4 Cara Menggunakan Masker Spirulina Paling Mudah dan Praktis

Spirulina merupakan ganggang hijau yang sangat baik untuk menutrisi kulit dan baik digunakan untuk segala jenis kulit mulai dari berjerawat sampai kulit yang kering. Spirulina ini mengandung protein, antioksidan, zat besi, magnesium dan juga vitamin B. Manfaat antioksidan untuk kulit yang terkandung dalam spirulina ini sangat baik untuk mencegah penuaan dini sehingga tampilan kulit bisa terlihat lebih awet muda.

Selain itu, menggunakan spirulina sebagai masker akan membuat kulit lebih sehat secara menyeluruh sekaligus mengatasi jerawat dengan sempurna. Untuk cara menggunakan masker spirulina ini bisa dilakukan dengan hanya menggunakan bahan spirulina serta air saja atau juga bisa dicampur dengan beberapa bahan alami untuk hasil yang lebih maksimal seperti ulasan dari kami berikut ini.

  1. Masker Spirulina, Yogurt, Minyak Esensial dan Madu

Selain kandungan spirulina yang sangat bermanfaat untuk wajah, penambahan beberapa bahan lain juga akan meningkatkan manfaat dari masker ini. Cara merawat wajah dengan madu memiliki kegunaan untuk menenangkan dan meregenerasi kulit bahkan sangat baik digunakan untuk menyembuhkan luka bakar. Selain itu, manfaat madu untuk kulit juga memiliki sifat anti bakteri yang baik untuk membersihkan kulit dan menjaganya selalu terawat serta melembabkan kulit.

Sementara yogurt yang mengandung probiotik ini mengandung asam laktat yakni asam alfa hidroksi yang berguna untuk mengelupas sel kulit mati serta mencegah timbulnya keriput, penyebab wajah cepat tua dan penuaan dini. Sementara minyak esensial bisa digunakan untuk meremajakan kulit dan melawan penuaan dini sekaligus menghilangkan spirulina yang sedikit berbau tidak sedap.

  • Siapkan 3/4 sendok teh bubuk spirulina, 1 sendok teh madu mentah, 1 sendok yogurt tawar dan 1 tetes minyak esensial seperti lavender atau geranium.
  • Dalam mangkuk kecil, campur semua bahan tersebut sampai rata dan membentuk adonan kental seperti pasta.
  • Ambil sedikit adonan memakai ujung jari dan oleskan perlahan ke wajah dan hindari pemakaian masker di sekitar area mata.
  • Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air sampai bersih.
  • Resep masker ini bisa digunakan untuk dua kali sehingga sisa masker bisa disimpan dalam lemari es dan saat ingin digunakan, diamkan terlebih dahulu sampai suhu ruangan sebab madu bisa mengeras.
  1. Masker Spirulina, Arang Aktif dan Madu

Manfaat masker arang aktif dalam masker spirulina ini berguna untuk menarik keluar kotoran yang menyumbat pori sehingga bisa memaksimalkan manfaat dari masker spirulina. Sedangkan madu akan memberikan efek menenangkan, mengatasi penyebab kulit keriput sekaligus melembutkan kulit. Saat membuat masker ini, pastikan untuk memakai madu mentah karena mengandung enzim yang berguna untuk menyembuhkan jerawat. Kombinasi ketiga bahan ini akan menghasilkan masker yang memiliki daya detoksifikasi sangat kuat.

  • Siapkan 1/2 sendok teh spirulina bubuk, 1/4 sendok teh arang aktif yang sudah dihaluskan dan 2 sendok teh madu mentah.
  • Campur semua bahan dalam mangkuk kecil sampai membentuk adonan pasta.
  • Oleskan masker ini memakai sikat kecil atau ujung jari anda dan diamkan selama 10 menit.
  • Cuci bersih dengan air hangat dan tepuk lembut memakai kain halus lalu tambahkan dengan pelembap.
  1. Masker Spirulina dan Alpukat

Cara memakai masker spirulina berikutnya adalah dengan mencampurnya bersama alpukat dan beberapa bahan alami lainnya. Masker ini akan menutrisi kulit wajah dengan baik, mengatasi penyebab kulit kering dan keriput sekaligus mengatasi banyak masalah di wajah anda.

  • Siapkan 1/2 buah alpukat matang, 1 pisang yang dihaluskan, sedikit yogurt tawar, 2 sendok teh bubuk spirulina dan 2 sendok makan madu mentah.
  • Untuk hasil terbaik, scrub terlebih dahulu wajah dengan 2 sendok makan madu dan 1/2 sendok teh gula merah dan gosok secara halus pada wajah lalu cuci bersih.
  • Haluskan pisang dan alpukat lalu tambahkan dengan madu dan yogurt lalu aduk sampai rata.
  • Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 15 sampai 20 menit atau sampai masker mengering.
  • Bilas bersih dengan air hangat dan perciki air dingin untuk menutup pori pori wajah.
  1. Masker Spirulilna dan Lidah Buaya

Perpaduan dari bubuk spirulina, gel lidah buaya dan madu asli sangat baik untuk menenangkan kulit wajah dan menutrisi kulit secara menyeluruh. Bubuk spirulina berguna untuk sumber antioksidan, menghaluskan dan mengelupas kulit, mengatasi penyebab kulit kering dan kusam, mempertahankan kelembapan kulit, menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan mengandung klorofil yang bersifat membersihkan.

Sedangkan lidah buaya berguna untuk mengatasi sengatan matahari, melembabkan, mengatasi penyebab wajah berminyak dan berjerawat, mengatasi eksim sekaligus menghidrasi kulit dengan baik. Sedangkan madu murni berguna untuk menyembuhkan jerawat dan jaringan parut, mengatasi infeksi kulit, membersihkan pori pori, mengatasi penyebab kulit hitam, mempertahankan kelembapan, meremajakan dan bersifat anti bakteri serta anti jamur.

  • Siapkan 1/2 sendok makan madu murni, 1.2 sendok makan gel lidah buaya dan juga 1 sendok teh bubuk spirulina.
  • Campur semua bahan dalam mangkuk kecil sampai rata dan oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan.
  • Diamkan selama 15 sampai 20 mwnit lalu bilas bersih dengan air hangat dan keringkan.

Itulah tadi beberapa cara menggunakan masker spirulina yang dikombinasikan dengan beberapa bahan alami untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menjaga kecantikan kulit dan mengatasi berbagai masalah di area wajah. Lakukan beberapa cara masker spirulina diatas untuk hasil yang terbaik.