakan make up dengan cukup baik dan terampil tetapi tidak tahu bagaimana mempertahankan make upnya lebih lama. Sudah berusaha untuk menggunakan produk ini dan itu yang katanya bisa membuat make up tetap awet tetapi apabila langkah – langkah dan penggunaannya masih belum diketahui secara benar maka akan sia – sia saja. Karena itu ladies, disini saya akan membagikan sedikit informasi yang saya tahu tentang bagaimana cara memakai make up yang benar dan tentunya akan menghasilkan make up yang tahan lama. Silahkan disimak ya!

Baca juga:

1. Bersihkan wajah

Langkah awal yang harus dilakukan sebelum melakukan make up adalah membersihkan wajah. Pembersihan wajah pada langkah ini menggunakan air dan sabun wajah yang sesuai dengan jenis wajah Anda. Hal ini diperlukan untuk membersihkan wajah dari kotoran dan minyak yang ada pada wajah sehingga make up bisa menempel dengan maksimal.

Baca juga: Manfaat Mencuci Muka sebelum Tidur

2. Toner 

Selanjutnya gunakan toner untuk membuat kulit wajah lebih segar dan lembab. Walau kebanyakan orang lebih memilih langsung menggunakan toner sebagai pembersih wajah saya tetap menyarankan Anda untuk membersihkan wajah dengan air dan sabun terlebih dahulu agar hasilnya lebih maksimal. Tak jarang apabila langsung menggunakan toner, kulit masih akan terasa berminyak dan lengket.

3. Moisturizer – sunblock

Jangan meremehkan penggunakan moisturizer atau pelembab. Baik bagi Anda yang memiliki kulit kering, normal, maupun berminyak penggunaan moisturizer adalah hal yang wajib. Penggunaan moisturizer selain berfungsi untuk melembabkan kulit juga berfungsi sebagai sarana untuk make up melekat dengan sempurna. Apabila aktifitas akan dilakukan dimana kulit wajah akan berpapasan langsung dengan cahaya matahari maka Anda bisa menggunakan sunblock setelah mengaplikasikan moisturizer. Tetapi apabila dianggap tidak perlu sebaiknya tidak usah digunakan karena hanya akan membuat kulit menjadi berminyak.

4. Foundation

Karena telah menggunakan moisturizer maka sekarang foundation dapat diaplikasikan dengan sempurna. Agar pemakaian foundation tidak terlalu terang dari kulit wajah maka gunakan foundation dengan tingkatan warna satu sampai dua tingkat di bawah warna kulit asli. Selain itu, bagi Anda yang memiliki kulit berminyak akan lebih baik apabila menggunakan foundation cair. Dan apabila Anda memutuskan untuk menggunakan foundation padat maka jangan lupa untuk membasahi sponge yang akan digunakan untuk mengaplikasikan foundation pada wajah.

Baca juga:

5. Concealer

Meski foundation adalah dasar dari penggunaan make up tetapi dalam aplikasinya ternyata ada saja satu dua hal yang masih kurang tertutupi dengan sempurna. Kekurangan tersebut antara lain adalah bintik hitam, bekas jerawat, kantong mata, kerutan, dan lain sebagainya. Untuk menyamarkan kekurangan – kekurangan tersebut maka kita bisa mengaplikasikan concealer pada bagian – bagian tertentu saja (bagian yang ingin disamarkan kekurangannya).

Sponsors Link

6. Contouring

Cara memakai make up yang benar selanjutnya adalah dengan menerapkan teknik contouring. Teknik contouring disini dapat berfungsi untuk mempertegas dan mempertajam make up Anda. Dengan teknik ini, Anda bisa membuat pipi terlihat lebih tirus, hidung lebih mancung, dan lain sebagainya. Pelajari tentang penggunaan contouring yang tepat bagi tipe wajah Anda. Karena bentuk wajah yang satu dan lainnya juga akan memiliki teknik contouring yang berbeda.

Baca juga:

ads

7. Ratakan alas make up

Karena ada beberapa dasar make up yaitu foundation, concealer, dan contouring maka ratakan kembali dengan menggunakan sponge wajah yang kering. Hal ini juga dilakukan untuk membuat contouring yang telah diaplikasikan pada wajah tampak lebih natural dan lebih menyatu dengan beberapa dasar make up lainnya.

8. Bedak

Setelah dasar make up jadi dan rata maka bubuhkan bedak sebagai akhiran untuk make up dasar. Gunakan bedak tabur untuk hasil yang lebih maksimal agar bedak bisa teraplikasi secara merata dan halus pada wajah. Apabila Anda menggunakan bedak padat akan lebih sulit untuk mengaplikasikannya karena telah ada lapisan foundation pada wajah.

9. Alis

Apabila Anda merasa alis Anda kurang tebal atau terlalu tipis maka Anda dapat mempertebalnya dengan teknik pensil alis. Arsir alis Anda menggunakan pensil alis dari arah luar ke dalam mulai dari ujung yang satu ke ujung alis yang dekat dengan hidung, cara ini akan memberikan hasil alis yang tampak lebih natural dibandingkan cara konvensional yang biasanya langsung menggambar dan mewarnai alis dengan pensil. Selain menggunakan pensil alis Anda juga bisa menggunakan spidol alis ataupun krayon alis.

10. Eye shadow primer

Fungsi eye shadow primer disini adalah untuk melembabkan kelopak mata dan mengontrol pengeluaran minyak pada kelopak mata. Penggunaan eye shadow primer ini adalah suatu keharusan, walaupun Anda tidak harus menggunakan eye shadow base setelah menggunakan eye shadow primer.

11. Eye shadow base

Eye shadow base digunakan untuk membuat eye shadow bertahan lebih lama. Apabila ingin disamakan maka eye shadow base memiliki fungsi yang sama seperti foundation. Jadi, eye shadow base berfungsi sebagai lapisan dasar sebelum eye shadow digunakan. Baca juga: Eyeshadow Base Yang Bagus

12. Eye shadow

Setelah menggunakan eye shadow primer dan base mulailah untuk mengaplikasikan eye shadow. Cobalah untuk mengombinasikan minimal dua warna untuk membuat warna eye shadow tampak lebih menarik. Untuk memberi kesan mata yang tampak lebih lebar dan tegas maka aplikasikan warna eye shadow yang lebih gelap pada bagian sudut mata yang dekat dengan telinga, dan warna yang lebih terang pada seluruh bagian kelopak mata. Baca juga: Merk Eyeshadow untuk Pemula

13. Bulu mata

Penggunaan make up yang cukup kompleks akan terasa ganjil apabila tidak diimbangi dengan penggunaan bulu mata. Untuk cara menggunakan make up yang benar dalam hal memasangkan bulu mata Anda bisa membubuhkan lem bulu mata langsung pada bulu mata yang ingin Anda pasang. Tunggu selama 3 – 5 detik serambi ditiup – tiup kecil agar lem bisa cepat kering pada saat bulu mata dipasang. Cara ini juga menghindarkan kita untuk membubuhkan lem yang terlalu banyak.

14. Eye liner

Karena kebanyakan lem bulu mata berwarna putih susu maka eye liner diaplikasikan setelah memasang bulu mata. Gunakan eye liner cair untuk mempertegas garis mata Anda seraya menutupi warna lem kering karena pemasangan bulu mata. Jika Anda masih ragu dalam menggunakan eye liner cair maka Anda bisa menggunakan eye liner pensil terlebih dulu untuk menggambar garis mata (sebelum pemasangan bulu mata) yang akan dibubuhkan eye liner cair sesudah pemasangan bulu mata. Baca juga: Cara Memakai Eyeliner Untuk Mata Besar – Cara Memakai Eyeliner Untuk Mata Sipit

15. Retouch shading hidung

Karena penambahan bedak pada bagian akhir setelah make up dasar selesai biasanya shading hidung yang telah kita bentuk menggunakan contouring tampak sedikit memudar. Anda bisa menggunakan brush kecil untuk membuat shading hidung nampak kembali. Anda juga bisa memberikan sedikit eye shadow berwarna coklat untuk mempertegas shading pada hidung. Jangan lupa untuk berikan highlighter pada batang hidung. Bedak yang berwarna lebih putih dari warna wajah Anda juga bisa menjadi highlighter yang tepat.

Sponsors Link

16. Blush on

Berikan kesan pipi merona menggunakan blush on. Penggunaan contouring yang telah membentuk dan memperlihatkan tulang pipi Anda yang menawan akan semakin dipercantik dengan beragam warna dari blush on. Mulai dari warna kecoklatan yang memberi kesan wajah yang tegas hingga warna merah merona yang bisa memberikan kesan natural dan segar pada wajah Anda. Baca juga: Merk Blush On Cream

17. Lip balm

Kebanyakan orang akan melupakan penggunaan lip balm sebelum mengaplikasikan lipstick. Padahal, lip balm bertanggung jawab agar warna lipstick bisa bertahan lebih lama pada bibir kita. Jadi, gunakan lip balm terlebih dulu sebelum mengaplikasikan lipstick. Baca juga: Merk Lip Balm untuk Bibir Hitam

18. Lip liner

Setelah menggunakan lip balm jangan lupa juga untuk menggunakan lip liner. Penggunaan lip liner akan menghindarkan Anda dari penggunaan lipstick yang berantakan selain fungsinya yang berguna untuk mempertegas garis bibir.

19. Lipstick

Untuk mengaplikasikan lipstick yang merata pada bibir gunakan kuas khusus untuk lipstick. Kuas lipstick yang bentuknya kecil akan membantu Anda mengaplikasikan lipstick secara merata dan rapi. Selain itu penggunaan kuas lipstick juga bisa membantu Anda untuk lebih menghemat lipstick. Baca juga: Merek Lipstick Untuk Remaja – Cara Memilih Lipstik untuk Bibir Kering

20. Spray make up

Cara memakai make up yang benar yang terakhir adalah dengan menggunakan spray pada akhir riasan. Penggunaan spray make up disini memiliki fungsi yang sama seperti hair spray yaitu untuk membuat make up menjadi awet lebih lama.

Baca juga:

Nah sekian dulu artikel kali ini mengenai beberapa cara memakai make up yang benar. Saya harap artikel ini bisa membantu Anda untuk mengetahui tentang penggunaan make up yang lebih baik. Terimakasih telah membaca artikel ini sampai akhir dan tetap ikuti perkembangan artikel kami seputar kecantikan pada website ini.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 21st, August 2017 / 09:03 Oleh :
Kategori : Make Up