15 Cara Mengecilkan Pori Pori di Pipi Paling Mudah Dilakukan

Memiliki kulit yang mulus dan halus menjadi dambaan tiap wanita, namun sayangnya tidak semua wanita memiliki kulit yang bagus dan terawat. Memiliki kulit yang halus mulus perlu perawatan yang extra, apalagi jika kulit kita bermasalah seperti memiliki kulit pipi yang pori-porinya besar.

Wajah yang memiliki pori-pori besar terutama di daerah pipi, tentu saja disamping terlihat kurang mulus, juga membuat kulit wajah berminyak dan cepat sekali kotor. Selain itu jika pori-pori pipi membesar, sisa-sisa make up juga akan tertinggal dan menimbulkan penyumbatan di kulit. Tahukah anda bahwa penumpukan kotoran di wajah terutama didaerah pipi, selain menimbulkan jerawat juga dapat menghambat pengeluaran racun dari dalam tubuh kita.

Cara simpel mengecilkan pori-pori pada kulit wajah terutama bagian pipi, yang pertama adalah dengan rutin membersihkan wajah, kemudian jaga kulit wajah dari terpaan sinar matahari berlebih, rawatlah kulit agar selalu bersih dan sehat, dan yang terpenting adalah gunakan produk pelembab kosmetik yang tepat dan sesuai jenis kulit.

Selain menjadikan beberapa kegiatan di atas menjadi suatu kebiasaan, cara mengecilkan pori-pori lainnya adalah dengan bahan alami. Agar lebih aman dari efek samping, gunakan sejumlah besar tumbuhan, buah-buahan serta sayuran yang juga ikut membantu dalam mengencangkan pori-pori.

So, kita simak 13 cara berikut untuk mengecilkan pori-pori di pipi dengan ramuan alami yaitu :

1. Putih Telur

Didalam putih telur mengandung Asam amino, yang manfaatnya membantu proses peremajaan kulit. Caranya oleskan putih telur pada seluruh wajah anda, lalu tutup wajah dengan tisu. Setelah putih telur kering dipipi, angkat tisu tersebut dan bilas wajah dengan air. Kemudian rasakan pori-pori anda bisa mengecil dan kulit wajah terasa kencang.

2. Es Batu

Bagi pemilik kulit wajah terutama pipi yang pori-porinya besar, Es Batu sering sekali digunakan untuk mengecilkan pori-pori yang membesar, karena akan merangsang sirkulasi darah sehingga menjadikan kulit kita lebih sehat. Sebelum menggunakan es batu, bersihkan wajah terlebih dahulu, lalu gosokkan es batu selama beberapa detik. Akan anda rasakan kulit terasa halus dan kencang, pori-pori pipi mengecil.

3. Uap

Kulit wajah terutama pori-pori pipi yang membesar juga bisa menggunakan uap hasil rebusan bahan-bahan alami, caranya posisikan wajah anda di atas wadah yang berisi uap air, rasakan kehagatan uap tersebut hingga wajah berkeringat. Cukup simpel kan?

4. Madu

Selain sebagai minuman kesehatan, ternyata Madu juga mengandung kalium tinggi yang dapat membantu membersihkan bakteri yang menyumbat pori-pori di pipi. Caranya oleskan madu pada bagian pipi, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

5. Baking Soda

Baking soda berfungsi untuk menghilangkan minyak berlebihan dan kotoran pada kulit kita. Camur 2 sendok makan baking soda dengan sedikit air, oleskan pasta pada wajah dan pijat wajah dengan gerakan melingkar. Setelah itu diamkan selama 5 menit, terakhir bilas wajah dengan air dingin.

6. Lemon

Lemon selama ini sudah dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Caranya peras buah lemon dan gunakan airnya pada wajah. Lalu pijat-pijat pipi anda selama beberapa menit. Supaya tidak lengket, bersihkan wajah dengan air hangat kemudian lanjutkan dengan air dingin.

7. Cuka Apel

Cuka apel atau sari apel, adalah bahan alami yang memiliki sifat anti-mikroba yang bersifat mengencangkan pori-pori dan menjaga keseimbangan keasaman kulit. sebelum dioleskan pada daerah pipi, campurkan terlebih dahulu cuka apel dan air dengan perbandingan 1:1, kemudian oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama kira-kira 10 menit kemudian setelah itu bersihkan dengan air.

8. Susu Mentah

Susu murni atau Susu mentah ternyata bisa menjadi pembersih alami kulit. Caranya bersihkan wajah terlebih dahulu, lalu oleskan susu mentah pada bagian pipi anda dengan menggunakan kapas. Lalu Pijat-pijat selama beberapa menit, terakhir  bilas wajah anda dengan air bersih.

9. Buah-buahan

Selain enak dikonsumsi untuk diet, buah juga bisa melembabkan kulit Anda, bahkan bisa juga mempertahankan cahaya kulit anda. Pijat wajah Anda dengan menggunakan bahan dari beberapa buah-buahan seperti pepaya, jeruk, strawberry, pisang, anggur, nanas, semangka, dan lain-lain Hal ini mengurangi pori-pori pipi yang membesar dan juga menghilangkan kulit mati.

10. Yoghurt

Ambil yoghurt kental lalu oleskan pada kulit pipi anda, kemudian diamkan 10 menit hingga lengket di wajah sebelum dibersihkan. Jika Anda memiliki kulit berminyak, siapkan pasta dari 1 putih telur (dibawa secara menyeluruh), 2 tablet aspirin (bubuk halus) dan 1 sendok teh yogurt. Biarkan selama 15-20 menit. Gunakan air dingin untuk membilas.

11. Campuran Air Mawar dan Jus Mentimun

Buat bahan Campuran dari beberapa tetes air mawar ke dalam jus mentimun, lalu oleskan pada wajah anda, lalu bilas setelah 15-20 menit. Cara perawatan ini bisa memperkecil pori-pori pipi yang terbuka.

12. Campuran Mentega dan Garam

Campurkan kedua bahan mentega dengan garam, hingga menjadi pasta dan oleskan di atas pori-pori pipi yang terbuka. Kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah itu, cuci wajah dengan air dingin.

13. Gula dan Minyak Zaitun

Ambil 2 sendok makan gula, tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun kemudian tambahkan lagi beberapa tetes jus lemon. Campur semua bahan hingga lembut, kemudian gosok di wajah Anda selama 20 sampai 30 detik. Bersihkan dengan air dingin. Untuk hasil yang lebih baik, gunakan ramuan ini sekali dalam seminggu.

14. Tawas

Ambil sejumput tawas lalu campurkan dengan air hangat. Lalu Oleskan larutan ini pada wajah ada secara perlahan-lahan, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu basuh wajah anda dengan air bersih.

15. Buttermilk

Sebelum dioleskan pada wajah anda, rendam bola kapas di buttermilk lalu oleskan pada hidung atau wajah untuk mengencangkan pori-pori yang terbuka.

Demikian cara untuk mengecilkan pori-pori pipi yang membesar dengan bahan-bahan alami yang mudah anda temui disekitar anda. Perawatan menggunakan bahan alami ini memang tidak langsung terlihat hasilnya, tetapi dengan ketelatenan dan kesabaran hasilnya akan terlihat dalam beberapa waktu. Namun cara alami ini aman untuk kulit, murah dan hasilnya maksimal.