5 Tips Menjaga Badan Tetap Wangi dan Segar

Anda mungkin memulai hari dengan segar dan wangi serta siap untuk melakukan rutinitas harian yang biasanya dilakukan. Tetapi pada pertengahan hari,  Anda bisa saja merasakan kesegaran itu mulai menghilang dan badan mulai terancam mengeluarkan bau keringat atau bau tidak sedap akibat berbagai aktivitas fisik hari itu. Sebagian orang memang akan sulit mempertahankan kesegaran tubuh sepanjang hari tanpa bantuan semprotan parfum favoritnya dari waktu ke waktu. Parfum memang menjadi salah satu cara menjaga penampilan diri wanita dan pria. Namun ada pula sebagian orang, tidak peduli apapun yang dilakukan tetap saja wanginya tidak tercela. Mereka bisa saja keluar dari gym dan tetap beraroma seperti baru saja berendam di bath tub berisi air mawar. Mereka juga seakan tidak kesulitan menerapkan tips agar awet muda dan cara merawat wajah agar tetap segar sepanjang hari.  Mau tidak mau Anda akan selalu penasaran apa yang mereka lakukan agar tetap wangi sepanjang hari setelah melakukan banyak aktivitas. Kondisi badan yang selalu wangi bukanlah suatu kebetulan belaka, melainkan ada tips menjaga badan tetap wangi yang perlu dilakukan secara rutin.

1. Menjaga Kebersihan Pribadi

Walaupun mandi secara teratur tentu saja memegang peranan penting pada aroma tubuh, tetapi banyak faktor lain yang juga dapat mempengaruhi tips menjaga badan tetap wangi. Mandi akan menghilangkan kotoran yang menumpuk di tubuh selama 24 jam terakhir. Gunakan air hangat untuk mandi dan usahakan untuk tidak mandi melebihi 15 menit untuk menghemat air. Gosok tubuh dengan sabun dan waslap terutama pada area di belakang telinga, leher, kaki dan bagian – bagian lipatan tubuh yang mudah berkeringat, dan tentu saja seluruh tubuh dengan teliti. Keramas secara teratur juga sangat penting untuk menghilangkan bau dan kotoran pada rambut dan menggosok gigi dua kali sehari. Begitu juga dengan mencoba manfaat mencukur alis agar alis Anda tampak lebih rapi.

2. Menjaga Menu Makanan

Seiring dengan pertambahan usia, makanan juga akan mempengaruhi tubuh kita begitu juga dengan minuman, dan menjaga menu makanan akan menjadi rahasia awet muda. Jika Anda ingin tips menjaga badan tetap wangi, maka sangat penting untuk memperhatikan apa  yang dimasukkan ke tubuh Anda. Menjaga asupan makanan juga menjadi salah satu cara agar awet muda menurut Islam. Menu makanan yang penuh bumbu, bawang merah dan putih akan bagus untuk Anda, tetapi juga akan menguap keluar dari pori – pori ketika berkeringat. Begitu juga jika Anda mengonsumsi alkohol yang menghasilkan gula pada tubuh dan diproses lewat pori  – pori sehingga menghasilkan aroma tubuh yang tidak menyenangkan. Makanan tidak saja mempengaruhi bau badan tetapi juga akan mempengaruhi bagaimana parfum bereaksi pada kulit Anda. Makan dengan baik berupa makanan segar, termasuk buah dan sayuran serta protein akan menjaga tubuh tetap segar dan bekerja dengan baik sehingga wewangian yang Anda kenakan juga akan bekerja dengan baik.

3. Mempertahankan Wangi Parfum

Mengaplikasikan parfum dengan benar bisa sangat membantu dalam tips menjaga badan tetap wangi dengan cara berikut:

  • Semprotkan pada titik nadi yang akan memungkinkan wanginya bercampur secara alami dengan kima di tubuh. Ketika tubuh memanas, aromanya akan diaktifkan. Jangan menggosok parfum setelah disemprotkan. Titik nadi yang dapat disemprotkan parfum yaitu bagian sisi leher, siku dalam, pergelangan tangan, dan belakang lutut.
  • Gunakan parfum roll on yang lebih mudah diaplikasikan tanpa perlu menyemprot banyak – banyak. Harganya juga lebih terjangkau daripada versi botol dari parfum favorit Anda.
  • Untuk mendapatkan wangi yang tahan lama, semprot sisir atau sikat rambut Anda dengan wewangian favorit sebelum menyisir atau menyikat rambut.

4. Gunakan Wewangian

Mengaplikasikan pelembap tepat pada kulit tubuh setelah mandi dalam keadaan lembap dapat menjadi cara terbaik untuk menjaga aroma pelembap tahan lama. Anda juga bisa memilih lotion yang diproduksi dalam merk yang sama dengan parfum kesukaan Anda agar wanginya seragam dan tidak bertentangan antara satu produk dengan produk lainnya.  Anda juga dapat mengaplikasikan deodorant atau antiperspirant dan menyimpan kemasan kecil dalam tas untuk dibawa setiap hari. Beri sarung bantal dan seprai Anda wewangian juga dalam jumlah yang secukupnya.

5. Menjaga Pakaian Tetap Bersih

Tips menjaga badan tetap wangi juga perlu Anda lakukan dari pakaian yang dikenakan setiap harinya. Ganti semua pakaian Anda termasuk kaus, kemeja, pakaian dalam, kaus kaki dan bawahan setelah beraktivitas. Pakaian yang bersih akan membuat Anda tetap beraroma menyenangkan seharian. Ganti kaus kaki beberapa kali sehari jika kaki Anda banyak berkeringat, dan bawa pewangi khusus sepatu untuk mencegah bau kaki. Bersihkan juga sepatu Anda sebelum mulai terlihat kotor dan bau. Lakukan juga cara merawat kuku agar cantik dan bersih.

Bawalah satu set perlengkapan pribadi yang mungkin Anda butuhkan. Permen karet, mint, pencuci mulut, tisu basah, deodorant, parfum atau cologne, semprotan kaki dan juga baju ganti atau kaus kaki ekstra jika diperlukan. Simpan dalam kantung kecil dan taruh di dalam ransel, mobil, atau laci meja kerja Anda. Ketika dibutuhkan, Anda dapat menyegarkan diri dalam waktu singkat menggunakan perlengkapan tersebut. Perlu diperhatikan jika Anda sudah melakukan berbagai cara untuk menjaga kebersihan dan tips menjaga badan tetap wangi namun masih mengalami berbagai bau tidak sedap atau keringat berlebih. Waspadai bahwa kondisi tersebut memerlukan bantuan medis profesional, karena keringat berlebih atau bau badan yang berlebih bisa saja menjadi tanda akan adanya gejala penyakit tertentu yang tidak normal pada tubuh Anda.