4 Cara Membuat Masker Bedak Marcks yang Mudah

Bedak marcks dikenal sebagai salah satu produk bedak tabur legendaris sejak zaman dulu hingga sekarang dan masih banyak digunakan oleh para wanita karena harganya yang terjangkau. Walaupun tidak mahal, kualitas bedak ini tidak perlu diragukan lagi. Bedak marcks bisa digunakan untuk semua jenis kulit, untuk remaja hingga wanita dewasa dan sangat aman hingga jarang terdengar ada yang mengalami efek samping dari penggunaannya. Saat ini para beauty influencer kerap menggunakan manfaat bedak marcks ini dalam tahap akhir make upnya untuk membuat riasan tahan lama dan mencegah minyak di wajah.

Kini bedak marcks juga memiliki varian bedak padat selain bedak tabur yang sudah lama eksis. Karena keunggulan – keunggulan yang dimilikinya, bedak marcks juga digunakan sebagai bahan dalam pembuatan masker wajah. Menggunakan masker wajah instan memang sangat praktis dan mudah, namun tidak semua orang bisa cocok dengan metode tersebut. Membuat masker wajah dengan bahan bedak tabur marcks diharapkan bisa memberikan hasil yang maksimal pada wajah tanpa efek samping yang merugikan.

Mengenai Bedak Marcks

Bedak Marcks sering direkomendasikan oleh para dokter kecantikan untuk digunakan wanita yang kulitnya bermasalah dengan jerawat. Kandungan bahan dalam bedak marcks antara lain yaitu talk, tepung jagung, zinc oxide yang merupakan anti sinar ultraviolet, zinc strearate, pewangi, Salicylic acid yang anti iritasi, serta pewarna yang aman bagi kulit. Ada lima shade warna bedak marcks, antara lain creme, rose, white, invisible, dan natural. Produsen bedak Marcks adalah Kimia Farma, telah mendapatkan sertifikat halal MUI dan juga terdaftar di BPOM. Manfaat bedak marcks diantaranya bisa menjadi trik untuk mempertahankan bulu mata tetap lentik dalam waktu lama, membuat penampilan lipstik menjadi matte dan tahan lama, dapat mengatasi rambut yang berminyak, berfungsi sebagai deodoran, dan terakhir bisa digunakan sebagai masker wajah.

Membuat Masker Dari Bedak Marcks

Cara memakai bedak tabur agar tahan lama tidak hanya digunakan sebagai pelengkap make up, namun juga untuk masker wajah. Bagi Anda yang ingin mencoba memakai masker bedak marcks, berikut ini cara membuat masker bedak marcks yang terdiri dari beberapa variasi dan kombinasi dengan campuran bahan alami lainnya:

1. Bedak Marcks, Lemon dan Madu

Masker bedak marcks untuk mengatasi masalah jerawat ini memanfaatkan kandungan vitamin C dalam lemon yang berfungsi sebagai antioksidan serta membantu penyembuhan. Berhati – hatilah dengan efek samping lemon untuk wajah apabila digunakan secara berlebihan atau terlalu sering dalam jumlah yang banyak.

  • Siapkan bedak tabur marcks jenis klasik sebanyak satu sendok makan, yogurt tawar satu sendok makan, satu sendok teh madu, sari lemon sebanyak satu sendok teh dan seperempat pisang yang dihaluskan.
  • Campur semua bahan sampai merata.
  • Oleskan masker pada wajah lalu biarkan 10-15 menit.
  • Bilas dengan air hangat, lakukan perawatan sebanyak 3 kali seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Bedak Marcks dan Mentimun

Manfaat mentimun untuk wajah bisa dikombinasikan dengan bedak marcks tabur. Campuran bedak marcks dan mentimun bisa membuat kulit wajah menjadi halus. Kandungan nutrisi dalam mentimun akan membantu menghilangkan noda dan mencerahkan kulit wajah.

  • Siapkan satu bedak tabur marcks jenis klasik sebayak satu sendok makan, mentimun satu buah dan satu sendok teh madu.
  • Campur semua bahan dalam mangkok sampai merata.
  • Aplikasikan masker ke seluruh bagian wajah lalu diamkan selama 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat sampai bersih.

3. Bedak Marcks, Alpukat dan Minyak Zaitun

Kulit yang awet muda dan kencang akan Anda dapatkan dengan cara membuat masker bedak marcks yang dikombinasikan dengan manfaat alpukat untuk kulit dan minyak zaitun. Anda perlu berhati – hati pada efek samping masker alpukat untuk wajah yang bisa terjadi apabila digunakan tidak sesuai petunjuk pemakaian.

  • Siapkan bedak tabur marcks tipe klasik sebanyak satu sendok makan, setengah buah alpukat yang dihaluskan, dan satu sendok makan minyak zaitun.
  • Campur semua bahan lalu aduk sampai rata dan halus tanpa menggumpal.
  • Aplikasikan pada wajah dan tunggu sampai selama 15 menit.
  • Bersihkan masker dengan membilasnya menggunakan air hangat.
  • Perawatan ini perlu dilakukan secara rutin agar kulit lebih kencang dan awet muda.

4. Bedak Marcks dan Air Mawar

Kombinasi cara membuat masker bedak marcks dengan manfaat air mawar viva untuk wajah akan menghasilkan masker yang bisa membebaskan wajah dari berbagai masalah seperti jerawat, bruntusan, sumbatan pori – pori, mencerahkan wajah dan mengurangi minyak.

  • Siapkan empat sendok spatula kecil bedak marcks klasik (sesuaikan kadarnya dengan kebutuhan wajah Anda) dan tambahkan delapan tetes air mawar.
  • Aduk campuran sampai rata lalu oleskan pada keseluruhan wajah kecuali mata dan mulut serta hidung.
  • Diamkan sekitar 20 menit atau sampai masker mengeras dan menjadi berwarna putih.
  • Bersihkan masker dengan menggunakan waslap basah.
  • Anda bisa melakukan perawatan ini dua kali dalam semnggu.

Ketika mencoba cara membuat masker bedak marcks ini, Anda perlu melakukannya dengan berhati – hati. Kandungan salicylic acid di dalam formula bedak memang sangat baik untuk mengatasi jerawat, namun berpotensi menghilangkan kelembaban pada kulit wajah. Akibatnya, kulit wajah akan menjadi kering. Untuk itu, setelah menggunakan masker sebaiknya gunakan juga pelembab wajah pada keseharian Anda untuk mencegah wajah menjadi kering dan bersisik. Selain itu, resiko menghirup partikel bedak tabur juga perlu diperhatikan oleh Anda, karena terdapat juga kandungan bubuk talk pada bedak tabur yang beresiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan jika terhirup dalam jumlah banyak dan dalam jangka panjang. Misalnya, resiko gangguan pernapasan serta kanker seperti pada efek samping masker bedak bayi yang juga terbuat dari bahan dasar bedak tabur bayi.