4 Ciri – Ciri Kulit Berjerawat Karena Sensitif dan Berminyak

Jerawat telah dialami oleh sebagian besar orang sejak remaja, ketika usia dan hormonal bertemu untuk menyebabkan breakout yang lumayan parah. Jerawat bahkan bisa saja baru dialami masa dewasa. Menurut para ahli, kulit semua orang pada dasarnya sama, memiliki pori – pori dan minyak alami kulit. Semua orang pernah mengalami naik turunnya hormon, produksi minyak dan bakteri penyebab jerawat di kulit mereka yang bisa saja memancing breakout kapan saja, secara teori. Yang membedakan adalah beberapa orang lebih rentan terhadap masalah kelenjar sebaceous yang meradang akibat hormon, minyak dan bakteri.

Jadi walaupun kita semua memiliki pemicu jerawat yang sama, kita tidak memiliki sensitivitas yang sama pada pemicu – pemicu jerawat. Artinya, reaksi setiap orang pada pemicu jerawat yang sama tidak akan sama. Bisa saja seseorang hanya mendapatkan jerawat yang sangat kecil sementara orang lainnya mengalami breakout parah. Penyebab asli kulit yang rentan berjerawat belum dapat dipastikan. Jawaban yang benar adalah bahwa kita tidak tahu dengan tepat mengapa ada beberapa orang yang lebih rentan pada jerawat dan lainnya tidak.

Arti Dari Letak Jerawat Di Wajah

Jerawat biasanya muncul karena kebiasaan orang untuk mengorek kulitnya yang justru membawa bakteri lebih banyak pada wajah. Jerawat seharusnya tidak dikorek, dipecahkan atau dihilangkan dengan produk yang berbahan kasar. Ketahui arti dari letak kemunculan ciri – ciri kulit berjerawat di wajah yang bisa berhubungan dengan masalah kesehatan Anda.

  • Dahi – Pada umumnya jerawat yang muncul di area dahi atau pelipis berhubungan dengan alergi pada makanan tertentu, terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji atau kemasan, alkohol atau lemak jenuh. Juga menunjukkan ketidakseimbangan kadar gula dalam darah dan gejala dehidrasi. Gunakan manfaat daun binahong untuk cara menghilangkan jerawat bruntusan di jidat.
  • Pelipis – Selain menunjukkan gejala seperti di area dahi, jerawat yang tumbuh di area pelipis menunjukkan masalah ginjal.
  • Antara Kedua Mata – Tanda gangguan pada liver dan sistem pencernaan bisa saja terjadi jika ada jerawat muncul di antara kedua mata Anda.
  • Dagu dan Rahang – Jika jerawat muncul di dagu dan sepanjang garis rahang maka masalah yang ada berhubungan dengan gangguan hormon. Biasanya jerawat di area ini muncul saat mendekati waktu menstruasi.
  • Dagu Saja – Terlalu banyak makanan berlemak dan gula menjadi penyebab jerawat di dagu.
  • Pipi – Adanya jerawat di bagian pipi menandakan terganggunya kesehatan paru – paru, bisa disebabkan karena asap rokok, polusi udara, atau alergi debu. Anda dapat melakukan cara menghilangkan jerawat bruntusan di pipi dengan bahan – bahan alami.
  • Hidung – Jerawat yang muncul di bagian hidung bisa menandakan bahwa Anda mengalami gangguan jantung.

Tanda Kulit Rentan Berjerawat

Kulit acne prone atau rentan berjerawat bukanlah satu jenis kulit tertentu melainkan kondisi atau masalah kulit yang disebabkan oleh produksi minyak di wajah. Dengan kata lain, acne prone merupakan masalah kulit yang pada umumnya disebabkan oleh bakteri. Masalah ini sering dialami oleh kulit sensitif, yang bisa berasal dari kulit berminyak atau kulit kering yang sensitif. Tetapi kebanyakan kasus acne prone dialami oleh para pemilik kulit berminyak, karena seringnya pori – pori wajah tersumbat oleh kotoran, minyak dan sel kulit mati. Ciri – ciri kulit berjerawat yang berasal dari jenis kulit berminyak antara lain:

  1. Pori – pori yang besar dan mudah terlihat. Kulit yang berminyak akan sering tampak kasar karena adanya pori yang besar tersebut dan secara keseluruhan wajah tampak kusam.
  2. Sering mengalami jerawat secara berkala, termasuk juga komedo hitam dan komedo putih.
  3. Kulit terlihat mengkilap khususnya di siang hari. Tentu saja karena produksi minyak berlebihan di kulit maka wajah biasanya akan terlihat mengkilap dan licin karena minyak.
  4. Sering mengalami jerawat di bagian tubuh lain seperti punggung dan dada. Anda bisa melakukan cara menghilangkan jerawat di badan agar hilang tuntas dengan bahan alami.

Kulit berminyak sering dialami oleh orang yang berusia remaja dan di awal usia 20 tahunan tetapi untuk sebagian orang, kondisi tersebut akan berlanjut. Kulit yang berminyak di usia dewasa tidak sebanyak orang yang memiliki kulit normal atau kering tetapi merupakan suatu hal yang biasa ditemui pada orang berusia 30 tahun keatas.

Merawat Kulit Acne Prone

Jika Anda memiliki kulit berminyak, ada banyak produk yang tersedia untuk membuat rutinitas perawatan kulit Anda semudah mungkin. Beberapa tips untuk merawat ciri – ciri kulit berjerawat antara lain:

  • Menggunakan kertas minyak untuk mengatasi penyebab wajah berminyak dan berjerawat.
  • Gunakan pembersih berbahan dasar gel, hindari kesalahan mencuci muka dengan melakukan cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat.
  • Gunakan pelembab ringan dengan kandungan SPF khusus untuk kulit berminyak.
  • Jangan melakukan manfaat eksfoliasi wajah secara berlebihan.
  • Hindari produk yang akan mengeringkan kulit berlebihan, misalnya yang mengandung alkohol.
  • Cari produk mengandung salicylic acid
  • Bersihkan alat make up Anda
  • Pilih make up dengan cermat, misalnya yang berbahan dasar mineral seperti silica, titanium dioksida, dan zinc oksida yang akan mengurangi kelebihan minyak tanpa menyumbat pori.
  • Periksa produk perawatan rambut Anda apakah mengandung bahan yang menimbulkan jerawat seperti pewangi buatan atau pengawet.

Bagi Anda yang akan memilih produk untuk ciri – ciri kulit berjerawat, hati – hati pada klaim komedogenik yang ada pada beberapa produk yang ditujukan untuk kulit berminyak. Sebab terkadang produk berlabel komedogenik pun masih dapat menimbulkan jerawat pada pemilik kulit sensitif. Carilah produk yang berlabel bebas minyak dan tidak mengandung bahan tambahan seperti pewangi buatan atau pengawet yang umum menyebabkan reaksi kulit. Hentikan juga untuk menyentuh kulit wajah dengan tangan dan kurangi produk susu yang dapat menimbulkan reaksi pada kulit rentan berjerawat.