Khasiat Binahong Untuk Wajah

Binahong yang dikenal dengan Dheng San Chi merupakan tanaman yang berasal dari Tiongkok. Semua bagian dari binahong ini bisa digunakan mulai dari bagian akar, batang dan juga daun yang ternyata terbukti sangat efektif tidak hanya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan namun juga untuk wajah. Binahong yang merupakan tanaman liar di dinding atau pagar ini juga sering digunakan pada beberapa negara seperti Korea Selatan, China dan juga Madagaskar. Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam binahong seperti minyak atsiri, saponin, alkaloid, asam askorbat, antioksidan, asam oleanolic, mono poliksarida, polifenol, L-arabinosa, L-rhamnose, D-glukosa, D-galaktose, flavonoid dan juga protein yang semuanya ini sangat berguna untuk kesehatan tubuh dan juga wajah. Berikut ini akan kami berikan beberapa khasiat binahong untuk wajah baik menjaga kesehatan atau menyembuhkan berbagai masalah pada wajah.

  1. Membersihkan Wajah

Hal utama yang menyebabkan berbagai masalah pada wajah adalah kondisi kotoran yang menumpuk dan menyumbat pori pori seperti polutan, keringat, debu, sisa make up dan produksi minyak berlebihan. Daun binahong ini bisa dijadikan pengganti pembersih wajah atau milk cleanser alami dengan cara yang sangat mudah yakni mencuci wajah setiap hari dengan air rebusan daun binahong atau juga bisa digunakan sebagai maske.

  1. Menghilangkan Jerawat dan Komedo

Jerawat yang disebabkan karena bakteri P acne akan berkembang biak secara subur jika terdapat penumpukan lemak di permukaan kulit wajah yang juga menjadi penyebab komedo. Untuk cara menghilangkan komedo hitam di hidung dan juga jerawat meradang berwarna kemerahan bisa diatasi secara mudah dengan menggunakan binahong.

  • Bersihkan 8 lembar daun binahong segar lalu rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas saja.
  • Air rebusan tersebut kemudian diminum secara teratur setiap hari.
  1. Meregenerasi Pori Pori Wajah

Kegunaan lain dari binahong selain untuk menghilangkan jerawat adalah meregenerasi pori pori wajah dengan cara mengecilkan ukuran pori sekaligus cara menutup pori pori wajah sehingga tampilan wajah bisa terlihat semakin halus sekaligus mencegah kotoran semakin menyumbat pori.

  1. Mengencangkan Kulit Wajah

Binahong juga sangat baik digunakan untuk meningkatkan proses regenerasi sel kulit wajah yang sudah rusak dan mati. Menggunakan binahong ini akan mempercepat proses regenerasi kulit lebih cepat dan juga jauh lebih sehat.

  1. Melembabkan Wajah

Kulit wajah yang terlihat kering akan lebih cepat keriput dan timbul berbagai tanda penuaan dini yang tentunya sangat tidak diinginkan. Cara merawat kulit kering, mencegah dan menghambat penuaan dini ini bisa dilakukan dengan cara melembabkan kulit memakai daun binahong. Caranya cukup mudah yakni dengan mencuci wajah memakai air rebusan daun binahong atau menghaluskan daun binahong dan digunakan sebagai masker.

  1. Menghaluskan Kulit

Manfaat daun binahong selanjutnya adalah untuk menghaluskan kulit wajah. Tanaman ini akan mengurangi tampilan kulit yang kasar dan penyebab wajah kusam yang kemudain akan menampilkan kulit lebih halus, cerah dan juga segar hanya dengan memakai masker daun binahong secara teratur setiap malam sebelum tidur.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Dalam binahong mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan berguna untuk mencegah sekaligus menyembuhkan berbagai masalah akibat radikal bebas yang bisa terjadi pada tubuh maupun kulit. Mengkonsumsi daun binahong ini secara rutin akan mencegah senyawa kimia menghancurkan sel sehat di dalam tubuh sehingga tampilan kulit wajah terlihat lebih fresh sekaligus sehat.

  1. Memutihkan Wajah

Selain ampuh digunakan sebagai pencegahan terhadap jerawat dan komedo, daun binahong ini juga sangat baik digunakan jika anda ingin mendapatkan tampilan kulit wajah yang lebih putih berseri dengan cara aman tanpa menimbulkan efek samping. Cara memutihkan wajah secara alami dalam 1 minggu cukup mudah yakni dengan mengaplikasikan masker daun binahong ini sebelum tidur dan esok paginya baru dibersihkan yang langsung terlihat perubahan kulit wajah yakni lebih putih namun tidak erlihat pucat.

Khasiat binahong untuk wajah menjadi salah satu solusi alami yang sangat mudah didapat bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Manfaatkan tanaman yang tumbuh secara liar ini untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah sekaligus menjaga kesehatan wajah dimulai dari sekarang.