5 Cara Membuat Masker Tomat dan Madu Untuk Memutihkan Wajah

Tomat dan madu adalah beberapa bahan alami yang dipercaya ampuh untuk merawat dan memutihkan kulit wajah. Sehingga banyak sekali masker alami yang memanfaatkan khasiatnya dan menggunakannya sebagai bahan dasar pembuatan masker. Sebelum dibahas lebih lanjut mengenai cara membuat masker tomat dan madu, perlu diketahui manfaat kombinasi keduanya untuk kulit wajah, antara lain:

  • Ampuh sebagai cara memutihkan wajah paling alami.
  • Memperlambat dan membantu mengatasi tanda penuaan dini.
  • Memudarkan bekas jerawat dan bekas luka
  • Mencegah timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya.
  • Melembabkan dan mengencangkan kulit wajah.

Kombinasi kedua bahan ini kaya akan kandungan antioksidan, vitamin C dan A, lycopene, antibakteri dan lain sebagainya. Dengan kandungan tersebut sudah tidak diragukan lagi bahwa beberapa manfaat di atas bisa diperoleh dengan rutin memakai masker tomat dan madu sebagai cara merawat kulit agar tetap sehat dan bersih. Nah, bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat masker adalah:

  • 1 buah tomat yang sudah merah, cuci sampai bersih.
  • 1 sendok makan madu.

Setelah bahan yang akan digunakan siap, selanjutnya adalah langkah atau cara membuat masker tomat dan madu yang bisa dipraktekkan seperti berikut ini:

1. Mencampurkan kedua bahan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menghancurkan buah tomat sampai lembut, bisa dengan ditumbuk atau di blender sampai halus untuk mempermudah pengaplikasian. Selanjutnya masukkan tomat yang telah halus dalam wadah bersih, kemudian masukkan madu ke dalamnya.

2. Mengaduk bahan sampai tercampur

Setelah kedua bahan disatukan, aduk campuran sampai benar-benar tercampur rata. Selain dicampur dalam wadah baru, memasukkan madu langsung dalam blender bersamaan dengan tomat juga bisa dilakukan menjadi cara membuat masker tomat dan madu.

3. Mengaplikasikan masker di wajah

Hasil akhir masker memiliki tekstur yang kental seperti saus, jika sudah siap masker bisa diaplikasikan langsung ke wajah secara merata. Untuk mengaplikasikan masker disarankan menggunakan kuas, karena jika menggunakan jari biasanya masker akan mengalir ke jari tangan dan belepotan.

4. Mendiamkan masker semalaman

Masker ini bisa didiamkan dengan dua cara, yaitu seperti biasa didiamkan sekitar 20-30 menit dan dengan cara didiamkan semalaman alias dibawa tidur. Cara kedua dipercaya sangat ampuh untuk memutihkan wajah dalam waktu yan cukup singkat.

5. Membilas wajah dengan air hangat

Lagkah terakhir adalah membilas masker sampai bersih, disarankan untuk menggunakan air hangat kuku. Setelah dibersihkan dapat dibandingkan kulit wajah akan terasa lebih kenyal dan cerah bercahaya dibandingkan sebelum memakai masker. Masker ini dapat digunakan 2-3 kali dalam seminggu untuk memperoleh kulit yang cerah maksimal.

Masker tomat dan madu ini berguna menjadi masker alami yang bisa bikin wajah glowing dengan cepat, kuncinya dengan menggunakannya secara telaten dan teratur. Masker ini juga dapat dikombinasikan dengan bahan lain untuk menambah fungsi atau khasiatnya. Beberapa bahan lain yang bisa dicampurkan dalam masker tomat dan madu antara lain:

  • Gula pasir, yang membuat masker ini dapat berfungsi ganda sebagai scrub wajah yang ampuh untuk mengangkat sel kulit mati.
  • Oatmeal, yang juga dapat berperan sebagai agen ekfoliasi yang lembut sebagai cara merawat kulit sensitif pada pria dan wanita.
  • Bahan lain seperti lemon, daun teh hijau dan lain sebagainya.

Demikian informasi mengenai beberapa cara membuat masker tomat dan madu untuk memutihkan kulit wajah, semoga bermanfaat.