6 Cara Menghilangkan Gatal di Wajah Akibat Kosmetik

Apakah anda pernah mengalami wajah gatal? Gatal pada wajah bisa dialami oleh siapa saja. Banyak hal yang menjadi faktor penyabab wajah gatal, salah satunya yaitu karena kosmetik.

Beberapa kosmetik mungkin cocok dengan kulit wajah anda, namun terkadang ada kosmetik yang menimbulkan efek samping pada wajah, seperti misalkan gatal-gatal. Masalah ini tentu akan membuat anda tidak nyaman. Oleh karena itu, penting mengetahui cara menghilangkan gatal di wajah akibat kosmetik. Untuk mengetahui cara menghilangkan gatal di wajah akibat kosmetik, anda bisa simak langsung di bawah ini.

Cara Menghilangkan Gatal di Wajah Akibat Kosmetik

Saat menggunakan produk skincare atau kosmetik, beberapa orang mungkin mengalami efek sampingnya. Beberapa reaksi efek samping yang kemungkinan muncul di antaranya yaitu wajah merah-merah, gatal, bengkak, muncul jerawat dan lainnya sebagainya.

Bisa jadi masalah tersebut muncul karena kulit alergi terhadap bahan yang terkandung dalam kosmetik yang digunakan. Nah, untuk mengatasi alergi pada kulit karena kosmetik, termasuk cara menghilangkan gatal di wajah akibat kosmetik, anda bisa langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

1. Hentikan Menggunakan Kosmetik

Langkah pertama yang harus anda lakukan saat mengalami penyebab alergi kulit wajah atau penyebab wajah gatal karena kosmetik yaitu menghentikan pemakaian kosmetik itu sendiri.

Anda juga harus memperhatikan produk kosmetik yang digunakan. Perhatikan kandungan dalam kosmetik apakah sudah melewati tanggal batas pemakaian atau tidak atau mengandung bahan-bahan kimia yang tergolong berbahaya.

Apabila produk yang anda gunakan tidak mengandung bahan kimia berbahaya atau masih belum kadaluarsa, maka itu tandanya wajah anda tidak cocok dengan produk kosmetik tersebut. Meskipun begitu, sebaiknya anda jangan terburu-buru untuk membeli produk kosmetik yang baru. Biarkan wajah anda beristirahat terlebih dahulu dengan menghindari menggunakan kosmetik atau produk perawatan wajah untuk beberapa waktu guna menghindari masalah yang anda alami semakin parah.

2. Hindari Menggaruk Wajah

Gatal yang tidak tertahankan mungkin akan anda rasakan. Namun, sebaiknya hindari menggaruk wajah karena akan membuat keadaan semakin bertambah parah. Jika terlalu gatal untuk menguranginya anda bisa mengusapnya dengan perlahan. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan kain yang lembut dan halus.

3.  Mengonsumsi Banyak Air Putih

Mengonsumsi air putih minimal 2 liter sehari sangat dianjurkan untuk kesehatan. Selain menjadikan tubuh sehat, minum air putih yang cukup juga dapat membantu mengatasi masalah alergi yang dialami oleh wajah karena tidak cocok terhadap kosmetik yang digunakan.

Air putih dapat bermanfaat untuk membuang racun yang terdapat pada tubuh sehingga akan membantu meringankan iritasi yang dialami.

4. Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan yang mengandung vitamin E memiliki manfaat yang bagus untuk kulit. Selain menggunakan produk yang mengandung vitamin E untuk kulit, anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E seperti buah lemon, jeruk, almond dan makanan yang lainnya. Anda bisa mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin E agar masalah pada wajah yang anda alami bisa segera sembuh.

5. Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan sudah menjadi rahasia umum, beberapa di antaranya manfaat minyak zaitun untuk alis dan manfaat minyak zaitun untuk bibir. Selain itu, minyak zaitun juga dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah wajah yang anda alami.

6. Periksa Ke Dokter

Apabila masalah pada wajah anda semakin parah, anda sebaiknya memeriksakan kondisi wajah anda pada dokter. Dokter akan memberitahu obat atau langkah apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah yang anda alami.

Demikian cara menghilangkan gatal di wajah akibat kosmetik. Semoga bermanfaat.