18 Cara Menipiskan Bibir Dower dengan Cara Medis dan Non-Medis

Merawat keindahan bibir bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan, cara ini sangat mudah dilakukan jika kamu memiliki keinginan loh. Kamu bisa menipiskan bahkan menebalkan bibir mu dengan cara yang sangat beragam. Misalnya saja dengan menggunakan bahan alami, dan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menipiskan bibir dengan cara medis, maupun non-medis. Ladies, sebelum kita membahas tentang bagaimana cara menipiskan bibir, yuk simak dahulu apa saja sih yang bisa menyebabkan bibir  tebal, tipis maupun dower yang berikut ini.

  1. Faktor genetik
  2. Kebiasaan menggigit bibir
  3. Kebiasaan memainkan gigi
  4. Kebiasaan makan permen karet
  5. Salah pilih warna lipstick
  6. Sering makan pedas
  7. Terlalu sering makan es lilin
  8. Salah kosmetik
  9. Pakai behel gigi/bracket
  10. Sulam bibir

Nah ladies, sekrang sudah tahu kan apa saja sih yang bisa menyebabkan bibir dower, tipis dan tebal. Kali ini kita akan meneruskan untuk membahas tentang bagaimana cara menipiskan bibir yang tebal ataupun dower. Yuk simak caranya yang berikut ini !!

  1. Menggunakan senam bibir

Salah satu cara untuk menipiskan bibir adalah dengan melakukan senam bibir. Senam bibir dapat membantu proses pengecilan bibir walaupun tidak sepenuhnya 100% namun cara ini kerap kali digunakan oleh beberapa orang. Kamu bisa melakukan senam bibir ini setiap hari agar bibir tampak lebih tipis. Cara olahraga bibir yang benar adalah di pagi hari dan malam hari sebelum tidur ya ladies. Pertama kamu bisa memanyunkan bibir, atau bisa juga dengan mengerutkan bagian bibir ke depan. Lakukan perlahan hingga 15 menit lamanya.

  1. Scrub gula

Selain menggunakan metode senam bibir, kamu juga bisa menggunakan scrub gula untuk menipiskan bibir mu yang tebal. Kamu bisa menggunakan scrub dengan bahan alami seperti minyak zaitun dan lain sebagainya. Caranya juga sangat mudah sekali, kamu bisa menyimak cara membuat scrub dan menggunakannya seperti yang berikut ini.

  • Siapkan minyak zaitun 1 sendok teh.
  • Siapkan gula pasir 1 sendok teh.
  • Selanjutnya campurkan kedua bahan ini dalam wadah yang bersih.
  • Kemudian aduk perlahan jangan sampai gula larut ya ladies.
  • Scrub gula untuk menipiskan bibir siap digunakan.

Cara menggunakan scrub gula pada bibir juga sangat mudah  sekali loh ladies, yuk simak yang berikut ini.

  • Pertama pastikan bibir mu sudah
  • Selanjutnya oleskan scrub merata pada bibir mu.
  • Kemudian kamu bisa menggosok perlahan scrub pada bibir mu.
  • Lakukan cara ini seminggu 3 kali untuk hasil yang maksimal.
  1. Scrub Gula Dan Kayu Manis

Gunakan scrub gula dan kayu manis untuk menipiskan bibir mu yang tebal. Cara ini cukup efektik untuk membuat bibir tampak lebih tipis natural loh ladies. Cara menggunakannya juga sangat mudah sekali, tapi simak dahulu ya cara membuat scrub tersebut dengan benar.

  • Pertama siapkan gula pasir sebanyak 1 sendok teh.
  • Siapkan 1 sendok teh kayu manis.
  • Siapkan setengah sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun.
  • Campurkan ketiga bahan tersebut dalam wadah yang bersih.
  • Campurkan bahan tersebut, namun jangan sampai gula larut.

Jika sudah membuat scrub bibir, kamu bisa mulai menggunakannya loh ladies, caranya seperti yang berikut ini.

  • Pertama pastikan bibir mu sudah
  • Selanjutnya oleskan scrub tersebut merata pada bibir mu.
  • Kemudian kamu bisa menggosok perlahan scrub pada bibir mu.
  • Diamkan hingga 15 menit lamanya, dan bilaslah dengan menggunakan air bersih.
  • Lakukan cara ini seminggu 3 kali untuk hasil yang maksimal.
  1. Lemon

Cara memerahkan bibir hitam bisa dilakukan dengan menggunakan lemon, dan tidak hanya itu loh ladies, karena lemon juga bisa digunakan untuk menipiskan bibir yang selanjutnya adalah dengan menggunakan jeruk lemon. Cara ini cenderung efektif dan sangat aman loh ladies, kamu juga bisa menggunakan jeruk nipis jika tidak ada jeruk lemon. Dan menggunakan lemon sebagai bahan menipiskan bibir juga sangat mudah sekali.

  • Pertama siapkan lemon yang segar 1 buah.
  • Selanjutnya cuci bersih lemon dengan air yang mengalir.
  • Kemudian kamu bisa membelah lemon jadi 2 bagian.
  • Setelah itu peras lemon dan ambil airnya.
  • Oleskan air lemon pada bibir mu, dan gosoklah dengan perlahan.
  • Lakukan pijatan lembut dan diamkan bibir hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air es.

Nah ladies, cara ini bisa kamu lakukan setiap 2 kali dalam seminggu, dan pastikan jika kamu menggunakan jeruk yang segar dan tangan dalam keadaan yang steril agar tidak ada kuman yang ikut campur.

  1. Bibir Manyun

Salah satu cara untuk membuat bibir tampak lebih tipis adalah dengan memanyunkan bibir mu. Ladies, kamu bisa memanyunkan bibir mu dan kemudian merenggangkannya kembali. Lakukan cara ini berulang agar bibir mu tampak lebih tipis ya ladies, kamu bisa melakukannya di pagi hari, siang hari, sore atau bahkan malam hari sebelum tidur. Ladies, cara ini cukup aman dilakukan dalam jangka panjang. Sehingga tidak akan menyebabkan atau menimbulkan efek samping yang berlebihan hingga berbahaya.

  1. Hindari Makanan Pedas

Hindarilah mengonsumsi makanan yang pedas untuk mencegah bibir tampak lebih tebal. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang rasanya sedang, dan menghindari makanan yang pedas agar bibir tidak dower dan besar. Makanan manis seperti kue, cake bisa menjadi pihan mu saat sedang jalan bersama sahabat atau pasangan di mall, cafe dan tempat hangout lainnya. Pastikan juga jika makanan tidak banyak mengandung minyak.

  1. Jangan Menjilat Bibir

Cara lain untuk mencegah bibir dower dan besar adalah dengan tidak menjilati bibir mu. Tahukah kamu jika kebiasaan menjilati bibir dapat menyebabkan bibir pecah-pecah, kering dan hitam. Tapi ternyata bukan itu saja yang bisa terjadi, karena bibir juga bisa membengkak dan tampak lebih tebal. Oleh karena itu sebaiknya hindarilah kebiasaan menjilati bibir dimanapun dan kapanpun ya ladies.

  1. Gula Dan Lemon

Menggunakan gula dan lemon bisa dilakukan untuk perawatan bibir pecah – pecah, selain itu bisa juga digunakan untuk menipiskan bibir jika digunakan dengan teratur, dan caranya adalah dengan diolah menjadi scrub bibir. Scrub bibir dari gula dan lemon akan membuat bibir mu tampak lebih tipis, fresh dan segar loh ladies. Dan pastikan jika kamu juga menggunakan bahan yang bersih dan segar juga. Cara membuatnya juga sangat mudah sekali,

  • Pertama siapkan lemon segar 1 buah saja.
  • Cuci bersih lemon dengan air bersih yang mengalir, dan pastikan jika lemon yang kamu gunakan adalah lemon segar.
  • Selanjutnya belah lemon menjadi 2 bagian, peraslah jeruk lemon ke dalam wadah yang bersih.
  • Tambahkan dengan 1 sendok teh gula pasir ke dalam mangkuk yang berisi air perasan jeruk lemon ya ladies.
  • Kemudian aduk perlahan jangan sampai gula terlarut dalam air lemon.

Cara menggunakan scrub bibir dari gula dan lemon ini dengan cara yang benar, dan berikut ini adalah cara yang tepat untuk menggunakan scrub bibir.

  • Pertama pastikan bibir mu sudah bersih.
  • Kedua kamu bisa mengoleskan scrub dan menggosokkan pada bibir secara perlahan.
  • Ketiga kamu bisa mendiamkan scrub pada bibir hingga 15 menit lamanya.
  • Selanjutnya bilaslah bibir dengan menggunakan air yang dingin ya ladies.

Nah ladies, cara mengecilakan bibir dengan menggunakan scrub ini bisa kamu lakukan secara rutin, karena bahan yang digunakan cukup aman dan bermanfaat bagi kesehatan bibir mu.

  1. Pensil Bibir

Mengatasi bibir dower agar tampak lebih tipis dan cantik bisa kamu atasi dengan menggunakan pensil bibir atau lip liner. Kamu bisa menggunakan pensil bibir sebelum mengaplikasikan lipstick atau lip matte pada bibir. Pastikan jika warna pensil bibir juga sesuai dengan warna bibir mu ya ladies, agar nantinya tidak mencolok dan terlihat aneh. Kamu bisa menggunakan pensil bibir sebagai pengganti lipgloss ya ladies, tapi pastikan jika kamu menggunakan pensil bibir yang aman dan memiliki izin edar.

  1. Lipstick Warna Soft

Gunakanlah lipstick berwarna soft agar bibir tampak tipis dan natural. Kamu bisa menggunakan lipstick dengan warna nude, peach dan soft pink untuk membuat bibir yang lebih tipis dan insah natural. Pastikan jika kamu menggunakan lipstick yang sudah pasti  aman atau memiliki izin edar ya ladies, agar nantinya tidak berbahaya bagi kesehatan bibir mu.

  1. Hindari Lipstick Warna Merah

Hindari warna lipstick untuk bibir tebal  agar bibir tidak  tampak dower. Kamu harus menghindari penggunaan lipstick berwarna merah, agar nantinya bibir  tidak tampak tebal ya ladies. Kamu bisa menggunakan warna lain seperti pink, peach, dan warna soft lainnya. Jika kamu menggunakan warna soft, maka bibir mu akan tampak lebih lembut, tipis dan natural, pastikan juga jika kamu menggunakan produk lipstick atau lipmatte yang sudah memiliki izin edar ya ladies.

  1. Foundation Bibir

Selain menggunakan pensil bibir, lipstick dan lipmatte, kamu juga bisa menggunakan foundation bibir. Dengan menggunakan foundation bibir, kamu akan mendapatkan bentuk bibir yang lebih tipis, kamu bisa memanipulasi dan meyamarkan bentuk bibir tebal menjadi tipis. Nah ladies, pastikan jika foundation yang kamu gunakan sesuai dengan warna kulit mu ya,misalnya saja kulit mu sawo matang, maka pilihlah  foundation untuk kulit sawo matang. Dan pastikan juga jenis foundation yang kamu gunakan sudah terdaftar pada BPOM dan memiliki izin edar yang sah.

  1. Concealer

Concealer merupakan salah satu jenis make up yang bisa kamu gunakan untuk mengubah bentuk bibir menjadi lebih tipis. Kamu bisa menggunakan concealer yang cocok dengan jenis kulit mu, misalnya saja kulit mu berminyak, maka pilihlah merk concealer untuk kulit berminyak. Ada banyak sekali jenis concealer yang bisa kamu gunakan, dan ada banyak juga brand yang mengeluarkan produk concealer. Kamu bisa menggunakan concealer milik L.A, Makover dan beberapa merk lainnya. Pastikan jika concealer yang akan kamu gunakan sesuai dengan warna kulit mu, dan pastikan jika kamu bisa menggunakan concealer dengan cara yang benar agar bibir tampak indah.

  1. Corrector

Concealer memang bisa digunakan, namun kamu juga bisa menggunakan corrector yang kamu miliki juga untuk membuat garis bibir tampak tipis loh ladies. Kamu bisa menggunakan corrector sesuai dengan tone atau warna kulit mu. Pastikan jika kamu bisa menggunakan corrector dengan benar, dan mengerti sebelum membeli tentang apa itu corrector. Pastikan juga jika kamu membeli jenis corrector yang sudah memiliki ijin edar, baik itu dari brand import maupun lokal. Kamu juga bisa melihat beberapa tutorial tentang cara menggunakan corrector pada bibir, agar nantinya tidak salah dalam pengaplikasian.

  1. Kompres Dengan Air Hangat

Cara mengecilkan bibir atau menipiskan bibir yang lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan air hangat. Kamu bisa menggunakan air hangat sebagai salah satu perawatan harian mu untuk mengecilkan bibir yang tebal dan dower. Salah satu cara yang tepat ini memang cukup efektif jika dilakukan secara rutin, dan caranya sangat mudah.

  • Pertama pastikan bibir sudah bersih.
  • Siapkan air hangat secukupnya, gunakan washlap bersih juga ya ladies.
  • Masukkan washlap pada air hangat selama 1 menit lamanya.
  • Usapkan air washlap yang sudah direndam pada air hanta pada bibir mu.
  • Selanjutnya olesi air perasan lemon segar ya ladies.

Ladies, cara ini bisa kamu lakukan secara rutin, dan pastikan jika kamu menggunakan peralatan yang bersih dan bahan yang bersih juga ya ladies.

  1. Scrub Stroberi Dan Gula

Cara menipiskan bibir yang dower dan tebal juga bisa kamu atasi dengan menggunakan scrub dari buah stroberi dan gula pasir. Kamu bisa menggunakan kedua bahan ini dengan cara yang tepat dan mengolahnya dengan cara yang benar. Yuk simak cara membuat scrub dari stroberi dan gula yang berikut ini.

  • Pertama siapkan stroberi segar 2 buah.
  • Cuci bersih stroberi dengan air yang mengalir ya ladies.
  • Selanjutnya kamu bisa menyiapkan gula pasir sebanyak 1 sendok teh.
  • Haluskan stroberi dalam wadah yang bersih ya ladies, kemudian campurkan gula ke dalam wadah tersebut.
  • Kemudian scrub sudah siap digunakan.

Menggunakan scrub bibir ini juga cukup mudah loh caranya, kamu bisa mengikuti cara yang berikut ini.

  • Pertama pastikan bibir mu sudah
  • Selanjutnya oleskan scrub tersebut merata pada bibir mu.
  • Kemudian kamu bisa menggosok perlahan scrub pada bibir mu.
  • Diamkan hingga 15 menit lamanya, dan bilaslah dengan menggunakan air bersih.
  • Lakukan cara ini seminggu 3 kali untuk hasil yang maksimal.
  1. Scrub Gula Dan Madu

Selain menggunakan buah yang segar untuk menipiskan bibir dower, kamu juga bisa menggunakan madu loh ladies. Manfaat madu untuk bibir sangat banyak, dan bahkan madu bisa membuat bibir tampak lebih segar. Cara menggunakannya juga sangat mudah sekali.

  • Pertama siapkan madu segar 1 sendok makan.
  • Letakkan madu dalam wadah yang bersih.
  • Selanjutnya kamu bisa menambahkan madu dengan gula pasir.
  • Campur keduanya dan jangan sampai gula larut ya ladies.
  • Scrub siap digunakan.

Cara menggunakan scrub bibir ini juga sangat mudah sekali loh ladies.

  • Pertama bersihkan bibir mu dengan menggunakan air yang bersih.
  • Selanjutnya oleskan scrub pada bibir mu ya ladies, oleskan perlahan dan gosok secara merata.
  • Selanjutnya pijat perlahan sambil menyunkan sedikit bibir mu.
  • Tarik senyuman mu selebar mungkin.
  • Selanjutnyaa bilas bibir dengan air yang bersih.
  • Cara ini bisa kamu lakukan 2 kali dalam seminggu, dan pastikan jika kamu menggunakan bahan yang segar, aman dan dalam kondisi yang steril.
  1. Operasi Plastik

Cara cepat dan praktis yang bisa membuat bibir tampak tipis alami adalah dengan melakukan prosedur operasi plastik. Cara ini memang terbilang cukup beresiko, namun banyak sekali orang yang lebih memilih untuk menempuh cara ini. Jika memang kamu ingin melakukan oplas, sebaiknya pikirkan dengan matang ya ladies, agar nantinya tidak menyesal di kemudian hari.

Memiliki bibir yang indah menawan adalah impian semua wanita, begitu juga dengan kamu kan ladies. Namun beberapa masalah bibir seperti dower dan cara menipiskan bibir kerap dianggap susah. Kamu bisa menggunakan salah satu cara di atas untuk membuat bibir mu tampak lebih tipis, dan pastikan jika kamu menggunakan bahan yang segar dan cara yang benar.