7 Cara Mengatasi Wajah Bruntusan Akibat Skincare dengan Cepat

Memiliki kulit yang cantik adalah dambaan setiap wanita. Untuk mendapatkan kulit seperti yang diinginkan, wanita melakukan banyak cara, bahkan rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit.  Mulai dari melakukan perawatan alami menggunakan bahan-bahan alami, melakukan perawatan di klinik kecantikan hingga membeli produk skincare.

Saat ini, memang banyak wanita yang memilih produk tertentu untuk perawatan kulitnya. Bahkan dengan menggunakan produk tersebut, kulit yang diinginkan bisa langsung didapatkan. Ada wanita yang cocok namun ada pula wanita yang tidak cocok. Beberapa wanita yang tidak cocok terhadap produk perawatan kulit tertentu biasanya akan mengalami berbagai masalah pada kulit. Masalah yang muncul pun berbeda-beda, ada yang berupa jerawat, kulit kemerahan, muncul flek hitam hingga muncul bruntusan pada kulit.

Bruntusan pada kulit bisa muncul setelah menggunakan produk skincare. Munculnya masalah ini di kulit pasca menggunakan skincare bisa terjadi karena penyebab wajah bruntusan di bawah ini :

  • Iritasi atau peradangan pada kulit dapat terjadi saat anda menggunakan produk yang mengandung bahan iritatif.
  • Purging itu sendiri merupakan suatu reaksi perburukan kulit mendahului perbaikan kulit yang biasanya muncul setelah menggunakan produk perawatan kulit tertentu
  • Keadaan ini terjadi karena peradangan pada kulit yang terjadi akibat hipersensitifitas yang terdapat dalam kandungan produk perawatan kulit tertentu.

Munculnya bruntusan pada kulit tentu akan mengganggu kecantikan kulit dan membuat anda merasa tidak nyaman.  Sebab bruntusan itu sendiri biasanya muncul disertai dengan rasa gatal. Untuk cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan. Untuk mengetahui anda bisa simak pada pembahasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Wajah Bruntusan Akibat Skincare

Sebagai langkah awal cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare, anda dapat ikuti beberapa langkah di bawah ini:

1. Menghindari Produk Perawatan Kulit Sembarangan

Hindari penggunaan produk perawatan kulit dengan sembarangan karena akan membuat keadaan wajah anda semakin parah. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter mengenai produk apa yang akan digunakan dan produk apa yang cocok dengan kulit anda.

2. Hindari Menghentikan Produk Perawatan Kulit dengan Tiba-Tiba

Biasanya berhentinya seseorang dari produk perawatan kulit yaitu karena tergiur atau ingin pindah pada produk perawatan kulit yang lainnya. Namun, menghentikan skincare dengan tiba-tiba justru tidak baik untuk kesehatan kulit anda karena dampaknya akan muncul berbagai masalah kulit, salah satunya bruntusan.

3. Hindari Memecahkan Bruntusan yang Muncul

Jika bruntusan sudah muncul pada wajah anda, sebaiknya hindari memecahkan atau memencet bruntusan yang muncul. Pasalnya, keadaan ini justru akan membuat keadaan kulit anda semakin parah. Bahkan akan menimbulkan bekas yang akan mengganggu penampilan anda. Parahnya bekas tersebut akan sulit hilang.

4. Bersihkan Wajah dengan Teratur

Cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare yang selanjutnya yaitu dengan membersihkan wajah teratur. Dalam keadaan seperti ini, anda jangan malas mencuci wajah anda. Sebaiknya bersihkan atau cuci wajah anda dengan teratur minimal sebanyak 2 x sehari. Segala kotoran atau debu dapat menempel pada wajah anda, apalagi jika anda banyak menghabikan waktu di luar ruangan. Jika tidak dibersihkan dengan baik, bruntusan pada wajah anda bisa saja semakin parah. Sebaiknya bersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih yang tepat. Anda dapat melakukan konsultasi pada dokter mengenai sabun pembersih apa yang cocok dengan wajah anda.

5. Rubah Pola Makan

Menerapkan pola makan yang sehat tentu bermanfaat untuk kesehatan. Untuk membantu mengatasi masalah ini, anda dapat merubah kebiasaan makan anda yang tidak baik. Mulai sekarang sebaiknya perbanyak makan sayuran dan buah-buahan. Selain itu, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan. Minumlah lebih banyak minimal 8 gelas dalam perhari.

6. Kendalikan Stres dengan Baik

Seperti yang kita ketahui semua, stres memiliki dampak buruk untuk kesehatan maupun kecantikan kulit. Beberapa pengaruh stres untuk kulit di antaranya yaitu, dapat mengganggu regenerasi sel kulit, menurunkan elastisitas kulit, menjadi penyebab kulit kering, menjadi penyebab kulit keriput, muncul kemerahan dan gatal pada kulit, menyebabkan jerawat dan lain sebagainya. Nah, agar keadaan kulit anda tidak semakin parah, penting untuk mengelola stres dengan baik. Anda dapat menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan stres atau anda dapat melakukan kegiatan yang menyenangkan untuk dapat mengelola stres dengan baik.

7. Batasi Penggunaan Kosmetik yang Berlebih

Menggunakan produk kosmetik berlebihan justru tidak baik untuk kulit anda. Sebaiknya, biarkan kulit anda beristirahat. Anda dapat membatasi penggunaan kosmetik selama keadaan kulit anda seperti itu agar tidak semakin parah.

Itulah beberapa cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare yang dapat anda lakukan di rumah dengan mudah. Jika keadaan bruntusan semakin parah, anda dapat melakukan konsultasi pada dokter kulit. Selain itu, anda juga dapat mengetahui cara menghilangkan bruntusan di wajah atau cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan es batu. Semoga bermanfaat.