Perbedaan Micellar Water dan Milk Cleanser

Industri kecantikan saat ini terus mengalami perkembangan yang pesat dimana hampir setiap hari selalu hadir berbagai rangkaian produk kecantikan khususnya untuk area wajah. Salah satu yang juga tengah digandrungi para wanita adalah micellar water untuk membersihkan area wajah dari sisa kotoran debu dan juga make up yang menempel pada wajah. Untuk pemakaiannya sendiri, micellar water biasanya akan dipakai sebelum mencuci wajah dengan sabun pembersih atau face wash dan air. Sebenarnya langkah pembersih wajah sebelum membilasnya memakai air sudah dilakukan sejak dulu yang saat ini lebih dikenal dengan sebutan micellar water. Lalu, apa saja sebenarnya perbedaan micellar water dan milk cleanser yang sebenarnya sama sama berguna untuk membersihkan kulit wajah?.

  1. Lebih Praktis

Jika dibandingkan dengan pemakaian milk cleanser atau susu pembersih seperti manfaat Viva milk cleanser lemon yang harus dilanjutkan memakai toner alias dua tahapan ini, tentunya penggunaan micellar water terbilang lebih praktis karena hanya butuh satu tahapan saja. Micellar water memang berfungsi untuk mengangkat dan membersihkan namun tidak menghilangkan lemak pada kulit. Untuk itu agar lebih efektif, maka disarankan untuk mengkombinasikan penggunaan micellar water dengan pemakaian gentle face wash serta air. Sedangkan tingkat keefektifan antara micellar water dengan milk cleanser sebenarnya tergantung dari tipe kulit.

  1. Perbedaan Jenis Kulit

Penggunaan micellar water menjadi satu langkah membersihkan wajah sebelum dilanjutkan dengan mencuci wajah. Namun penggunaan micellar water ini lebih cocok digunakan untuk jenis kulit wajah berminyak dan berjerawat. Sedangkan untuk kulit normal dan kering, disarankan memakai toner dan milk cleanser atau susu pembersih namun gunakan toner yang bebas dari alkohol seperti perbedaan make up remover dan micellar water.

  1. Faktor Keamanan

Jika dibandingkan dengan pembersih wajah berbasis alkohol seperti yang terkandung dalam toner sesudah milk cleanser, micellar water terbilang lebih aman karena tidak menghilangkan pelembab alami dari permukaan kulit wajah yang bahkan juga dikatakan bisa melembabkan area wajah anda.

  1. Tidak Membuat Wajah Berminyak

Micellar water merupakan air dengan micelle yakni partikel minyak dengan ukuran mikroskopis atau ultra kecil yang disatukan bersama dengan air. Micelle ini berguna untuk membersihkan ketika bereaksi dengan benda seperti debu, kotoran dan sisa make up pada wajah sehingga akan diangkat lebih sempurna. Partikel micelle yang tertinggal pada kulit wajah akan melembabkan kulit sekaligus melembutkan tanpa menyebabkan wajah terasa berminyak yang hasilnya berbeda jika menggunakan milk cleanser seperti manfaat Viva milk cleanser lemon dengan hasil wajah terlihat lebih berminyak.

  1. Perbedaan Cara Membersihkan

Meski micellar water terbilang lebih praktis dan juga harganya yang sangat terjangkau, namun perlu diketahui jika micellar water tidak bisa dipakai untuk membersihkan seluruh kotoran pada wajah. Meski menggunakan bahan dasar air, namun akan banyak kapas dan micellar water yang dibutuhkan untuk membersihkan make up tebal sehingga pembersihan wajah tidak maksimal sekaligus bisa menyumbat kelenjar minyak dan kemerahan. Jika anda ingin menghapus make up waterproof, sebaiknya pakai milk cleanser serta toner yang bisa dengan mudah mengangkat kotoran dan sisa make up. Milk cleanser juga lebih cocok digunakan untuk kuli kering karena bisa menghidrasi sekaligus melembabkan kulit sehingga menjadi salah satu produk perawatan wajah berminyak.

  1. Perbedaan Harga

Jika menggunakan milk cleanser yang kemudian diteruskan bersama dengan toner, maka tentunya membutuhkan biaya yang lebih besar. Sedangkan micellar water hanya ada dalam satu kemasan saja sehingga cukup praktis dan harganya sendiri juga lebih terjangkau.

Meski sama sama bisa digunakan untuk membersihkan debu, kotoran dan juga sisa make up di wajah, namun tetap ada beberapa perbedaan micellar water dan milk cleanser baik dari cara penggunaan, perbedaan jenis kulit dan juga dari segi harga. Sedangkan untuk mana produk yang paling bagus tergantung dari masing masing penggunanya.