3 Cara Menggunakan Air Mawar Sebagai Toner Pada Wajah

Kita seringkali disarankan untuk mengikuti metode membersihkan, toning dan melembapkan dalam rangkaian perawatan kulit untuk tetap menjaga kulit wajah tetap sehat serta bercahaya. Toning biasanya diabaikan tetapi sebenarnya merupakan langkah penting dalam perawatan kulit karena toner dapat menghilangkan minyak, kotoran dan debu dari kulit yang dilewatkan pembersih. Karena toner membantu dalam cara memakai air mawar seperti dalam manfaat air mawar viva untuk  pembersihan kulit secara menyeluruh sementara tetap mempertahankan tingkat keasaman kulit dengan baik.

Air mawar murni merupakan larutan yang lembut alami dan membantu dalam mempertahankan kadar keasaman atau PH kulit wajah. Air mawar juga memiliki manfaat astringent yang dapat membantu membersihkan pori – pori wajah dari minyak dan kotoran. Penggunaan teratur dari air mawar akan membuat kulit bebas dari kelebihan minyak dan membantu mencegah masalah seperti komedo hitam, komedo putih, jerawat. Menggunakan air mawar sebagai toner lebih baik daripada menggunakan toner berbahan kimia yang dapat membuat kulit menjadi kering.

Toner Air Mawar

Air mawar memiliki manfaat untuk menenangkan kulit dan bisa digunakan sebagai toner kulit alami. Aplikasikan air mawar pada wajah dan biarkan menempel pada pori – pori wajah Anda. Wajah akan terasa segar dan aroma mawar yang tertinggal akan menaikkan mood. Berikut ini adalah cara menggunakan air mawar sebagai toner.

1. Toner Air Mawar dan Saffron

Toner ini akan membantu mengontrol produksi minyak, menghilangkan kotoran sisa make up dan minyak yang mungkin saja masih tertinggal setelah wajah dibersihkan. Cara membuat air mawar sebagai toner ini membantu menyeimbangkan PH kulit wajah tanpa mengeringkan, menenangkan kulit wajah selagi memperbaiki teksturnya dan juga menambahkan sedikit cahaya pada wajah.

  • Siapkan beberapa helai saffron, setengah cup air mawar, botol untuk menyimpan, kapas dan pelembap yang biasa Anda gunakan.
  • Rendam saffron dalam air mawar sampai warna air mawar berubah karena saffron tersebut.
  • Tuangkan campuran ke botol dan kocok hingga tercampur rata.
  • Bersihkan kulit wajah Anda lebih dulu seperti biasanya.
  • Gunakan kapas untuk membubuhkannya ke kulit wajah.
  • Biarkan mengering dan bubuhkan pelembap pada wajah.
  • Anda bisa melakukan cara menggunakan air mawar sebagai toner ini sebanyak 1 – 2 kali sehari.

2. Toner Air Mawar Murni

Air mawar memiliki manfaat astringent ringan yang dapat mengecilkan pori – pori wajah sekaligus juga dapat menghilangkan kotoran, sisa make up dan debu dari kulit wajah. Cara menggunakan air mawar sebelum make up ini akan membuat wajah siap untuk hidrasi optimal. Kalau kulit Anda kering, tambahkan 5 ml gliserin pada setiap 30 ml air mawar. Untuk kulit kombinasi, tambahkan 5 ml gliserin dan 5 ml cuka apel masing – masing setiap 30 ml air mawar. Untuk kulit berminyak, campurkan 5 ml cuka apel setiap 50 ml air mawar. Anda juga dapat melakukan cara membuat spray wajah dari air mawar.

  • Siapkan air mawar murni secukupnya serta kapas.
  • Tuangkan air mawar ke kapas untuk cara menggunakan air mawar sebelum make up.
  • Bubuhkan air mawar menggunakan kapas pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya.
  • Biarkan air mawar mengering di wajah dan mulai make up Anda dengan urutan seperti biasanya.
  • Anda bisa melakukan cara menggunakan air mawar sebagai toner ini 1 – 2 kali dalam sehari.
  • Air mawar murni bisa digunakan dalam cara memakai masker spirulina dengan air mawar.

3. Toner Air Mawar dan Cuka Apel

Campuran ini sangat baik untuk kulit berminyak. Tidak hanya membantu keseimbangan untuk level PH pada kulit, tetapi juga membantu membersihkan kotoran dan sisa make up serta minyak selagi mengontrol produksi minyak. Cuka apel juga merupakan sumber antioksidan yang kaya dan bisa membantu mencegah kerusakan kulit.

  • Siapkan satu sendok makan cuka apel, setengah cup air mawar, kapas dan pelembap wajah Anda.
  • Encerkan cuka apel dengan air mawar, tuang ke dalam botol dan kocok sampai rata.
  • Bersihkan wajah Anda lebih dulu.
  • Basahi kapas dengan larutan tersebut.
  • Mulailah menepuk – nepuk kapas pada wajah Anda.
  • Biarkan mengering dan gunakan pelembap seperti biasa.
  • Cara menggunakan air mawar sebagai toner ini bisa Anda lakukan satu hingga dua kali dalam sehari setelah Anda membersihkan wajah.

Tips Memakai Face Toner

Cara menggunakan air mawar sebagai toner yang benar untuk cara membuat wajah glowing dengan air mawar akan bermanfaat besar bagi kulit wajah Anda jika dilakukan dengan mengikuti beberapa aturan berikut:

  • Menggunakan kapas – Anda bisa langsung menggunakan kapas yang dibasahi dengan toner air mawar dan oleskan ke seluruh permukaan wajah serta leher. Gunakan toner air mawar setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan pelembap atau serum.
  • Menggunakan tangan – Anda juga bisa menggunakan toner air mawar langsung dengan tangan yang tentunya sudah dibersihkan. Basahi telapak tangan dengan toner dan oleskan ke seluruh kulit wajah sambil ditepuk – tepukkan.

Secara umum cara menggunakan air mawar sebagai toner dan lainnya untuk perawatan kulit wajah tidak menimbulkan efek samping. Tetapi produsen mungkin akan menambahkan pewangi untuk meningkatkan aroma mawar atau bahan lain yang dapat mengiritasi kulit sensitif. Untuk memeriksa produk yang Anda beli, lihat daftar kandungan didalamnya. Semakin sedikit daftarnya dan semakin tinggi kandungan ekstrak air mawar yang tertera, maka produknya akan semakin murni. Anda juga dapat melakukan cara membuat air mawar sendiri di rumah untuk memastikan kemurnian air mawar yang akan digunakan bebas dari bahan kimia tambahan dan cara memutihkan badan dengan air mawar.