4 Penyebab Kulit Kepala Kering dan Cara Mengatasinya

Kulit kepala kering biasanya akan terasa gatal. Kondisi ini akan mengganggu penampilan, serta kenyamanan. Selain itu, kulit kepala kering bisa menjadi tanda adanya masalah kulit yang perlu diperhatikan.

Selain gatal, kulit kepala kering juga bisa menyebabkan bercak bersisik. Penyebabnya pun beragam seperti eksim, dermatitis seboroik, psoriasis atau bisa disebabkan karena udara yang dingin atau  kering, usia dan lain sebagainya. Untuk mengetahui  cara mengatasi kulit kepala kering yang tepat maka anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab kulit kepala kering seperti berikut.

Penyebab Kulit Kepala Kering

Berikut ini beberapa penyebab kulit kepala kering dan cara mengatasi kulit kepala kering yang dapat anda simak:

1. Eksim

Salah satu penyebab kulit kepala kering yaitu eksim. Eksim pada kulit kepala dapat menyebabkan kulit kepala menjadi bersisik. Eksim pada kulit kepala biasanya terjadi pada bayi atau anak-anak. Penyebab eksim itu sendiri sebenarnya masih belum diketahui dengan pasti. Namun, penyebabnya diduga memiliki kaitan dengan respon sistem imun tubuh  terhadap zat yang dapat menyebabkan iritasi. Tidak hanya itu saja, riwayat alergi dan asma juga dapat memiliki kaitan dengan munculnya eksim.

Untuk mengatasi eksim pada kulit kepala anda dapat berkonsultasi pada dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat untuk mengatasi eksim pada kulit kepala yang anda alami. Sebisa mungkin hindari menggaruk kulit kepala atau menggunakan shampo yang memiliki kandungan bahan keras.

2.  Ketombe

Ketombe menjadi penyebab kulit kepala kering. Penyebab rambut ketombe itu sendiri dapat karena berbagai hal. Masalah ketombe akan membuat anda merasa tidak percaya diri. Serpihan-serpihan putih yang jatuh pada baju anda tentunya akan mengurangi rasa percaya diri anda.

Nah, untuk mengatasi ketombe itu sendiri sebenarnya anda harus menghindari penyebabnya seperti jarang keramas atau terlalu sering keramas, penyebab kulit kering, produk rambut yang tidak cocok dan lain sebagainya. Anda bisa  mengatasi ketombe dengan cara alami menggunakan lidah buaya, karena manfaat lidah buaya untuk kecantikan sudah tidak bisa diragukan lagi. Selain itu anda bisa menggunakan lemon atau jeruk nipis, sama halnya dengan lidah buaya, manfaat lemon untuk kecantikan dan manfaat lemon untuk kulit juga bagus. Anda juga bisa menggunakan minyak kemiri dan lain sebagainya.

3. Dermatitis Seboroik

Penyebab kulit kepala kering selanjutnya yaitu dermatitis seboroik. Dermatitis seboroik juga sering disebut sebagai eksim seboroik  ataupun psoriasis seboroik. Masalah kulit yang satu ini dapat menyebabkan kulit memerah, muncul ketombe dan bersisik. Penyebab masalah yang satu ini sebenarnya masih belum diketahui.

Karena masalah kulit ini berlangsung dalam jangka panjang, serta bersifat kambuh  maka dibutuhkan perawatan berulang. Untuk mengetahui perawatan yang tepat anda dapat berkonsultasi pada dokter.

4. Psoriasis

Kulit kepala kering yang disebabkan oleh psoriasis biasanya akan bersisik dan memerah. Selain pada kulit kepala, kondisi ini juga sebenarnya bisa terjadi pada belakang kuping, belakang leher dan kening. Masalah kulit yang satu ini bisa menyebabkan gatal, serta berkerak. Jika anda menggaruk kepala berlebihan maka akan mengakibatkan rambut rontok, infeksi.

Nah, untuk mengatasi psoriasis anda bisa menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter. Hindari mengoleskan sembarangan obat karena ditakutkan akan memperburuk keadaan.

Kulit kepala kering selain mengganggu penampilan, jika dibiarkan akan membuat kondisi semakin parah. Kulit kepala kering dapat menyebabkan infeksi karena garukan yang dilakukan. Itulah penyebab kulit kepala kering.