6 Manfaat Uap Air Garam Panas Untuk Wajah yang Bersih dan Cantik

Tahukah anda? Bumbu dapur yang bercita rasa asin ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, salah satunya manfaat garam bagi wajah. Garam dapat mengatasi permasalahan yang menimpa kulit wajah dan manfaat garam untuk kulit sudah terkenal efektif. Perawatan wajah dengan menggunakan garam salah satunya yaitu dengan menguapi wajah menggunakan uap air garam panas. Perawatan wajah dengan menggunakan uap garam termasuk perawatan alami dan murah meriah yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah.

Penasaran apa saja manfaat uap air garam panas untuk wajah dan cara melakukannya? Nah, anda bisa langsung saja simak manfaat air garam untuk wajah dengan penguapan pada pembahasan  di bawah ini.

1.  Membuka Pori-Pori Wajah

Manfaat uap air garam panas untuk wajah yaitu  dapat membantu membuka pori-pori kulit wajah  dengan  proses penguapan. Cara melakukannya cukup mudah yaitu seperti berikut.

  • Panaskan air garam. Lalu arahkan uapnya pada wajah anda. Lakukan selama kurang lebih 10 menit, maka dengan begitu kotoran yang terdapat pada wajah anda akan hilang.
  • Jika anda ingin hasilnya maksimal, maka anda harus melakukannya dengan rutin.

2. Menghilangkan Jerawat

Uap air memang sering dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan, termasuk uap air garam. Uap air garam dapur membantu menghilangkan jerawat. Selain itu, uap air garam dapat membuat pembuluh  darah melebar sehingga asupan oksigen dan nutrisi dapat masuk ke dalam sel-sel kulit dan menjadikan kulit  lebih sehat. Perawatan wajah dengan menggunakan air garam ini sangat mudah sekali dilakukan di rumah. Anda penasaran dan ingin mencobanya? Yuk simak caranya di bawah ini.

  • Pertama,  silahkan masukan garam sebanyak 5 sampai 10 sendok makan garam ke dalam wadah.
  • Lalu tuangkan air panas ke dalam wadah tersebut. Usahakan anda menggunakan air panas yang mendidih.
  • Aduk merata hingga garam larut.
  • Di samping itu, anda harus memastikan bahwa wajah anda benar-benar bersih tanpa make up.
  • Dekatkan wajah anda ke wadah yang  berisi air garam panas.
  • Usap wajah anda dengan berulang menggunakan kedua tangan.
  • Anda bisa melakukan cara ini selama kurang lebih 3 menit.
  • Lakukan cara ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3.  Mengatasi Komedo

Salah satu permasalahan wajah yang dialami oleh banyak orang yaitu komedo. Komedo itu sendiri disebabkan karena adanya bakteri pada pori-pori wajah. Biasanya tempat favorit para bakteri bersembunyi yaitu pada hidung. Munculnya bakteri pada wajah disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan. Komedo yang membandel pada wajah bisa diatasi dengan cara alami dan mudah dengan memanfaatkan uap air garam panas. Di bawah ini cara menghilangkan komedo secara alami dengan uap air garam panas.

  • Siapkan wadah. Lalu tuangkan air mendidih ke dalam wadah tersebut. Masukan garam sebanyak 1 sampai 2 sendok makan. Aduk sampai merata.
  • Dekatkan wajah anda pada wadah tersebut dan diamkan selama 10 menit.

4.  Facial Steam

Facial menggunakan air garam termasuk perawatan yang murah dan mudah dilakukan di rumah. Facial menggunakan air garam dapat membuka pori-pori wajah. Untuk anda yang ingin melakukan facial di rumah menggunakan air garam, yuk simak caranya berikut ini.

  • Panaskan air garam pada sebuah wadah atau panci.  Lalu hadapkan wajah anda ke panci sehingga uap air garam bisa menempel pada wajah anda.
  • Jika air garam sudah hangat, anda bisa mencelupkan handuk bersih ke dalam air garam. Lalu tutup wajah menggunakan handuk. Diamkan selama sekitar 10 menit, lalu anda bisa membilasnya dengan air dingin.

5.  Mengontrol Kandungan Minyak Pada Wajah

Minyak yang berlebih  pada wajah akan menimbulkan berbagai masalah. Anda bisa mengontrol kandungan minyak dengan menggunakan air garam. Cara mengontrol minyak atau cara mengatasi muka berminyak dengan menggunakan air garam sangat mudah. Anda hanya perlu menguapi wajah dengan menggunakan air garam setiap malam sebelum tidur.

6. Membersihkan Kotoran Wajah

Uap air garam juga bermanfaat untuk membersihkan kotoran pada wajah.  Sebagaimana seperti yang  sudah dibahas sebelumnya bahwa uap air garam dapat membuka pori-pori, sehingga semua kotoran pada wajah bisa terangkat.  Berikut cara membersihkan kotoran wajah dengan menggunakan uap garam.

  • Pertama-tama, silahkan siapkan secangkir air panas. Lalu berikan garam secukupnya saja dan aduk sampai merata.
  • Kemudian arahkan uapnya pada wajah anda.
  • Lakukan penguapan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Sehingga pada akhirnya wajah anda akan menjadi bersih dari segala macam kotoran.

Untuk apa melakukan perawatan mahal di salon jika perawatan mudah dan murah meriah di rumah juga efektif? Untuk anda yang memiliki masalah di  atas, anda bisa mencoba memanfaatkan air garam. Itulah beberapa manfaat uap air garam panas untuk wajah. Perawatan wajah dengan uap air garam akan membuat wajah anda mulus karena segala kotoran termasuk komedo dan jerawat dapat terangkat. Hanya saja, mengingat menggunakan air panas, saat melakukan penguapan disarankan untuk lebih berhati-hati.