7 Tahap Skincare Untuk Kulit Kombinasi yang Perlu Dilakukan

Jenis kulit kombinasi merupakan gabungan dari dua jenis kulit yaitu jenis kulit kering dan berminyak. Pada ciri – ciri kulit kombinasi, bagian kulit yang berminyak biasanya terdapat di area T yaitu dahi, hidung dan dagu. Pada area T akan terlihat berminyak dan pori yang tersumbat di dahi, hidung, dan dagu, serta area – area yang kering pada pipi, rahang dan garis rambut. Ini berarti perawatan kulit kombinasi perlu melakukan perawatan yang berbeda untuk bagian kulit yang kering dan berminyak. Anda perlu menentukan jalan tengah untuk perawatan kulit jika tidak ada solusi yang benar – benar cocok untuk semua masalah kulit kombinasi.

Berbagai faktor bisa menjadi penyebab kulit kombinasi, tetapi penyebab utamanya lebih sering karena genetika. Jenis produk skincare yang Anda gunakan bisa membuatnya semakin buruk atau menyebabkan masalah. Menggunakan produk yang mengandung bahan kimia yang keras akan mengeringkan beberapa area di wajah dan juga menstimulasi produksi minyak di bagian lain yang sudah berminyak. Namun menggunakan produk yang tepat, mungkin masih akan ada bagian yang berminyak di wajah tetapi bukan disebabkan karena kulit yang kering dibaliknya.

Perawatan Untuk Kulit Kombinasi

Menggunakan produk skincare untuk kulit kombinasi ditentukan dari seberapa kering dan seberapa berminyak area wajah Anda secara alami. Skincare untuk kulit kombinasi yang perlu diterapkan setiap hari adalah:

1. Pembersih

Mulailah dengan pembersih yang lembut namun efektif berbahan dasar air. Bisa saja Anda menggunakan pembersih berbahan dasar lotion atau gel, tetapi tujuan pembersiha adalah untuk menghilangkan kotoran, debu dan make up tanpa membuat kulit terasa kencang atau berminyak. Anda bisa menggunakan sikat tubuh yang sangat lembut. Kelembutan sikat sangat penting karena akan mempengaruhi kondisi kulit sehingga terasa tidak nyaman.

2. Toner

Toner dianggap lebih aman daripada astringent yang mengandung alkohol. Gunakan skincare untuk kulit kombinasi berupa toner yang mengandung bahan peremajaan kulit dan juga antioksidan. Toner yang mengandung bahan lembut, tidak abrasif cocok untuk kulit kombinasi. Toner jenis ini akan melembabkan area kulit yang kering dan mengurangi minyak pada area yang berminyak, menyeimbangkan PH wajah dan tidak akan mengiritasi kulit. Untuk kulit kombinasi, toner berbahan dasar gel, air atau cairan yang ringan dan bebas alkohol akan cocok. Carilah yang mengandung teh hijau, lidah buaya, stroberi, white jelly, anggur, cendana atau pantenosida.

3. Pelembab

Penggunaan pelembab bukan hanya untuk kulit kering tetapi juga diperlukan untuk kulit berminyak. Kegunaan dari pelembab bagi kulit kombinasi adalah untuk menjaga kadar minyak di wajah dapat terkontrol dengan baik. Pelembab yang digunakan dalam skincare untuk kulit kombinasi sebaiknya berbahan dasar air dan bebas minyak untuk menghindari sumbatan pada pori – pori sehingga menyebabkan munculnya jerawat. Cari bahan aktif seperti gliserin, niacinamide, asam hyaluronat, vitamin A, B, C dan D pada pelembab untuk kulit kombinasi.

4. Tabir Surya

Tidak ada jenis kulit yang dapat dikecualikan dari kebutuhan akan tabir surya mengandung SPF 30 atau lebih setiap hari. Satu langkah ini akan mengurangi penuaan dini pada saat ini dan masa depan. Skincare untuk kulit kombinasi dengan formula yang sangat ringan dan hasil matte lembut akan bekerja paling baik untuk wajah dan leher. Anda juga dapat mengaplikasikan serum atau booster di area kulit yang kering dan melapisinya dengan tabir surya.

5. BHA Exfoliant

Skincare untuk kulit kombinasi tetap perlu melibatkan produk eksfoliant yang terdapat BHA yang akan membantu mengelupas sel kulit mati secara normal tanpa scrub atau bahan pembersih yang kaku. BHA juga akan membantu mengelupas pori – pori, mengurangi kulit berminyak dan pada waktu yang sama akan melembutkan kulit kasar, kering, mengelupas dan membuatnya bersinar sehat. Eksfoliant ini bisa berupa gel, weightless fluid atau cairan serupa air agar cocok untuk kulit kombinasi.

6. Krim Malam

Krim malam atau pelembab malam hari yang berbentuk gel, serum atau produk yang berbahan dasar air akan cocok sebagai skincare untuk kulit kombinasi. Pelembab atau krim malam ini harus mengandung aktioksidan, bahan peremajaan kulit dan bahan pemulihan untuk kulit sehingga tekstur kulit wajah akan berangsur membaik. Oleskan juga serum emolient atau oil booster pada area wajah yang kering agar area kulit wajah tersebut tetap terhidrasi. Gunakan cream malam  yang bagus untuk mencerahkan wajah.

7. Masker Wajah

Menggunakan masker juga perlu menjadi bagian skincare untuk kulit kombinasi. Kegunaan masker wajah adalah untuk membuat kulit wajah tetap ternutrisi dan segar. Ada banyak masker siap pakai yang kini dibuat untuk berbagai kebutuhan beragam jenis kulit, bahkan khusus untuk kulit kombinasi.

Memilih Skincare Kulit Kombinasi

Ketika Anda akan memilih produk skincare untuk kulit kombinasi, ada beberapa tips lain yang bisa menjadi rujukan dalam cara merawat kulit kombinasi yaitu:

  • Ketahui cara mengetes jenis – jenis kulit wajah sebelum membeli produk perawatan untuk wajah Anda.
  • Tidak menggunakan pembersih wajah mengandung PH tinggi yang bersifat basa karena akan membuat kulit menjadi semakin kering dan menyumbat pori – pori.
  • Gunakan make up remover yang mengandung formula lembut untuk menghapus riasan pada malam hari sebelum tidur.
  • Tidak melewatkan pemakaian pelembab. Cek juga rangkaian wardah untuk kulit kombinasi bagi perawatan kulit Anda.

Lakukan tes atau uji sensitifitas pada kulit lebih dulu sebelum memilih skincare untuk kulit kombinasi. Apabila Anda akan menggunakan beberapa produk, maka lakukan pengujian pada kulit satu persatu dan jangan sekaligus agar ada waktu untuk mengamati produk mana yang mungkin menimbulkan reaksi pada kulit. Uji produk pada kulit ini perlu dilakukan karena walaupun produk ditujukan untuk kulit kombinasi, belum tentu produk tersebut akan langsung cocok dengan kulit Anda.