20 Cara Make Up Natural untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Setiap wanita pasti ingin tampil cantik. Apalagi bagi wanita yang lebih banyak memiliki aktivitas di luar dan bersinggungan dengan banyak orang. Tak sedikit wanita yang menyiasati dengan mendandani wajahnya menggunakan make up untuk tampil cantik.

Ya, make up memang dapat menutupi sisi kelemahan pada wajah kita. Mata sipit dapat terlihat makin lebar dengan polesan mascara, eyeshadow dan eyeliner. Alis yang tidak rapi dapat dibentuk sesuai dengan keinginan dengan pemberian pensil alis. Bibir yang pucat dapat dipermanis dengan polesan warna-warni lipstick yang menggoda. Kulit yang kusam dapat dipoles dengan bedak agar memberikan efek segar.

Dalam memoles make up diperlukan teknik khusus agar tampak rapi dan sesuai dengan kepribadian Anda. Ada cara make up yang tebal dan menor, dan ada pula make up tipis yang terkesan natural. Kembali lagi pada tebal-tipisnya bahan yang digunakan serta pemilihan warna yang perlu disesuaikan.

Baca juga :

Selain itu, dalam pengaplikasian make up Anda tidak boleh mengabaikan jenis kulit Anda. Mengapa demikian? Karena hal ini sangat menentukan penampilan make up yang terlihat, ketahanan serta kemungkinan efek yang ditimbulkan setelah pemakaian.

Pada kasus kulit berminyak khususnya. Biasanya, make up tidak bisa bertahan lama. Mudah luntur dan terlihat berantakan. Dalam kasus tertentu, apabila tidak cocok make up maka kulit akan mudah sekali berjerawat setelahnya. Oleh karena itu, diperlukan beberapa perlakuan khusus memakai make up bagi Anda si pemilik kulit berminyak.

Cara Make Up Natural untuk Kulit Berminyak

1. Mencuci Wajah

Cara ini merupakan langkah pertama yang harus dilakukan sebelum Anda memakai make up. Mencuci wajah akan membersihkan kulit wajah Anda dari berbagai kotoran yang menempel. Selain itu minyak pada wajah akan berkurang. Oleh karena itu sangat disarankan mencuci wajah terlebih dahulu bagi Anda yang memiliki kulit berminyak. Gunakanlah sabun cuci wajah yang sesuai dengan dengan kulit Anda. Hal ini akan efektif mengangkat minyak yang menempel sehingga wajah terkesan kesat dan segar.

     2. Membersihkan Wajah

Mencuci muka saja tidak cukup untuk membersihkan wajah. Diperlukan teknik membersihkan wajah khusus menggunakan peeling scrub untuk mengangkat kulit mati, membersihkan minyak serta melembabkan wajah. Setelah penggunaan scrub ini, gunakan toner untuk mengangkat sisa-sisa kotoran. Oh ya, penggunaan susu pembersih sangat tidak disarankan karena akan memicu produksi minyak yang berlebih pada wajah Anda.

     3. Mendinginkan Wajah dengan Es Batu

Lho, kok es batu? Ya, es batu tidak hanya dapat digunakan untuk mendinginkan minuman lho, tetapi juga dapat mendinginkan wajah Anda. Terbukti ketika Anda mengompres wajah dengan air es, permukaan pori-pori wajah akan mengecil. Sehingga mampu mengurangi produksi minyak pada wajah.

Baca juga :

Sponsors Link

     4. Menggunakan Pelembab Kaya Air

Cara Make Up Natural untuk Kulit Berminyak yaitu menggunakan pelembab, Pelembab yang memiliki kandungan air tinggi mampu meminimalisir minyak di wajah Anda. Karena kandungan air tinggi mampu dengan mudah diserap oleh permukaan kulit wajah.

     5. Menghindari Penggunaan Liquid Foundation

Hal ini sangat perlu diperhatikan karena jenis foundation ini dapat membuat kulit wajah Anda semakin berminyak. Gunakanlah foundation padat karena bahan campurannya dapat langsung memberikan kesan matte pada wajah. Pilihlah warna foundation yang setingkat lebih tua dari warna kulit Anda

     6. Gunakan Bedak Tabur

Bedak tabur diperlukan setelah Anda menggunakan foundation. Bedak tabur yang digunakan mampu menyerap keringat dengan baik sehingga tidak membuat riasan menjadi luntur. Sebaiknya aplikasikan tipis-tipis saja agar tetap terlihat natural. Sebaiknya gunakan warna bedak yang senada dengan warna kulit Anda.

Baca juga:

ads

     7. Gunakan Make Up yang bertanda “Oil Free” atau “Non Comedogenic”

Ya ketelitian ketika memilih make up memang diperlukan karena jika salah memilih, maka kulit yang akan merasakan akibatnya. Kandungan di dalam produk make up yang bertanda “oil free” memiliki formula yang telah disesuaikan dengan kulit berminyak. Biasanya pengaplikasiannya ringan pada wajah. Sedangkan label “Non comedogenic” berarti produk tersebut tidak menimbulkan munculnya komedo pada wajah setelah pemakaian.

     8. Tambahkan Eye Shadow

Pilihlah warna nude seperti coklat muda, pink muda, dan peach. Warna-warna ini akan memberikan efek yang natural pada wajah Anda. Pilihlah produk eyeshadow yang bagus agar tidak mudah luntur mengingat kulit Anda sangat mudah berminyak. Aplikasikan concealer terlebih dahulu agar eyeshadow bisa menempel sempurna.

     9. Gunakan Maskara

Maskara dapat menambah volume pada bulu mata Anda. Hal ini perlu Anda tambahkan untuk memberikan kesan segar dan lentik. Namun, tetap pakai tipis-tipis. Agar kesan naturalnya tidak hilang.

     10. Aplikasikan Eyeliner

Cara Make Up Natural untuk Kulit Berminyak yaitu memanfaatkan eyeliner, Eyeliner sangat membantu mempertajam di area mata. Bagi Anda pemilik mata sipit, penambahan eyeliner sangat efektif sekali. Jika diaplikasikan, usahakan tidak terlalu tebal dan mengekor terlalu panjang. Cukup pakai sekenanya saja yang penting garis mata sudah terwarnai.

     11. Sediakan Kertas Minyak

Ini adalah bawaan wajib bagi pemilik kulit berminyak. Dapat dipakai sewaktu-waku ketika wajah mulai mengeluarkan minyak. Aplikasikan pada area rawan minyak seperti hidung dan dagu. Pemanfaatakn kertas ini juga dapat menjaga riasan Anda agar tidak luntur.

     12. Tak perlu Shading di Area Hidung

Hal ini tak perlu dilakukan agar tak menambah kacau riasan Anda. Cukup sapukan bedak tabur. Hidung adalah area rawan banjir, hehe. Ya produksi minyak berlebih di area ini. Jadi jika memang tidak mendesak dan ingin terkesan natural Anda tak perlu repot-repot menggunakan shading.

     13. Gunakan blush on

Sebaiknya anda menggunakan blush on tabur atau padat pasalnya blush on krim beresiko cepat luntur karena minyak berlebih pada wajah. Sapukan blush on secukupnya pada pipi menggunakan kuas pilihlah blush on dengan warna sesuai dengan warna kulit anda seperti warna peach atau mauve yang cocok untuk warna kulit apapun.

Baca juga:

     14. Menghindari paparan sinar matahari

Sinar matahari dapat membuat kulit wajah kering dan kusam. Selain itu, kondisi yang panas dapat memicu produksi minyak yang berlebih.

Sponsors Link

     15. Menggunakan tabir surya

Jika memang terpaksa berada di luar ruangan dan terpapar sinar ultra violet (uv), maka kita bisa memakai tabir surya. Ada teknik yang bisa kita lakukan agar tabir surya tidak membuat wajah berminyak. Caranya yaitu menekan wajah yang telah dioleskan tabir surya dengan tisu hal ini bertujuan untuk membuat wajah tidak terlalu basah.

Baca juga :

     16. Menggunakan masker

Pada kulit berminyak disarankan melakukan perawatan seminggu sekali atau dua minggu sekali menggunakan masker. Masker yang terbuat dari kaolin atau bentonite clay sangat efektif untuk mengatasi kelebihan minyak pada kulit wajah. Menggunakan masker alami juga diterapkan untuk mengurangi produksi minyak. Namun, persiapan masker alami ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan ribet.

     17. Gunakan produk yang tahan lama

Baik air maupun minyak, keduanya sama-sama dapat merusak riasan, oleh karena itu banyak kosmetik yang diformulasikan tahan dalam waktu berjam – jam. Dapat dipastikan make up ini akan awet apabila digunakan untuk kulit berminyak.

     18. Hindari produk yang menggunakan alkohol

Biasanya produk yang mengandung banyak alkohol adalah toner. jangan gunakan toner bila kulit wajah anda berminyak karena justru menyebabkan kulit kering dan bersisik.

     19. Gunakan produk yang bebas kilau

Pada kulit berminyak, wajah akan tampak mudah mengkilap. Penggunaan produk bebas kilau akan menciptakan efek natural pada wajah. Karena produk ini akan membuat kulit anda terkesan lebih matte.

Baca juga :

     20. Gunakan lipstick yang matte

Pemilihan jenis lipstick ini menjadi penting. Karena jika Anda menggunakan lipstick berkilau dan berminyak, hal ini bisa semakin memperburuk penampilan Anda. Sebaiknya pilihlah lipstick yang matte, menempel sempurna pada bibir.

Demikian beberapa cara make up natural untuk kulit berminyak yang dapat digunakan dengan mudah. Tidak ada halangan untuk tampil cantik meskipun kulit Anda berminyak. Yang pasti adalah Anda selalu menjaga kesehatan kulit wajah agar penampilan selalu prima di segala kondisi.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 02nd, August 2017 / 09:03 Oleh :
Kategori : Wajah