8 Manfaat AHA Untuk Kulit Wajah

Banyak manfaat AHA yang bisa kalian rasakan pada kulit terutama kulit wajah. AHA yang merupakan singkatan dari alpha hydroxy acids atau yang biasa dikenal dengan asam alfa hidroksi. Kalian bisa menemukan beragam jenis AHA yang alami pada berbagai jenis makanan,sayuran, buah seperti anggur, jeruk, apel, tebu, serta lain sebagainya. AHA juga sangat bisa bermanfaat jika kalian menggunakannya dengan cara dioles pada kulit kalian. Berikut manfaat AHA untuk kulit wajah : (Baca Juga: Manfaat Aloe Vera Untuk Rambut , Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan)

1. Sebagai Eksfoliasi Yang Baik

AHA bisa membantu dalam proses menghilangkan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit. AHA bisa menjadi eksfoliasi yang jauh lebih baik daripada scrub sehingga menjadi salah satu  cara merawat kulit kering. Pada beberapa penelitian di Harvard Medical school , exfoliasi rutin dengan menggunakan AHA bisa membantu mencerahkan kulit serta mencegah terjadinya penumpukan sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam. (Baca Juga: Manfaat Kiwi bagi Kulit Wajah , Cara Menjaga Penampilan Diri Wanita)

2. Membantu Mencerahkan Kulit

Kerusakan pada kulit sebagai akibat dari paparan cahaya matahari, serta luka atau masalah kesehatan lainnya yang bisa menyebabkan timbulnya flek atau terjadi hiperpigmentasi yaitu warna wajah yang tidak merata. Walau kalian bisa menggunakan concealer buat menyamarkan warna kulit tidak merata, karena ini tidak akan membantu memperbaiki warna kulit asli. Tapi  AHA juga bisa membantu menghambat proses pembentukan melanin  serta menghilangkan warna  kulit tidak rata serta menghilangkan noda-noda pada wajah. Serta sebagai salah satu  cara mencerahkan kulit wajah.  (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kusam , Penyebab Kulit Kering dan Kusam)

3. Meningkatkan Proses Penyerapan Produk

Tertutupnya pori-pori wajah serta menumpuknya sel-sel kulit mati bisa menghambat terjadinya proses penyerapan krim skincare yang kalian gunakan. Dengan menggunakan AHA sel-sel kulit mati bisa hilang serta membuat pori-pori lmenjadi ebih bersih sehingga ini akan meningkatkan proses penyerapan krim  skicare. Sehingga AHA merupakan salah satu cara merawat wajah agar putih.

4. Mengatasi Masalah Pigmentasi

Penggunaan concealer baik concealer untuk kulit normal maupun  kulit berminyak ini tidak akan membantu memperbaiki warna kulit asli. Tapi  AHA bisa membantu menghambat proses pembentukan melanin  serta menghilangkan warna  kulit tidak rata serta menghilangkan noda-noda pada wajah. selain itu juga bisa membantu untuk mengatasi masalah pigmentasi. (Baca Juga : Merk Moncealer Untuk Kulit Berminyak Yang bagus)

5. Menyamarkan Flek/ Bintik Hitam Akibat Usia

Untuk kondisi kulit kalian yang mengalami hiperpigmentasi yang biasa disebut dengan bintik hitam. Selain  menggunakan bahan alami sebagai salah satu cara menghilangkan flek hitam dengan jeruk nipis. Kalian juga bisa mencoba cara menghilangkan flek hitam di pipi dengan menggunakan produk krim wajah dengan kandungan AHA sekitar 5 persen. Hal ini bisa membantu kulit wajah tampak lebih cerah serta menyamarkan flek hitam.

6. Mengencangkan Dan Menghaluskan Kulit

Tidak heran jika AHA bisa membantu mengencangkan serta sebagai salah satu cara menghaluskan wajah. Mengingat AHA  membantu proses pengelupasan sel kulit mati serta membuat sel kulit sehat yang bersinar yang tadinya tersembunyi di lapisan bawah bisa muncul ke permukaan. Sehingga kulit menjadi tidak kasar serta halur karena hilangnya penumpukan kulit mati di wajah. Sehingga tidak heran jika AHA menjadi salah satu bahan yang seringkali disertakan pada produk-produk pembersih kulit, losion bahkan produk pengelupasan kulit. (Baca Juga: Manfaat Aqua Skin Whitening , Pembersih Wajah Alami)

7. Mengurangi luka bekas jerawat

Produk krim serta losion yang mengandungan AHA hingga 10 persen tergolong aman untuk berbagai jenis kulit selama sesuai dengan aturan. Kalau kalian memakai produk  krim wajah yang mengandungan AHA lebih 10 persen. Lebih baik buat mengonsultasikannya dengan dokter terlebih dahulu agar mencegah terjadinya efek samping yang tidak diinginkan. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kusam , Penyebab Kulit Hitam)

8. Kemungkinan Efek Samping

Beberapa masalah yang biasa dikeluhkan pada penggunaan AHA, seperti munculnya iritasi kulit serta membuat kulit jadi lebih sensitif dengan sinar matahari. Salah satu cara merawat kulit wajah sensitif dengan bahan alami adalah dengan menggunakan tabir surya tiap hari  selama kalian menggunakan produk yang mengandung  AHA. Kalian juga bisa menggunakan  pelembap untuk kulit sensitif . Kunjungilah dokter jika kulit wajah kalian tidak menunjukkan adanya perbaikan, atau munculnya pembengkakan, serta bintik hitam semakin menebal. (Baca Juga: Manfaat Timun Untuk Wajah , Manfaat Timun untuk Mata dan Wajah)

AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) merupakan senyawa asam yang sangat efektif buat eksfoliasi atau yang biasa dikenal dengan pengelupasan sel kulit mati. Jangan terlalu khawatir dengan proses mengelupas kulit kalian, karena AHA dan BHA cuma bisa bekerja pada lapisan terluar saja. Kedua senyawa ini tidak bisa masuk sampai ke dermis atau sampai ke jaringan dalam kulit. (Baca Juga: Manfaat Lemon Untuk Kulit , Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah)

Perbandingan AHA dan BHA

Senyawa AHA merupakan salah satu senyawa asam yang mempunyai beberapa jenis, seperti asam glikolat,  asam sitrat, asam laktat, asam malat serta asam tartarat. Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, asam glikolat adalah jenis AHA yang paling baik serta unggul dibandingkan jenis lainnya.Ini dikarenakan bisa meluruhkan lapisan kulit mati serta dengan sangat baik. (Baca Juga: Manfaat Oatmeal untuk Wajah Sensitif , Manfaat Tomat untuk Kulit)

Meski begitu, ada juga beberapa produk yang menggunakan AHA dan BHA untuk mengatasi jerawat. Kandungan AHA dan BHA dipercaya mampu menyamarkan noda hitam serta membantu kalian dalam hal mengurangi bekas jerawat. Selain itu kandungan AHA AHA sangat baik digunakan untuk kalian yang kulit mengalami kerusakan akibat sinar matahari. Serta mengalami penebalan, kulit kering serta kulit yang tidak cenderung untuk berjerawat. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Dengan Minyak Zaitun)

Cara Mengefektifkan Penggunaan AHA dan BHA

Setelah mengetahui perbedaan antara AHA dengan  BHA, Anda bisa menentukan masalah kulit apa yang ingin diatasi. Kulit kering dan kusam, kulit berminyak dan berkomedo? Pertimbangkan beberapa hal ini ketika agar produk bekerja lebih efektif. (Baca Juga: Cara Merawat Kulit KeringCara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik)

  1. Perhatikan cara pakai produknya. Saat menggunakan AHA, pastikan kulit kalian sudah terbebas minyak. Apalagi jika kalian menggunakan cleansing oil buat membersihkan wajah sebelum memakai produk, harus ditunggu hingga benar-benar kering. Pada penggunaan BHA, kalian bisa langsung menggunakan produk dikarenakan komponennya mudah larut dalam minyak.
  2. Perhatikan waktu pemakaiannya. Saat menggunakan produk AHA pada siang hari, pastikan kalian memakai tabir surya atau kalian bisa menggunakan AHA pada malam hari saja. Berbeda dengan BHA yang kandungannya terbilang aman digunakan pada siang atau pada malam hari.
  3. Lihat konsentratnya. Biasanya AHA akan bekerja lebih baik saat konsentrat sekitar 5 – 10%, sedangkan BHA biasanya akan bekerja lebih baik saat konsentratnya sekitar 1 – 4%.

(Baca Juga : Penyebab Kulit Keriput di Usia Muda , Cara Merawat Kulit Agar Tidak Kusam)