11 Cara Menghilangkan Bruntusan Akibat Krim Dokter Dengan Cepat

Kemunculan bruntusan di kulit wajah sama tidak menyenangkannya bagi semua orang terutama wanita karena membuat wajah jadi tampak kotor. Bruntusan atau jerawat kecil normalnya memang biasa timbul sebanyak 1-2 buah di wajah namun tidak mendatangkan masalah yang berarti. Yang menjadi masalah adalah jika bruntusan tersebut tersebar di seluruh wajah atau dengan istilah lain menimbulkan breakout di wajah Anda.

Penyebab bruntusan biasanya sama dengan penyebab jerawat, antara lain karena faktor hormonal, kurang membersihkan wajah dengan baik, kelenjar minyak di wajah yang terlalu aktif, pengaruh makanan, stress, dan juga ketika menghentikan pemakaian krim dari dokter. Sebagian wanita setia menggunakan krim wajah dari dokter kulit untuk menjaga agar kulitnya tetap tampak sehat dan mulus, namun seringkali ketika berhenti menggunakan maka timbul bruntusan di wajah. Kondisi ini tentu membuat wanita yang biasanya memiliki kulit mulus menjadi risih dan ingin segera menghilangkan bruntusan di wajahnya.

Mengatasi Bruntusan Setelah Melepas Krim Dokter

Bruntusan biasanya terjadi sebagai suatu kondisi ketika wanita melepas penggunaan krim dokter. Penyebab terjadinya bruntusan ini bisa jadi karena penghentian yang tiba – tiba dan tidak dilakukan secara bertahap sehingga kulit menjadi terpengaruh. Anda dapat melakukan cara menghilangkan bruntusan akibat krim dokter berikut ini:

1. Lemon

Cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami bisa dilakukan dengan menggunakan lemon. Potong sebuah lemon dan gosokkan pada kulit wajah yang terkena bruntusan hingga merata. Anda juga dapat menggunakan air perasan lemon yang dicampur dengan air putih untuk membersihkan dan mengeksfoliasi kulit. Kandungan asam di dalam lemon akan membantu untuk mengeringkan jerawat dan menyembuhkan bekas jerawat.

2. Tea Tree Oil

Tambahkan satu tetes minyak tea tree oil ke dalam pembersih wajah yang biasa Anda gunakan. Cara ini akan membantu untuk mencegah timbulnya bruntusan di wajah. Selain itu, tea tree oil juga bekerja dengan sangat baik untuk menghilangkan komedo putih dan komedo hitam yang juga menjadi salah satu penyebab wajah bruntusan

3. Kayu Manis

Kayu manis dikenal memiliki kandungan anti bakteri serta dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam. Campur tiga sendok makan madu dengan satu sendok makan kayu manis dan campur merata sampai menjadi masker wajah. Oleskan pada wajah selama paling tidak 10 menit dan bilas setelahnya.

4. Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan anti inflamasi atau anti peradangan. Tambahkan dua sendok makan teh hijau ke dalam sebuah cup air dan biarkan terendam selama 10 menit. Celupkan kapas ke dalam teh tersebut dan langsung aplikasikan pada kulit wajah. Biarkan di kulit selama 10 menit lalu bilas. Ada juga cara menghilangkan bruntusan dengan minyak zaitun yang dapat Anda coba.

5. Telur

Telur dapat membantu mengencangkan pori – pori kulit dan juga menjadi cara menghilangkan bruntusan akibat krim dokter. Campur satu porsi putih telur dengan madu dan oleskan campuran tersebut di wajah. Biarkan masker di wajah selama 10-15 menit sebelum dibilas. Cara menghilangkan bruntusan di dahi ini juga dapat mengencangkan wajah dan mengecilkan pori – pori kulit.

6. Cuka Apel

Cuka apel memiliki khasiat antibiotik yang dapat membasmi bakteri penyebab jerawat atau bruntusan di wajah dan juga penyebab muka kasar dan berbintik. Campur satu bagian cuka apel dengan dua bagian air mineral lalu oleskan pada kulit wajah yang terkena bruntusan. Anda dapat menggunakan campuran ini sebagai toner pada kulit yang mudah ditumbuhi jerawat.

7. Madu

Madu merupakan antiseptik alami yang dapat membantu menyembuhkan bekas jerawat, karena itu juga dapat bereaksi sebagai bahan yang efektif untuk cara menghilangkan bruntusan akibat krim dokter. Bubuhkan sedikit madu pada area wajah yang ditumbuhi bruntusan lalu biarkan selama 30 menit sebelum dibilas sampai bersih.

8. Es Batu

Cara menghilangkan bruntusan dengan es batu bisa Anda coba untuk menggunakan es batu guna meredakan peradangan pada kulit wajah dan mengurangi kemerahan. Anda cukup menggosokkan es batu pada area wajah yang terdapat bruntusan. Pastikan tangan dan es batu bersih sehingga tidak menimbulkan bruntusan baru di wajah.

9. Air Hangat

Siapkan baskom berisi air hangat dan sebuah waslap halus. Pastikan air dalam suhu yang pas, tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Celupkan waslap ke dalam sebaskom air hangat lalu tepuk – tepukkan ke wajah Anda. Lakukan hal ini sebelum tidur malam selama beberapa lama. Tidak perlu mengeringkan wajah setelah menyekanya dengan air hangat.

10. Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya bermanfaat bagi perawatan rambut saja. Tanaman ini sangat mudah ditemukan dan memiliki khasiat yang sangat baik untuk perawatan kulit wajah. Anda hanya perlu mengoleskan gel  yang berada di dalam tanaman lidah buaya ini ke area kulit wajah yang bruntusan. Biarkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas sampai bersih.

11. Oatmeal

Kulit yang sensitif bisa Anda rawat dengan menggunakan oatmeal. Haluskan oatmeal secukupnya menggunakan blender atau dengan cara digiling, kemudian campurkan ke dalam air hangat. Gunakan campuran tersebut untuk mencuci wajah sambil dipijat perlahan dalam waktu 15-20 menit.

Cara mengatasi bruntusan akibat krim dokter bisa Anda lakukan dengan menggunakan beberapa bahan berikut ini, namun Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal yang penting ketika sedang merawat wajah. Misalnya menjaga kebersihan tangan sebelum menyentuh wajah, tidak memencet bruntusan yang ada di kulit wajah, menjaga makanan sehat, pola hidup yang teratur, juga banyak minum air putih untuk menjaga asupan cairan ke dalam tubuh. Juga tidak lupa untuk memperhatikan apa saja kandungan dari produk yang akan digunakan untuk merawat wajah yang bruntusan untuk memastikan keamanannya dan menghindarkan kulit wajah dari efek samping yang merugikan.