8 Cara Menghilangkan Jerawat Bruntusan Di Jidat Secara Alami dan Cepat

Bruntusan di wajah terutama di jidat seringkali terlihat seperti bentol merah yang solid. Jidat merupakan area dimana bruntusan seringkali muncul dan terjadi pada banyak orang. Lokasinya yang mudah terlihat membuat jidat Anda akan menjadi perhatian banyak orang ketika melihat wajah Anda. Sebenarnya tidak penting di area wajah mana bruntusan itu terlihat, penyebabnya tetap sama. Kelenjar minyak yang disebut sebum, sel kulit mati, kelebihan minyak, kotoran, dan lain sebagainya menyumbat pori – pori wajah Anda.

Sumbatan pada pori – pori ini memungkinkan pertumbuhan bakteri dan pada akhirnya memicu bruntusan. Ketombe dan kulit kepala yang berminyak pun dapat memicu tersumbatnya pori – pori wajah, begitu pula pengobatan tertentu, masalah pencernaan, stress, pemakaian produk rambut, hormon, dan banyak penyebab lainnya. Mungkin menutupi bruntusan dengan poni dapat menjadi solusi yang terbaik, namun poni tersebut juga dapat menjadi sumber penyebab bruntusan karena rambut yang kotor.

Mengatasi Bruntusan Pada Dahi

Kondisi wajah yang bruntusan pastinya akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan mengurangi tingkat percaya diri. Cara menghilangkan jerawat bruntusan di jidat bisa dilakukan dengan beberapa bahan alami berikut ini:

1. Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam ringan yang akan membantu menyeimbangkan PH untuk semua jenis kulit. Ketika PH sudah kembali normal, kelebihan produksi minyak akan menurun. Untuk cara menghilangkan bruntusan di wajah bagian dahi atau jidat, celupkan kapas bersih di dalam sedikit cuka apel yang sudah dicampur dengan air. Gunakan untuk membubuhkan cuka apel pada bagian dahi Anda yang bruntusan. Biarkan sampai kering lalu bilas setelah 20-30 menit dengan air biasa, lakukan hingga dua kali sehari. 

2. Lemon

Salah satu cara menghilangkan jerawat bruntusan di jidat dan cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam yang paling sering dicoba adalah lemon. Kandungan asamnya akan mengatasi bakteri yang menyumbat pori dan menyebabkan bruntusan, juga menormalkan produksi sebum. Bubuhkan sedikit tetesan sari lemon pada kulit dahi yang bruntusan, dan biarkan semalaman. Anda dapat melakukannya setiap malam sebelum tidur, dan membubuhkan ulang pada siang harinya selama waktu yang diperlukan. Hindari agar wajah tidak langsung terkena sinar matahari ketika Anda sedang menggunakan lemon di siang hari.

3. Bubuk Mustard dan Madu

Mustard kaya akan vitamin C, A dan E serta asam lemak omega 3 dan omega 6 yang akan membuat kulit bersih dan glowing. Madu bertindak sebagai penyembuh dan pelembab. Anda dapat menggunakan mustard yang sudah jadi, namun lebih baik menggunakan mustard buatan sendiri dengan menggiling mustard dan madu menjadi satu. Siapkan seperempat bubuk mustard dan madu. Tambahkan beberapa tetes madu ke dalam bubuk mustard sampai menjadi pasta. Oleskan pada bruntusan di dahi dan biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan sebanyak satu kali sehari.

4. Tomat

Masker tomat dapat membantu melawan jerawat dan juga bekas – bekasnya, jadi tomat juga berkhasiat sebagai cara menghilangkan jerawat bruntusan di jidat dan penyebab wajah bruntusan dengan baik. Kandungan asam alaminya akan mengeringkan bruntusan dan juga membasmi bakterinya. Irislah sepotong tomat dan gosokkan isinya ke jidat. Biarkan mengering selama 15-20 menit dan bilas, lakukan dua kali dalam sehari. Ingat bahwa pemakaian berlebihan akan menyebabkan kulit kering, karena itu campurkan air jika Anda ingin menggunakannya lebih dari dua kali sehari.

5. Minyak Esensial

Minyak esensial seperti minyak lavender dapat menyebabkan masalah jerawat menghilang dan membuat kulit tampak segar serta diremajakan. Anda dapat menggunakan minyak lavender, tea tree oil, dan beragam minyak lainnya, hanya ingatlah untuk mengencerkannya dengan sedikit air atau minyak pelarut seperti minyak kelapa dan minyak zaitun. Celupkan kapas dan bubuhkan ke bruntusan di jidat Anda, biarkan semalaman. Ulangi setiap malam. Ada juga cara menghilangkan bruntusan dengan minyak zaitun yang dapat Anda coba.

6. Putih Telur

Bagian putih telur mengandung enzim tertentu yang dapat mengeringkan jerawat dan menghilangkannya dengan mudah, juga membantu proses penyembuhan dan pemulihan sel kulit. Anda dapat menggunakan sisa putih telur yang tertinggal di cangkang telur dan tidak perlu menggunakan putih telur seluruhnya sebagai cara menghilangkan bruntusan di dahi. Usapkan sisa putih telur tersebut pada jidat menggunakan jari yang bersih dan biarkan mengering selama 10 menit, lalu bilas. Lakukan cara ini 1-2 kali sehari.

7. Teh Hijau

Teh hijau tidak hanya bermanfaat ketika dikonsumsi untuk diminum, namun juga jika digunakan sebagai  obat luar. Teh hijau bermanfaat sebagai anti inflamasi dan anti mikroba untuk mengobati bruntusan serta jerawat dengan mengurangi peradangan dan infeksi bakteri pada pori – pori kulit yang menjadi penyebab muka kasar dan berbintik. Bubuhkan teh hijau yang sudah diseduh tanpa gula ke jidat Anda lalu biarkan tanpa dibilas, ulangi dua kali sehari.

8. Lidah Buaya

Lidah buaya juga mengandung manfaat anti mikroba yang dapat menyembuhkan bruntusan di kulit jidat Anda. Oleskan gelnya pada bruntusan di kulit dahi dan biarkan selama mungkin, jika bisa semalaman. Bilas keesokan harinya, dan lakukan setiap malam. Anda juga dapat mencoba cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan es batu.

Cara menghilangkan jerawat bruntusan di jidat ini dapat Anda lakukan secara rutin, dan hindari memencet bruntusan tersebut agar cepat hilang. Mememcetnya justru akan membuat jidat Anda semakin meradang dan menimbulkan bruntusan baru, juga beresiko membekas dan infeksi. Jika kondisi dahi Anda semakin parah, sebaiknya temui dokter kulit yang berkompeten. Pengobatan seperti kortikosteroid, anti mikroba, antibiotik, retinoat dan kombinasi bahan – bahan lainnya bisa diberikan oleh dokter untuk mengatasinya.