4 Cara Keramas Dengan Air Garam Untuk Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Garam menjadi bumbu dapur yang pemakaiannya tidak bisa ditinggalkan dalam memasak. Garam adalah penyedap rasa yang memberikan rasa asin dan gurih pada makanan. Namun, di balik fungsinya sebagai bumbu masak, garam juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Berbagai permasalahan rambut bisa diatasi dengan menggunakan air garam, salah satunya ketombe.

Ketombe menjadi masalah rambut yang menjengkelkan. Selain menimbulkan rasa gatal, serpihan ketombe berwarna putih yang terlihat pada rambut akan membuat kita merasa tidak percaya diri. Ketombe itu sendiri disebabkan karena jamur yang tumbuh berlebihan pada kulit kepala. Permasalahan ketombe kini bisa anda atasi dengan cara keramas dengan air garam dan campuran bahan lainnya.

Sebelum menyimak cara menghilangkan ketombe di kulit kepala dengan air garam, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa  saja manfaat air garam untuk rambut. Di bawah ini beberapa manfaat  air garam untuk rambut.

Manfaat Air Garam Untuk Rambut

Selain manfaat air garam untuk kulit , air garam juga bermanfaat untuk rambut. Mencuci rambut dengan menggunakan air garam memiliki banyak manfaatnya. Anda bisa mengatasi permasalahan rambut dengan menggunakan air garam ini. Penasaran apa saja manfaat air garam untuk rambut? Yuk simak di bawah ini.

1. Mencegah Kerontokan

Masalah rambut rontok, apalagi rontok parah akan membuat rambut terlihat tipis dan jarang. Rambut rontok bisa diatasi dengan tuntas menggunakan air garam. Garam dapat menutup pori-pori kulit kepala, yang mana hal ini tentu akan mengurangi terjadinya kerontokan. Nah, untuk anda yang mengalami kerontokan parah, anda bisa memanfaatkan garam. Anda bisa membersihkan  rambut sebanyak 1 minggu sekali menggunakan air garam.

2. Menyegarkan Rambut

Air garam dapat membuat rambut anda lebih segar. Segala kotoran pada rambut dapat terangkat dengan melakukan keramas menggunakan air garam. Sehingga dengan begitu rambut anda akan terlihat lebih sehat dan fresh.

3. Menyerap Kelebihan Minyak

Banyak sekali faktor yang menjadi penyebab rambut berminyak. Tentunya memiliki rambut yang berminyak bukanlah hal yang menyenangkan, sebab rambut akan mudah lepek dan kotor. Selain itu, rambut berminyak juga dapat memicu timbulnya ketombe. Untuk anda yang ingin mengatasi rambut berminyak dengan efektif, anda bisa mencoba mencuci rambut dengan menggunakan air garam.

Setelah mengetahui manfaat air garam, kini anda bisa mencoba melakukan sendiri perawatan rambut di rumah untuk mengatasi berbagai permasalahan seperti yang disebutkan di atas. Baca juga :

Cara Keramas Dengan Air Garam

Ucapkan selama tinggal pada ketombe dan dapatkan rambut sehat nan indah dengan air garam. Berikut ini cara keramas dengan air garam untuk menghilangkan ketombe yang membandel.

1. Garam dan Air Hangat

Mencuci atau  keramas dengan air garam menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi ketombe. Air garam memiliki sifat antiseptik yang dapat menyingkirkan jamur pada kulit kepala. Cara mencuci rambut menggunakan air garam yaitu seperti berikut.

  • Hangatkan air sebanyak kurang lebih 2 cangkir.
  • Kemudian tambahkan garam sebanyak 3 sendok makan dan larutkan dalam air tersebut.
  • Dinginkan air yang sudah hangat. Lalu cuci rambut anda dengan menggunakan air garam.
  • Lakukan pemijatan pada kulit kepala selama beberapa menit. Jika sudah anda bisa langsung membilas rambut sampai bersih.

2. Garam dan Air Jeruk Nipis

Manfaat buah jeruk nipis untuk wajah sudah terkenal efektif. Selain itu, jeruk nipis juga bermanfaat untuk rambut. Selain mengatasi  ketombe, campuran garam dan air jeruk nipis dapat membantu  anda mengurangi  minyak berlebih pada rambut. Simak cara keramas dengan air garam dan air jeruk nipis berikut.

  • Campurkan sebanyak 2 sendok makan garam dan perasan air jeruk nipis.
  • Lalu aplikasikan campuran ini pada rambut anda dan pijat dengan perlahan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit.
  • Jika sudah anda bisa langsung mencuci rambut hingga bersih.

3. Garam dan Minyak Zaitun

Kulit kepala kering menjadi masalah yang tidak bisa diabaikan. Penyebab kulit kepala kering itu sendiri cukup beragam. Nah, jika anda memiliki kulit kepala kering, maka anda bisa mencoba mencampurkan air garam atau garam dengan minyak zaitun. Garam yang memiliki sifat penyerap minyak berkombinasi dengan minyak zaitun. Keduanya merupakan gabungan yang ampuh untuk mengatasi ketombe. Berikut ini cara yang bisa dilakukan. Baca juga :

  • Campurkan 2 sendok makan garam laut ke dalam seperempat minyak zaitun.
  • Lalu aplikasikan pada kulit kepala dan pijat selam 15 menit.
  • Jika sudah, anda bisa mencuci bersih rambut anda.

4. Air Garam dan Air Lemon

Air garam atau larutan garam yang dikombinasikan dengan air lemon dipercaya mampu mengatasi ketombe yang membandel pada kulit kepala. Adapun cara mengatasi ketombe dengan air garam dan air lemon seperti di bawah ini.

  • Silahkan siapkan 2 sampai 5 sendok makan garam dapur.
  • Lalu campurkan ke dalam air hangat kuku. Campurkan dengan air lemon.
  • Gosokan larutan tersebut pada kulit kepala anda.
  • Setelah itu anda bisa membersihkan rambut dengan menggunakan air bersih.

Itulah cara keramas dengan menggunakan air garam dan tambahan bahan-bahan alami lainnya untuk  mengatasi ketombe. Dalam mengatasi ketombe sebaiknya gunakan cara alami agar tidak menimbulkan efek samping apapun. Semoga bermanfaat.