5 Cara Merawat Wajah dengan Jeruk Nipis Secara Alami

Jeruk nipis, selain digunakan untuk memasak dan membuat minuman segar juga dipercaya bisa mengatasi berbagai permasalahan kulit. Cara merawat wajah dengan jeruk nipis adalah perawatan wajah alami yang telah digunakan sejak dulu. Manfaat buah jeruk nipis untuk wajah adalah karena khasiat kandungannya, antara lain:

  • Vitamin C
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Fosfor
  • Mineral
  • Asam Sitrat
  • Minyak Atsiri
  • Alpha Hydroxy Acids (AHA)

Dari beberapa kandungan jeruk nipis di atas, pasti ada beberapa kandungan yang sudah akrab dengan telinga dan sering muncul di komposisi skincare yang Anda gunakan. Nah, beberapa manfaat jeruk nipis untuk kulit wajah antara lain:

  1. Mengatasi permasalahan jerawat dan bekasnya
  2. Mencerahkan kulit wajah
  3. Mencegah minyak berlebih pada wajah
  4. Mengatasi kulit wajah yang kering dan kusam
  5. Menangkal radikal bebas
  6. Memutihkan kulit wajah
  7. Mengatasi tanda penuaan pada kulit wajah

Cara menggunakan jeruk nipis untuk membersihkan wajah

Jeruk nipis untuk kecantikan kulit wajah dapat digunakan sebagai masker dengan memanfaatkan air perasannya. Masker jeruk nipis dapat dibuat dengan sangat mudah, dapat digunakan begitu saja atau dicampur dengan bahan alami lainnya. Beberapa cara membuat masker jeruk nipis untuk wajah antara lain adalah:

1. Masker jeruk nipis

Masker ini adalah cara merawat wajah dengan jeruk nipis paling cepat dan simpel pembuatannya, karena hanya menggunakan air perasannya saja. Caranya adalah dengan mencelupkan kapas bersih ke dalam air perasan jeruk nipis dan dioleskan ke seluruh permukaan wajah. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air.

2. Masker jeruk nipis dan putih telur

Putih telur dikenal sebagai salah satu bahan alami yang digunakan sebagai cara memutihkan wajah secara alami. Jika khasiat putih telur dengan jeruk nipis digabungkan, maka Anda akan mendapatkan wajah yang putih glowing secara alami. Caranya adalah dengan mencampurkan putih telur ke dalam air perasan jeruk nipis, lalu oleskan pada kulit wajah secara merata. Biarkan sampai masker mengering, lalu bilas dengan air hangat.

3. Masker jeruk nipis dan minyak zaitun

Khasiat minyak zaitun untuk kecantikan sudah tidak diragukan lagi. Campurkan minyak zaitun ke dalam perasan jeruk nipis, lalu oleskan campuran tersebut ke seluruh permukaan kulit wajah. Biarkan sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Anda akan mendapatkan kulit yang bersih dan terasa lembab, bahkan setelah pemakaian pertama.

4. Masker jeruk nipis dan susu bubuk

Paduan dua bahan alami ini akan mengatasi segala penyebab wajah kusam tak bercahaya dengan cepat dan mudah. Caranya adalah dengan mencampur susu bubuk ke dalam air perasan jeruk nipis. Oleskan masker ini ke seluruh wajah secara merata, diamkan sekitar 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Wajah akan terasa lebih segar dan tampak lebih cerah setelah pemakaian.

5. Masker jeruk nipis dan madu

Cara merawat wajah dengan jeruk nipis juga dapat dengan mencampur air perasannya dengan madu. Setelah tercampur rata oleskan merata pada kulit wajah, lalu biarkan selama kurang lebih 20 menit sebelum dibilas dengan air. Masker ini selain dapat mencerahkan dan melembabkan kulit wajah, juga dapat mengecilkan pori-pori wajah.

Walaupun jeruk nipis adalah bahan yang alami, namun untuk menggunakannya sebagai masker juga ada aturannya. Terdapat efek memakai masker jeruk nipis setiap hari pada kulit wajah. Sehingga gunakan seperlunya saja atau setidaknya 1-2 kali dalam seminggu supaya hasilnya maksimal. Selamat mencoba!