6 Cara Membersihkan Maskara Dengan Efektif

Wanita menyukai maskara sebagai sarana untuk membantu bulu matanya tampak semakin menakjubkan, cara agar bulu mata lentik dan dapat membingkai mata dengan indah. Maskara yang juga dapat menjadi cara melentikkan bulu mata bawah terbuat dari emulsi air, pigment, minyak dan wax sehingga bisa menjadi sulit dibersihkan, terutama yang berlabel waterproof. Membersihkan make up khususnya yang memiliki formula waterproof bisa saja menjadi hal yang tidak sederhana. Banyak wanita yang menganggap proses membersihkan maskara adalah suatu kegiatan yang sangat merepotkan. Kegiatan menggosok, menyeka, dan lainnya yang memakan waktu lama menjadi membosankan sehingga banyak yang memilih langsung tidur tanpa membersihkan maskara di matanya.

Anda bisa melakukan pembersihan dengan agresif menggunakan kapas, pembersih make up, atau scrub. Akan tetapi cara tersebut akan mendatangkan resiko keriput prematur karena kulit di sekitar mata sangat sensitif dan harus diperlakukan dengan perawatan yang paling optimal. Selain itu, bulu mata Anda juga bisa mengalami kerontokan. Tanpa cara membersihkan maskara yang tepat, resiko tersebut bisa terjadi dan memilih tidur dengan maskara masih menempel adalah suatu larangan keras di dunia kecantikan. Itu sebabnya memilih pembersih dan teknik yang tepat akan sangat membantu ketika tiba waktunya melakukan cara membersihkan maskara dari mata Anda.

1. Pembersih Make Up Mata

Cara membersihkan maskara ini tentunya sudah sangat umum dilakukan dan menjadi cara yang sangat ideal. Gunakan pembersih yang telah diuji secara oftalmologis, hipoalergenik dan berkualitas tinggi. Pemilihan produk pembersih make up untuk mata sangat penting karena mata Anda adalah organ yang paling sensitif. Perhatikan juga akan perbedaan make up remover dan milk cleanser.

  • Siapkan pembersih make up mata yang biasa Anda gunakan dan kapas.
  • Tuangkan pembersih secukupnya pada kapas.
  • Tutup kelopak mata dan tempelkan kapas pada bagian atas bulu mata selama beberapa detik.
  • Usap kapas perlahan ke arah bawah menuju ke ujung bulu mata.
  • Ulangi proses ini sampai jejak maskara telah bersih tuntas.

2. Micellar Water

Jika Anda memiliki kulit yang kering dan sensitif, cara kerja micellar water bisa menjadi solusi yang berguna. Produk ini dapat digunakan di area sekitar mata dan pada bulu mata dengan cara yang sangat lembut. Fungsinya untuk memecah formula pada maskara, dan jenis yang digunakan untuk cara membersihkan maskara adalah micellar water yang mengandung minyak. Ketahui juga mengenai perbedaan make up remover dan  micellar water, perbedaan micellar water dan milk cleanser, juga perbedaan micellar water dan toner.

  • Siapkan micellar water infused oil dan kapas.
  • Aplikasikan micellar water pada kapas secukupnya saja.
  • Tutup mata dan tempelkan kapas pada bagian atas bulu mata selama sekitar 10 detik.
  • Usap ke bawah ke arah bulu mata.
  • Ulangi proses ini menggunakan kapas baru sampai maskara bersih dari bulu mata.
  • Usahakan untuk menggunakan produk hipoalergenik yang berkualitas. Pastikan Anda menggunakan merk yang sudah dikenal ketika memilih micellar water.

3. Minyak Kelapa atau Zaitun

Ini adalah cara membersihkan maskara paling efektif karena tidak perlu membersihkannya dengan menggosok area mata.

  • Siapkan virgin coconut oil atau olive oil cold pressed dan kapas.
  • Tuangkan sedikit minyak pada kapas.
  • Tempatkan kapas pada kelopak mata selama beberapa detik.
  • Usap dengan lembut ke arah bawah tanpa menggosok atau menarik.
  • Ulangi proses ini sampai formula maskara terurai dan tidak ada sisa pada bulu mata Anda.
  • Anda bisa menggunakan lap basah untuk membersihkan sisa minyak di sekitar mata.
  • Gunakan minyak sedikit saja agar tidak meleleh dan masuk ke mata. Segera bilas dengan air jika mata terkena minyak.

4. Minyak Jojoba

Anda bisa menggunakan minyak Jojoba untuk cara membersihkan maskara jika memiliki kulit yang sensitif atau rentan berjerawat. Jojoba sebenarnya adalah wax cair dari tanaman dan bukan minyak namun sangat membantu untuk kulit berminyak. Jojoba juga bersifat non comedogenic dan tidak menimbulkan alergi atau iritasi pada mata seperti jenis minyak lain.

  • Tuangkan minyak jojoba secukupnya pada kapas make up.
  • Tempelkan kapas selama beberapa detik pada kelopak mata yang tertutup.
  • Usap dengan lembut ke arah bawah hingga ke ujung bulu mata.
  • Ulangi sampai bulu mata Anda bersih.

5. Minyak Alpukat

Minyak ini adalah salah satu yang paling melembapkan dan mudah larut  serta mudah menembus make up. Carilah minyak alpukat yang tersimpan dalam wadah berwarna karena dapat melindungi kualitas produk itu sendiri. Cara membersihkan maskara dengan minyak alpukat sama dengan metode yang digunakan pada jenis – jenis minyak lainnya yang sudah dibahas di atas.

6. Baby Shampoo

Cobalah cara membersihkan maskara jika Anda kehabisan pilihan dengan sampo bayi. Paling baik untuk tetap menggunakan make up remover  yang dibuat khusus untuk mata, tetapi sampo bayi bisa menjadi alternatif ketika Anda kehabisan pembersih mata khusus. Gunakan sampo bayi bebas bahan kimia dan bebas pewangi dengan formula “no tears” .

Melakukan cara membersihkan maskara yang benar bukanlah langkah terakhir atau satu – satunya dalam memelihara kecantikan wanita. Pilih cleanser yang cocok untuk jenis kulit Anda dan pijat perlahan di wajah. Gunakan air hangat dan spons atau kain halus untuk menyeka kotoran dari wajah. Membersihkan wajah juga akan menjadi cara untuk menghilangkan sisa – sisa apapun  dari pembersih  yang tidak disukai, sedangkan wajah akan tampak berseri dan bersih . Keringkan area mata dengan handuk yang lembut.