5 Bedanya Purging Dan Tidak Cocok Bagi Pengguna Pemula Skincare

Menggunakan produk perawatan baru pada kulit wajah tidak selalu dapat berjalan dengan mulus. Terkadang, reaksi kulit wajah terhadap produk perawatan baru tidak dapat ditebak. Salah satu reaksi yang bisa timbul dari pemakaian produk baru tersebut adalah timbulnya jerawat di wajah. Penyebab munculnya jerawat ini biasanya bisa disebabkan oleh kondisi break out karena tidak cocok atau hanya reaksi purging semata. Sumber kerancuan utama dari kondisi kulit yang mengalami break out dan kulit yang mengalami purging adalah bahwa keduanya sama – sama berupa kulit yang berjerawat.

Kedua kondisi ini sama – sama akan membuat wajah terlihat lebih buruk dari kondisi sebelumnya. Kondisi seperti ini tentunya akan menimbulkan pertanyaan, mengapa penggunaan produk perawatan wajah justru membuat kulit wajah menjadi tampak lebih parah dan memburuk daripada sebelum dirawat. Secara ideal tentu saja suatu produk kecantikan tidak akan menyebabkan kondisi wajah menjadi jelek, namun memang ada beberapa produk yang memiliki kandungan bahan aktif yang dapat mengganggu keseimbangan alami pada kulit untuk beberapa waktu setelah pemakaian pertama.

Perbedaan Purging dan Break Out

Secara sederhana, kulit wajah akan menjadi berjerawat atau bruntusan ketika kulit menggunakan produk yang tidak cocok. Tentu saja akan sulit membedakan apakah kondisi yang dialami berupa purging atau reaksi break out karena ketidak cocokan pada produk perawatan wajah tersebut. Bedanya purging dan tidak cocok bisa Anda ketahui melalui beberapa pembahasan berikut ini:

1. Proses Purging

Bentuk purging pada kulit wajah biasanya akan berupa jerawat atau bruntusan yang terbentuk di bawah permukaan kulit. Produk kecantikan yang mengandung bahan aktif akan mempercepat proses peremajaan kulit lebih daripada kecepatan yang normal dalam seluruh siklus. Akibatnya, jerawat yang muncul akan lebih banyak daripada biasanya karena seluruh sumbatan pada pori berupa komedo dan lainnya akan langsung berubah bentuk menjadi jerawat. Ketika kulit sudah seimbang, maka purging biasanya akan teratasi.

2. Proses Break Out

Jerawat breakout adalah kondisi kulit yang dialami karena kulit wajah tidak cocok terhadap suatu jenis bahan kosmetik atau bahan kimia tertentu sehingga kulit menolak produk tersebut. Penyebab wajah bruntusan ini membuat kulit terlihat berjerawat, bisul, dan disertai warna kemerahan juga rasa nyeri, serta pembengkakan dan peradangan pada kulit wajah.

3. Berapa lama wajah berjerawat

Untuk mengetahui bedanya purging dan breakout, Anda juga dapat melihat berapa lama serangan jerawat bertahan di kulit wajah. Jerawat yang disebabkan purging biasanya timbul dalam waktu yang lebih singkat daripada breakout dan lebih mudah disembuhkan. Purging biasanya akan terjadi dalam waktu sekitar 2-4 minggu, dan setelah itu kulit wajah akan tampak lebih bersih. Jika jerawat pada kulit wajah tidak juga hilang setelah berminggu – minggu bahkan selama maksimal delapan minggu, bisa jadi Anda tidak mengalami purging dan harus menghentikan pemakaian produk dengan segera.

4. Penyebab Purging dan Break Out

Purging biasanya disebabkan oleh bahan aktif berupa asam glikolat, asam laktat, asam salisilat, tretinoin, dan retinoic acid. Sedangkan breakout timbul bukan karena adanya bahan aktif, namun karena keseluruhan komposisi dalam produk perawatan kulit ditolak oleh kulit wajah ketika digunakan. Jerawat yang muncul karena tidak cocok pada suatu produk yang biasanya mengandung bahan – bahan yang dapat menyumbat pori – pori kulit, dan itu adalah tanda – tanda kulit wajah tidak cocok dengan kosmetik.

5. Area Jerawat

Purging biasanya terdapat di area wajah dimana Anda biasanya berjerawat. Maka jika jerawat terjadi pada area yang sebelumnya tidak bermasalah dan produk yang digunakan tidak berbahan aktif, maka bisa jadi itu adalah reaksi ketidak cocokan atau reaksi berupa muka bruntusan alergi. Jerawat karena reaksi alergi biasanya juga membuat wajah mengalami iritasi, kemerahan, dan meradang. Maka produk untuk menghilangkan bruntusan di wajah tidak seharusnya menimbulkan jerawat di area – area lain yang tidak biasa Anda alami.

Menentukan Purging Atau Tidak Cocok 

Terkadang sulit membedakan apakah jerawat yang dialami disebabkan karena proses pengelupasan kulit yang dipercepat ataukah karena produk yang digunakan tidak bekerja dengan baik pada kulit Anda. Bagaimana jika Anda tidak dapat mengetahui bedanya purging dan tidak cocok? Beri kulit jeda waktu istirahat dari penggunaan produk kecantikan untuk cara mengatasi wajah memerah karena kosmetik. Anda dapat memulai kembali dalam waktu satu minggu. Jika jerawat melambat namun masih ada sumbatan di bawah permukaan kulit, itu adalah tanda bahwa Anda harus melanjutkan pemakaian produk, dan merupakan tanda skincare cocok.

Jika kulit membaik, maka Anda akan tahu bahwa itu bukanlah produk yang tepat. Anda juga dapat menggunakan produk yang memiliki kandungan bahan aktif lebih ringan daripada biasanya. Untuk memperlambat purging, Anda bisa menggunakan produk baru sedikit demi sedikit pada kulit wajah mulai dari jumlah yang paling sedikit atau dengan frekuensi yang lebih jarang sebelum meningkatkannya secara teratur.

Seringkali untuk dapat menentukan bedanya purging dan tidak cocok memerlukan banyak pengalaman dan pengamatan secara pribadi. Dengan demikian Anda dapat mengetahui bagaimana dan apa bahan yang paling cocok atau tidak dengan kondisi kulit wajah Anda, juga bagaimana cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare. Jika Anda telah menggunakan produk baru selama paling tidak 3 bulan, Anda dapat mengharapkan perubahan ringan setelah 3-4 minggu pemakaian. Namun jika Anda masih mengalami jerawat setelah tiga bulan tersebut atau tidak melihat adanya perubahan sama sekali pada kulit setelah satu bulan, sudah waktunya untuk mengganti produk perawatan Anda. Waktu tiga bulan sudah cukup bagi kulit untuk memperbarui dirinya dan mengeluarkan jerawat yang menyumbat keluar dari pori – pori.