10 Cara Mengatasi Kulit Kusam dan Keriput Secara Alami

Penampilan wajah yang kusam dan keriput akan membuat wajah terlihat lebih tua dan tidak menarik. Penyebab wajah kusam yang disertai keriput disebabakan karena kurangnya nutrisi yang diterima kulit. Ada banyak cara mengatasi kulit kusam dan keriput yang bisa dicoba. Anda bisa datang ke dokter kulit atau merawat sendiri dengan menggunakan bahan alami. Jika dilihat dari efeknya, perawatan dengan bahan alami lebih aman karena tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kulit. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat kulit yang kusam dan keriput:

1. Madu

Manfaat madu untuk wajah memang tidak diragukan lagi. Madu akan mengatasi kulit yang kusam dan berkeriput, dengan melembabkan kulit wajah dan meluruhkan sel kulit mati yang menempel pada kulit wajah. Gunakan sebagai masker secara rutin untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cerah.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat menghilangkan kulit kusam dan keriput, dengan kemampuannya melembabkan kulit dan menyamarkan keriput. Gunakan minyak zaitun sebagai pelembab alami secara rutin untuk mendapatkan kulit yang lebih lembab dan ternutrisi.

3. Minyak VCO

Tidak hanya menyehatkan badan, VCO juga dapat digunakan sebagai cara mencegah penuaan dini. Kulit akan membantu regenerasi kulit dengan meluruhkan sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit yang sehat. Dengan begitu, kulit wajah yang kusam dan berkeriput dapat teratasi.

4. Tomat

Untuk mengatasi kulit yang kusam dan keriput, tomat dapat digunakan sebagai masker atau dimakan begitu saja untuk memperbaiki kulit dari dalam. Masker tomat digunakan dengan cara mengoleskan tomat yang sudah dihancurkan, pada permukaan wajah secara merata. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air.

5. Pisang

Manfaat pisang untuk kulit dengan menggunakannya sebagai masker, dapat mengatasi kulit wajah kering dan berkeriput. Caranya adalah dengan menghancurkan pisang hingga lembut, lalu aplikasikan pada wajah secara merata. Diamkan sekitar 20 menit, kemudian bilas dengan air.

6. Pepaya

Pepaya biasanya dimanfaatkan untuk mencerahkan dan memutihkan kulit wajah. Selain itu, pepaya juga dapat menutrisi kulit dengan menggunakannya sebagai masker. Masker pepaya dapat mengatasi tanda penuaan dini seperti keriput dan mengatasi kulit wajah yang kusam.

7. Apel

Apel dapat digunakan untuk perawatan kulit wajah dengan sari cuka apel atau dengan membuat masker buah apel. Masker apel dapat dibuat dengan cara menghancurkan apel lalu mencampurnya dengan sedikit madu. Oleskan merata pada kulit wajah, diamkan sekitar 15-20 menit sebelum dibilas dengan air.

8. Lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami dengan segudang manfaat, termasuk dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit kusam dan keriput. Caranya dengan menggunakan gel pada daun lidah buaya, lalu mengoleskannya pada seluruh permukaan wajah. Biarkan sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air.

9. Susu bubuk

Manfaat susu untuk kulit dapat melembabkan dan mengatasi tanda penuaan dini kulit wajah. Caranya adalah mencampur susu bubuk dengan air hingga menjadi pasta. Gunakan sebagai masker dengan mengoleskannya pada kulit wajah secara merata. Diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air.

10. Kacang kedelai

Kacang kedelai mengandung antioksida dan isoflavon yang bisa menutrisi kulit dan mengatasi tanda penuaan dini pada kulit wajah. Caranya adalah dengan mengkonsumsi bahan makanan dari kedelai atau mengkonsumsi susu kedelai secara rutin.

Nah, banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai cara mengatasi kulit kusam dan keriput. Pastinya lebih aman dan tanpa efek samping yang membahayakan. Selamat mencoba!