6 Cara Membersihkan Wajah Menurut Islam Sesuai Syariah Paling Mudah

Apabila berbicara mengenai perawatan kulit wajah, yang ada di pikiran pertama kali pasti perawatan dengan menggunakan sepaket produk skincare yang jumlahnya tidak hanya satu atau dua saja. Selain menggunakan produk skincare yang banyak, ada cara lain untuk membersihkan wajah yang lebih mudah dan lebih sederhana untuk dilakukan. Dengan melakukan berbagai perilaku positif dan selalu menjauhkan diri dari prasangka yang buruk, merupakan salah satu cara membersihkan wajah menurut Islam yang sangat alami. Anda tidak hanya akan terlihat cantik dari luar saja, namun juga cantik dari dalam yang mana jauh lebih baik. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan dan merawat wajah menurut pandangan Islam, antara lain:

1. Dengan wudhu

Wudhu merupakan salah satu tips untuk membersihkan wajah yang sangat manjur. Wudhu adalah hal yang wajib dilakukan sebelum melakukan shalat, dan disarankan berwudhu untuk menyempurnakan niat sebelum melakukan aktivitas lainnya. Air wudhu tidak hanya membersihkan diri dari kotoran dari wajah hingga kaki, namun juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kulit hitam dan membuat wajah menjadi lebih segar serta bersih berseri.

2. Dengan madu

Dalam Islam, banyak sekali khasiat madu yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah berbagai penyakit. Selain itu, madu juga dapat digunakan untuk membersihkan kulit. Manfaat madu untuk wajah dapat digunakan sendiri atau dengan mencampurnya dengan bahan lain. Madu dapat digunakan sendiri untuk masker wajah atau dicampur dengan gula pasir untuk digunakan sebagai scrub wajah.

3. Dengan minyak zaitun

Minyak zaitun juga disebutkan dapat berkhasiat yang sangat baik untuk manusia, termasuk untuk membersihkan kulit wajah. Selain akan membuat wajah menjadi lebih lembab, minyak zaitun dapat membuat mengatasi tumpukan sel kulit mati yang menjadi penyebab wajah kusam tak bercahaya. Menggunakan minyak zaitun untuk perawatan tidak hanya dioles di wajah saja, tapi juga dapat dikonsumsi untuk mendapatkan manfaatnya dari dalam.

4. Dengan membaca Al Quran

Membaca Al Quran selain menjadi ladang pahala, juga dapat digunakan sebagai cara membersihkan wajah menurut Islam. Dengan mengaji, wajah akan senantiasa lebih bercahaya dengan alami tanpa efek samping dari penggunaan bahan kimia. Nah, sebelum mengaji sangat dianjurkan untuk mensucikan diri terlebih dahulu dengan berwudhu.

5. Dengan menjaga pola makan

Selain menjaga tubuh agar tetap sehat, dengan menjaga pola makan juga dapat digunakan sebagai cara merawat kulit dari dalam. Rasulullah mengajarkan untuk makan secukupnya saja dan dianjurkan untuk berhenti makan sebelum kenyang. Ruangan perut yang ideal digunakan untuk 1/3 udara, 1/3 air dan 1/3 makanan. Usahakan untuk mengkonsumsi yang bernutrisi dan bergizi seimbang, karena Anda adalah cerminan dari apa yang Anda makan.

6. Dengan bersyukur dan sabar

Berpikiran positif, selalu bersyukur dan sabar saat menghadapi masalah juga dapat bermanfaat untuk membersihkan wajah dengan alami. Pikiran yang sehat dan tenang tentunya akan membuat kehidupan menjadi lebih stabil dan lebih bahagia. Dengan berbahagia dapat mencegah stress dan digunakan sebagai cara mencegah penuaan dini kulit dan wajah, sehingga wajah akan tampak lebih awet muda dan berseri.

Selain dapat menjadi cara membersihkan wajah menurut Islam di atas, cara-cara di atas dapat menjaga kesehatan jasmani maupun rohani. Dengan bahagia, dapat membuat wajah tampak lebih berseri dan tampak lebih muda. Semoga bermanfaat.