6 Produk Skincare Yang Bagus Untuk Kulit Kombinasi Pada Wajah

Kondisi kulit kombinasi di wajah berarti bahwa Anda memiliki dua jenis kulit yang berbeda di wajah. Di satu saat wajah bisa terlihat berminyak di area tertentu yaitu area T (hidung, dagu dan dahi), namun di saat itu juga di area wajah lain juga tampak kering. Anda tidak dapat menggunakan skin care untuk wajah berminyak karena akan mempengaruhi kondisi bagian kulit wajah yang kering hingga mengelupas. Sedangkan penggunaan skincare untuk kulit kering juga tidak memungkinkan, karena dapat menimbulkan jerawat dan komedo di area T.

Penyebab kulit kombinasi masih merupakan suatu hal yang kurang jelas, namun diantara yang sudah diketahui adalah karena faktor genetik dan juga pengaruh iklim. Bisa dikatakan bahwa kulit kombinasi sebetulnya adalah tipe kulit yang tidak jelas dan sering ditemui di Indonesia ini karena tidak dapat diatasi dengan mengubah pola makan atau memperbanyak cairan seperti pada tipe kulit berminyak dan kulit kering. Tidak ada satu solusi yang menyeluruh untuk mengatasi masalah kulit kombinasi, melainkan dengan manfaat menggunakan skin care untuk merawat kulit kombinasi di wajah.

Produk Perawatan Untuk Kulit Kombinasi

Ciri – ciri kulit kombinasi antara lain pori – pori wajah yang besar dan sering berkomedo, biasanya terlihat berminyak dan licin, membutuhkan touch up make up terus menerus. Cara mengatasi kulit kombinasi akan tergantung kepada seberapa berminyak atau keringnya kulit wajah Anda. Perlunya mengetahui bagaimana memilih skincare yang bagus dan cocok akan mempengaruhi kondisi kulit Anda juga. Produk skincare yang bagus untuk kulit kombinasi antara lain:

1. Banila Co Clean It

Salah satu merk produk pembersih wajah dari Korea berupa cleansing balm memiliki tekstur yang unik dan bisa mengangkat semua kotoran dan sisa make up di wajah. Produk ini kerap digunakan dalam proses double cleansing. Double cleansing ini banyak dilakukan di Korea, pertama dengan membersihkan wajah sebanyak dua kali dengan pembersih berbahan minyak dan dibilas dengan facial wash. Double cleansing dilakukan dengan produk ini karena bisa membuat wajah bersih secara tuntas berkat kandungan minyak dan airnya sekaligus yang menjadikan pemakaiannya lebih efektif.

2. Laneige Fresh Calming Serum

Produk ini mengandung formula khusus yang akan cocok bagi tipe kulit kombinasi karena dapat mengontrol produksi minyak dan sekaligus menghidrasi kulit wajah. Tidak hanya itu, serum ini juga memiliki efek yang menyegarkan dan tahan lama, berbahan alami sehingga tidak akan mengakibatkan iritasi pada kulit jika digunakan. Produk sudah diuji secara dermatologis dan bebas dari mineral oil, pewarna buatan dan juga tidak mengandung bahan dasar yang berasal dari hewan sehingga Anda bisa mendapatkan tanda skincare cocok pada wajah.

3. Belif The True Cream Aqua Bomb

Merk produk skincare yang bagus untuk kulit kombinasi satu ini lebih dikenal di Amerika Serikat, sehingga tidak banyak yang mengetahui bahwa produk ini adalah salah satu merk berkualitas bagus untuk kulit wajah. Formulanya sangat ringan dan bertekstur gel yang cepat meresap dan membuat wajah menjadi lebih segar. Selain itu kandungannya juga kaya akan antioksidan sehingga dapat melindungi kulit dari radikal bebas.

4. Human Nature Balancing Face Toner

Produk ini diklaim 99,8 % alami dan hipoalergenik, ditujukan untuk kulit berminyak dan kombinasi. Dapat membersihkan kulit tanpa membuat kulit terasa kencang atau kering dan mempersiapkan kulit untuk menyerap nutrisi dari pelembab wajah. Dapatkan wajah yang bebas kilap, segar dengan toner yang mengandung sugar beet dan ekstrak elemi yang diambil dari pohon pili di Filipina untuk membantu menyeimbangkan dan menjaga kadar minyak di wajah tetap terkontrol.

5. Neutrogena Hydraboost Water Gel

Neutrogena merupakan pelembab yang berbahan dasar gel dapat menjaga keseimbangan kadar produksi minyak dan kelembaban di kulit wajah. Wajah akan tampak kenyal, halus dan terhidrasi setiap hari dengan pelembab untuk kulit kombinasi ini. Produk ini cepat menyerap dam menyebarkan kelembaban secara langsung, mengandung hyaluronic acid yang dapat ditemukan secara alami pada kulit dan bertindak untuk menyerap seribu kali beratnya dalam air. Pelembab ini bebas minyak sehingga dapat dipakai sendiri atau sebagai bahan dasar make up dan primer, non comedogenic, serta 100% bebas alkohol.

6. The Body Shop Drops of Youth Liquid Peel

Produk skincare yang bagus untuk kulit kombinasi berikutnya adalah dari The Body Shop. Kulit wajah perlu dieksfoliasi dalam jangka waktu yang teratur agar terbebas dari sel kulit mati, sisa make up dan kotoran yang menumpuk. Proses eksfoliasi juga akan memudahkan produk perawatan untuk meresap langsung ke dalam kulit. Produk eksfoliator yang lembut dan tidak bersifat abrasif akan memungkinkan kulit wajah terhindar dari iritasi. Produk ini mengandung tiga ekstrak tanaman yaitu edelweiss dari Alpen, sea holly dan criste marine dari Pantai Brittany.

Kebanyakan produk skincare yang bagus untuk kulit kombinasi yang dibahas diatas merupakan produk impor yang mungkin hanya bisa Anda dapatkan di toko online atau di mal dan toko kosmetik terkemuka. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki kulit kombinasi dan tertarik untuk mencobanya, diharapkan agar berhati – hati saat membeli. Pastikan produk yang Anda beli asli dan di beli di toko online yang terpercaya. Cari tahu juga tentang kandungan produk secara lengkap sebelum membeli untuk menghindari efek samping yang terjadi karena tidak cocok dengan produk tersebut. Jika Anda akan membeli di toko, sebaiknya usahakan untuk mendapatkan info yang sejelas – jelasnya dari asisten penjualan  untuk menghindari ciri – ciri skincare tidak cocok. Ketika mencoba skincare tertentu, Anda perlu mengetahui bedanya purging dan tidak cocok efeknya pada kulit wajah, dan melakukan urutan pemakaian skincare yang benar sehari – hari untuk menghindari efek buruknya.