16 Penyebab Kulit Kepala Kering, Gatal dan Mengelupas

Memiliki kulit kepala kering sangat tidak menyenangkan bukan? Apalagi jika kulit kepala kalian kering dan sering mengelupas sehingga membuat rambut kalian berketombe. Karena selain akan menimbulkan rasa gatal, hal ini juga akan membuat kalian menjadi tidak percaya diri. Karena tentu ini sangat mengganggu penampilan kalian bukan. Agar kalian bisa menanganinya dengan tepat, kalian perlu mengetahui apa saja penyebab kulit kepala kering. Berikut 16 penyebab kulit kepala kering :

1.Dehidrasi

Ternyata salah satu yang bisa menyebabkan kulit kepala menjadi kering adalah dehidrasi. Ini dikarenakan jika tubuh kalian kekurangan cairan, kulit secara otomatis juga akan mengalami kekeringan. Tidak hanya pada kulit tangan saja, tapi juga pada kulit kepala. Ini dikarenakan cadangan air didalam tubuh kalian akan dipusatkan kepada organ tubuh. (Baca Juga: Cara Membuat Masker Rambut Alami , Cara Membuat Rambut Keriting Gantung)

2.Terpapar Sinar Matahari

Buat kalian yang sering bekerja dibawah sinar matahari atau orang yang sering bekerja dilapangan. Ternyata salah satu dampak jika kalian terlalu lama berada dibawah teriknya matahari atau terekspos sinar matahari adalah membuat kulit kepala kalian menjadi kering. Hal ini dikarenakan kulit akan kehilangan kelembabannya karena terpapar sinar matahari. nJadi disarankan buat kalian yang bekerja di lapangan, kalian bisa memakai topi untuk menghindari hal ini.

3.Residu Produk Rambut

Sisa produk- produk yang kalian gunakan untuk rambut ternyata dapat menempel di kulit kepala. Sisa produk inilah yang akan menyebabkan serpihan kulit menjadi berjatuhan, ini dikarenakan kelembaban pada kulit kepala kalian akan terhalang dengan adanya residu produk rambut ini. Jadi disarankan untuk membersihkan atau mencuci rambut kalian dengan bersih setelah menggunakan produk untuk rambut kalian. (Baca Juga : Manfaat Jeruk Nipis dan Minyak Zaitun untuk Rambut)

4.Kekurang Gizi

Ternyata salah satu yang bisa menyebabkan kulit kepala menjadi kering adalah kekurangn gizi. Ini dikarenakan saat tubuh kalian mengalami kekurangan asupan gizi serta nutrisi yang memadai, maka ini akan sangat berpengaruh dengan keadaan kulit kalian. Tidak hanya berpengaruh pada kulit di tubuh kalian, tapi ini juga berpengaruh pada kulit kepala kalian. Gizi serta nutrisi yang dimaksud disini adalah kondisi tubuh yang kekurangan zat seperti zinc, vitamin B, atau asam lemak. Jadi usahakan untuk terus memperhatikan asupan gizi kalian.

5.Penyakit Kulit

Hal yang bisa menyebabkan kulit kepala kering selanjutnya adalah gangguan kesehatan pada kulit kepala. Hal ini ternyata juga bisa menyebabkan kondisi kulit kepala menjadi yang kering. Penyakit kulit yang biasanya akan membuat kulit kepela menjadi kering adalah penyakit eksim seboroik, kurap, psoriasis serta beberapa penyakit lainnya. (Baca Juga : Manfaat Susu Untuk Rambut)

6.Eksim

Eksim yang timbul pada kulit kepala ternyata bisa membuat kulit kepala kalian menjadi bersisik serta menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu. Eksim pada kulit kepala bisanya paling sering dialami oleh  anak-anak atau bayi. Penyebab timbulnya penyakit ini masih belum diketahui secara pasti. Tapi sangat diduga kuat jika penyakit ini berkaitan dengan respon aktif pada sistem kekebalan tubuh pada sesuatu yang akan menyebabkan iritasi.

Selain itu, jika kaliam mempunyai riwayat asma serta alergi juga menjadi salah satu penyebab munculnya eksim. Buat mengatasi masalah eksim pada kulit kepala, kalian bisa mengobatinya dengan memakai krim steroid serta pelembab yang telah diresepkan oleh dokter. Selain itu, kalian juga harus menghindari menggaruk atau penggunaan sabun yang berbahan keras.

7.Kulit kepala psoriasis

Jika kalian mempunyai kondisi kulit kepala psoriasis, kulit kepala biasanya akan menjadi merah serta bersisik. Ini akan menyebabkan berlapis-lapis kulit menjadi menumpuk. Kondisi ini biasanya tidak cuma terjadi pada kulit kepala saja, tapi juga bisa terjadi pada area belakang leher, belakang kuping, serta kening. Beberapa dokter berpendapat, kulit kepala psoriasis bisa disebabkan oleh gangguan pada sistem kekebalan kalian. Sehingga bisa menyebabkan kulit akan tumbuh terlalu cepat serta menumpuk. Psoriasis biasanya akn timbul dengan disertai rasa gatal, serta luka yang berkerak tebal dan akan bertahan lama.

Jika kalian menggaruk kepala secara berlebih bisa membuat rambut menjadi rontok serta infeksi. Kulit kepala psoriasis bisa kalian atasi dengan memakai krim, gel, sampo, salep, minyak, serta sabun khusus. Selain itu, dokter bisa saja menyuntikan steroid langsung ke kulit kepala yang terkena psoriasis. Jika kalian mengalami psoriasis tingkat yang sudah termasuk parah. Dokter biasanya akan langsungn memberikan obat suntik atau oral. Seperti obat kortikosteroid, metotreksat, vitamin D deviratif, cyclosporine, serta vitamin A deviratif. (Baca Juga : Cara Merawat Rambut Agar Tidak Kering)

8.Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik disebut juga denganatau yang biasa dikenal dengan istilah eksim seboroik, psoriasis seboroik, atau ketombe. Dermatitis seboroik juga bisa membuat kulit menjadi merah, timbul ketombe, dan menyebabkan kulit kepala bersisik. Jika  kalian beranggapan bahwa kondisi ini muncul karena ketidakbersihan, kalian keliru. Penyebab pasti terjadinya dermatitis seboroik sebenarnya masih belum diketahui, tapi diduga kuat kondisi ini disebabkan oleh adanya respon inflamasi berkaitan dengan psoriasis, serta jamur Malassezia pada kulit kepala. Kondisi ini biasanya akan berlangsung dalam jangka panjang bahkan ada kemungkinan akan timbul lagi. Sehingga sangat diperlukan perawatan yang berulang-ulang.

Sebelum kalian diberikan resep obat, dokter biasanya terlebih dulu menyarankan kalian buat memakai shampo buat mengatasi masalah kulit kepala kering serta berketombe. Jika dirasa penggunaan shampo tidak juga berhasil, dokter biasanya akan langsung melakukan pengobatan yang bisa mempengaruhi sistem kekebalan kalian. Dokter juga biasanya akan menyarankan perawatan buat mengatasi inflamasi, serta memberikan resep berupa krim atau gel. Krim atau gel ini biasanya diberikan buat mengatasi masalah bakteri. Selain itu, kalian juga akan diberikan obat anti jamur, sampo anti jamur, atau photochemotherapi buat mengatasi masalah ini.

9.Salah Memakai Shampo

Ketombe sebenarnya bisa menyebabkan terjadinya pengelupasan pada kulit kepala kalian. Buat mengatasi kulit kepala yang mengelupas kalian terlebih dahulu perlu menghilangkan ketombe yang ada pada kulit kepala kalian. Karena menurut penelitian, beberapa shampo ternyata hanya akan menambah resiko timbulnya ketombe pada kulit kepala. Untuk itu kalian disarankan untuk menggunakan shampo khusus ketombe seperti shampo yang mengandung zat seperti zinc, asam salisilat, selenium sulfida, ketoconazole atau pyrithione. (Baca Juga : Manfaat Minyak Zaitun untuk Alis)

10.Jarang Mencuci Rambut

Buat mengatasi kulit kepala yang mengelupas kalian juga dapat mencuci rambut kalian secara rutin yaitu minimal 2 kali seminggu. Tentunya dengan memakai shampo yang dirancang khusus untuk rambut berketombe. Buat hasil yang maksimal kalian bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat yang sudah kalian tambahkan 2 hingga 3 sdm cuka putih. Kemudian jangan lupa untuk membilasnya hingga bersih rambut kalian dengan air bersih.

11.Jarang Menggunakan Kondisioner

Setelah kalian mencuci rambut ada baiknya kalian memakai kondisioner. Ini dikarena kulit yang mengelupas bisa saja terjadi dikarenakan kondisi kulit kepala yang kering. Dengan menggunakan kondisioner  bisa membantu melembabkan kembali kulit kepala kalian yang kering. Jadi buat kalian yang mempunyai masalah kulit kepala kering, kalian disarankan untuk rutin menggunakan kondisioner. (Baca Juga : Manfaat Madu Untuk Rambut)

12.Faktor  Genetika

Ternyata salah satu yang bisa menyebabkan ulit kepala menjadi kering adalah alergi bawaan lahir atau sering juga dikatakan sebagai bawaan atau bakat. Misalnya seperti orang yang memiliki alergi saat memakan sesuatu yang bisa menyebabkan gatal-gatal pada kulit serta gatal pada kulit kepala. Sehingga bisa menyebabkan kulit kepala menjadi mengelupas bahkan bisa menimbulkan borok. Untuk masalah ini kalian disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter sebelum bertambah parah

13.Kurang Menjaga Kesehatan Kepala

Selain faktor internal ada juga faktor eksternal, faktor ini biasanya berhubungan erat dengan kebiasaan buruk kalian. Seperti kurangnya menjaga kebersihan kulit kepala kalian, seperti jarang berkeramas. Tentu ini bisa menyebabkan kutu serta ketombe akan berkembang dengan hebat di kulit kepala kalian. Jika sudah begini jangan heran jika kulit kepala kalian terinfeksi kuman (jamur) atau bakteri yang dikenal sebagai bakteri malassezia furfur. Biasanya kondisi akan menimbulkan berbagai macam akibat seperti gatal, pengelupasan kulit serta menimbulkan luka borok jika sudah terlalu parah. (Baca juga: Penyebab Rambut Rontok pada Pria)

14.Kulit Kepala Terlalu Berminyak

Kulit kepala yang berminyak serta timbul iritasi atau yang bisa disebut dengan Seborrheic dermatitis. Biasanya akan ditandai dengan merahnya kulit kepala yang akan disertai dengan munculnya sisik putih atau kuning pada kulit kepala. Ciri ini juga bisa saja terjadi pada alis, sisi hidung, bagian belakang telinga, dada, selangkangan serta ketiak. Jika mengalami ini disarankan untuk mencoba perawatan dengan bahan alami atau segera ke dokter sebelum keadaan semakin parah.

Baca Juga :

15.Malassezia

Ternyata salah satu yang menyebabkan kulit kepala menjadi kering adalah infeksi jamur. Jamuryang bisa berkembang di kulit kepala orang dewasa salah satunya adalah Malassezia. Terkadang jamur ini juga bisa menyebabkan iritasi yang akan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. (Baca juga: Cara Mencegah Rambut Rontok Parah, Manfaat Hair Mask Untuk Rambut)

16.Sensitif terhadap produk perawatan diri 

Ketidakcocokan pada produk rambut juga bisa menjadi salah satu masalah yang menyebabkan kulit kepala kalian menjadi kering. Bisa juga ini dikarenakan kulit kepala kalian terlalu sensitif dengan bahan-bahan yang ada didalam produk. Dermatitis contact biasanya mengandung paraphenylenediamine yang terkandung pada pewarna rambut, selain itu kulit kepala kering juga ternyata bisa timbul jika kalian keramas terlalu sering.