8 Cara Memutihkan Kulit dengan Pasta Gigi dan Penyebabnya

Kulit merupakan salah satu pelindung tubuh dan organ-organ penting lainnya. Sebagai pelindung kulit sangat rentan sekali terhadap berbagai macam masalah yang ada. Masalah yang terjadi pada kulit bisa disebabkan karena faktor dari dalam dan dari luar tubuh sendiri. Dan untuk mengatasi masalah pada kulit biasanya dicarikan terlebih dahulu penyebab dari masalah kulit yang diderita. Setiap orang memilii ciri khas tersendiri mulai dari bentuk tubuh hingga warna kulit. Ada yang memiliki warna kulit sawo matang dan kuning langsat khusus untuk penduduk asli Indonesia. Namun tidak sedikit juga orang yang ingin memiliki kulit lebih putih agar tampil cantik. Sebenarnya kulit bisa berubah warna lebih putih jika memang memiliki dasar kulit yang putih, hanya saja berubah menjadi gelap akibat dari efek luar.

Cara memutihkan kulit yang tergolong aman adalah dengan menggunakan bahan alami yang diolah untuk mendapatkan hasil kulit yang putih secara maksimal. Salah satunya adalah dengan menggunakan pasta gigi. Selama ini fungsi pasta gigi adalah untuk membersihkan gigi dari sisa makanan yang menempel pada gigi. Pembersihan sisa makanan ini bertujuan untuk menghindari gigi berlubang. Namun ternyata disamping itu juga ada manfaat dari pasta gigi yaitu untuk membantu memutihkan kulit. Disini berlaku untuk memutihkan kulit wajah dan angota tubuh lainnya.

Baca juga :

Kandungan pasta gigi

Pasta gigi yang memiliki manfaat untuk memutihkan kulit seluruh tubuh adalah pasta gigi dengan kandungan yang beragam. Berikut ini jabaran mengenai kandungan yang terdapat didalam pasta gigi antara lain :

  • Flouride yang memiliki fungsi untuk mencegah kerapuhan pada gigi dengan menguatkan gigi.
  • AHA yaitu senyawa yang berguna untuk memutihkan kulit dan menjaga kelembapan pasta gigi.
  • Deterjen yang berguna untuk membersihkan gigi dari sisa makanan.
  • Pemutih yang bertujuan untuk memutihkan gigi saat menyikat gigi.
  • Perasa dimana perasa ini bertujuan untuk menambahkan rasa pada pasta gigi, seperti rasa jeruk,strawberry, teh hijau dan mint
  • Paraffin didalam pasta gigi juga terdapat namun dalam jumlahnya secukupnya.

Itulah beberapa kandungan senyawa yang terdapat didalam pasta gigi. Dan kandungan AHA dalam pasta gigi memiliki efek yang nyata untuk memutihkan kulit. Sedangkan didalam buah AHA terdapat banyak pada buah pepaya. Itu sebabnya masker yang berasal dari buah pepaya juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Adapun cara untuk membuat masker dari buah pepaya sangatlah mudah, Anda tinggal mengupas kulit pepaya dan ambil dagingnya. Setelah itu haluskan daging dari buah pepaya dan oleskan ada wajah Anda secara merata.

Baca juga :

Cara Memutihkan Kulit dengan Pasta Gigi

Anda ingin memiliki kulit yang lebih putih dengan cara mengembalikan warna alami kulit Anda maka bahan alami ini dapat Anda gunakan, pasta gigi sebagai bahan utama ditambah sedikit campuran dari buah lain dapat membantu untuk memutihkan kulit. Berikut ini cara memutihkan kulit dengan menggunakan pasta gigi yaitu :

1.Pasta gigi dan lemon

Bahan pertama yang harus disiapkan adalah pasta gigi dan lemon. Lemon mengandung vitamin c yang tinggi untuk membantu mencerahkan kulit. Dan cara menggunakan lemon untuk memutihkan kulit sangatlah mudah. Pertama, belah dua buah lemon kemudian peras airnya kedalam suatu wadah. Kedua, tambahkan pasta gigi secukupnya saja dan aduk hingga campuran tadi merata menyerupai masker. Ketiga, oleskan pada wajah dan anggota badan lainnya merata dan diamkan selama 30 menit. Keempat, setelah 30 menit baru bilas wajah dan anggota badan lainnya hingga bersih. Baiknya dipakai sore hari sebelum Anda mandi sore. Lakukan ini sebanyak dua kali dalam seminggu secara teratur.

Baca juga :

2. Pasta gigi dan tomat

Bahan yang kedua yang dapat membantu untuk memutihkan kulit adalah gabungan dari pasta gigi dan tomat. Tomat kaya akan vitamin c dan likopene yang bertugas untuk menjaga keelastisan kulit. Cara untuk membuat masker ini pertama adalah masukkan pasta gigi secukupnya ke dalam wadah. Setelah itu bersihkan buah tomat dengan air yang mengalir. Lanjutkan untuk membelah tomat dan haluskan dengan menggunakan blender. Selanjutnya tuangkan tomat yang sudah diblender tadi kedalam wadah yang berisi pasta gigi dan aduk dua bahan ini hingga tercampur secara merata. Lalu oleskan pada seluruh wajah dan anggota badan. Diamkan hingga masker mengering pada kulit, setelah masker kering baru bilas kulit wajah dan anggota badan hingga bersih. Pakai masker ini setiap dua kali dalam seminggu untuk memberikan efek yang nyata dalam proses memutihkan kulit wajah dan anggota tubuh lainnya.

Adapun cara menggunakan masker ini juga perlu diuji coba dulu kulit lengan bawah Anda karena bisa saja tidak cocok untuk jenis kulit yang sensitif. Ini mengingat masker ini menggunakan pasta gigi dan air perasan lemon. Dimana air perasan lemon terkadang juga menyebabkan rasa perih pada kulit sesaat jika terdapat luka yang menganga pada kulit wajah dan anggota tubuh lainnya.

Baca juga :

Penyebab Kulit Gelap

Berdasarkan faktor usia dan aktifitas sehari-hari warna kulit bisa menjadi lebih gelap daripada sebelumnya. Untuk itu perlu anda ketahui apa saja faktor yang menjadikan warna kulit menjadi lebih gelap dari biasanya. Ini bertujuan agar faktor penyebab kulit menjadi gelap dapat dihindarkan sedini mungkin. Nah, berikut ini ulasan penyebab kulit berubah menjadi warna yang lebih gelap untuk Anda :

Sinar matahari

Matahari menyinari mulai dari pagi hingga sore hari. Dan puncaknya sinar matahari dapat mengakibatkan kulit gelap berlangsung dari jam 09.00 pagi hingga jam 16.00 sore. Sinar matahari pada jam tersebut mengandung sinar ultraviolet yang dapat mengakibatkan kulit menjadi hitam. Kabar buruknya jika terlalu sering terpapar sinar matahari pada jam tersebut dapat berujung pada kanker kulit. Berbeda dengan sinar matahari pada pagi hari, dimana sinar matahari ini sangat baik sekali untuk kesehatan kulit. Karena sinar matahari pagi yang mengenai kulit dapat merubah pro vitamin d didalam tubuh berubah menjadi vitamin d yang baik untuk menutrisi kulit dari dalam.

Baca juga :

Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi merupakan salah satu penyebab kulit menjadi hitam. Pigmentasi ada pada setiap kulit manusia yang bertujuan untuk melindungi kulit secara alami dari sinar matahari. Pigmentasi setiap orang berbeda-beda tergantung dari warna kulit yang dimilikinya. Seseorang yang memiliki kulit berwarna gelap lebih memiliki pigmentasi yang banyak dibandingkan dengan orang yang memiliki warna kulit lebih cerah. Namun saat kulit terkena sinar matahari, maka kulit akan memproduksi melanin lebih banyak untuk melindungi kulit. Melanin yang banyak dikulit inilah yang menjadikan warna kulit menjadi lebih gelap.

Baca juga :

Cuaca

Faktor cuaca menjadi penyebab ketiga dari timbulnya perubahan warna kulit. Cuaca yang sering panas membuat kulit menjadi lebih mudah berubah gelap. Untuk itu jika Anda banyak melakukan aktifitas diluar rumah. Saran terbaik adalah dengan menggunakan pelindung kulit seperti topi atau payung. Jangan lupa juga untuk mengoleskan tabir surya pada kulit untuk lindungi kulit dari paparan sinar matahari. Pilihlah tabir surya yang mengandung spf minimal 30 keatas.

Baca juga :

Alergi

Alergi juga dapat mengakibatkan kulit berubah menjadi lebih gelap. Pada beberapa orang yang memiliki riwayat alergi pada kulit pada suatu benda atau zat tertentu mengakibatkan kulit berubah menjadi lebih gelap. Jika ini terjadi sebaiknya hindari kulit Anda terkena zat yang dapat mengakibatkan Anda mengalami alergi.

Baca juga :

Merokok

Kebiasaan merokok adalah kebiasaan yang banyak dilakukan oleh pria. Dimana aktifitas merokk sudah seperti hal yang biasa meskipun sudah banyak yang menyatakan bahwa merokok sama sekali tidak baik bagi kesehatan organ tubuh salah satunya paru-paru. Disamping itu merokok juga ikut memberikan dampak negatif bagi kulit. Dimana merokok mengandung senyawa yang berbahaya seperti nikotin yang dapat membuat kulit berubah menjadi lebih gelap. Sebelum terlambat ada baiknya untuk menjauhkan diri dari aktifitas merokok dan juga asap rokok sebagai perokok pasif.

Baca juga :

Salah pilih produk kulit

Penyebab lainnya dari kulit berubah menjadi lebih gelap adalah salah memilih produk untuk pembersih kulit. Jika salah memilih produk ini juga dapat mengakibatkan perubahan pada kulit. Untuk itu sebaiknya perhatikan tipe kulit Anda dan perhatikan kebutuhan kulit Anda. Setelah tahu baru pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit untuk menghindari efek negatif akibat penggunaan produk untuk kulit yang tidak sesuai.

Baca juga :