8 Cara Mencuci Muka yang Benar untuk Menghilangkan Jerawat

Wajah yang berjerawat tentunya membutuhkan perawatan khusus untuk membantu mengatasi permasalahannya. Jika tidak tentunya perawatan yang kita lakukan hanya akan menambah parah peradangan jerawat yang ada pada kulit wajah kita. Perawatan untuk kulit berjerawat tidak hanya sekedar penggunaan krim – krim anti jerawat yang mengandung anti bakteri dan lain sebagainya. Tetapi, lagi – lagi ada hal mendasar yang mungkin seringkali kita abaikan karena memang hal tersebut sangat teramat sederhana. Hal sederhana itu adalah mencuci muka. Ada beberapa cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat yang patut kita ketahui. Berikut ini saya akan membeberkan beberapa informasi seputar cara mencuci muka yang benar bagi Anda yang memiliki masalah kulit berupa jerawat.

Baca juga:

Cara Mencuci Muka yang Benar untuk Menghilangkan Jerawat

1. Pakai cleanser terlebih dahulu

Penggunaan cleanser akan membantu Anda memaksimalkan kulit wajah yang bersih dari paparan kotoran dan polusi. Gunakan rangkaian cleanser dan milk cleanser untuk hasil yang lebih maksimal sebelum Anda menggunakan sabun cuci muka. Penggunaan cleanser sangat disarankan karena wajah yang berjerawat tidak bisa diperlakukan kasar dengan menggunakan scrubing atau perawatan sejenis. Diperlukan perawatan yang ringan dan maksimal untuk merawatnya. Bahkan kadang, apabila Anda pernah mencoba, seseorang yang telah mencuci mukanya lalu menggunakan cleanser masih menunjukkan adanya sisa – sisa kotoran yang tertinggal yang bisa terlihat pada kapas yang telah digunakan. Karena itu penggunaan cleanser sangat disarankan.

Baca juga:

2. Gunakan sabun cuci muka yang cocok

Setelah wajah dibersihkan dengan rangkaian perawatan cleanser lakukan pencucian wajah dengan sabun cuci muka. Pastikan sabun cuci muka Anda cocok dengan kulit Anda, dan jangan sering berganti – ganti produk sabun cuci muka. Hal ini bisa merusak kulit wajah Anda dan membuatnya menjadi kering. Satu hal lagi, jangan mudah tertipu dengan iklan yang biasa Anda lihat dimanapun. Apabila Anda telah cocok dengan satu produk cuci muka maka gunakanlah produk tersebut paling tidak sampai jerawat Anda benar – benar pulih.

3. Cuci tangan Anda hingga bersih

Tidak hanya wajah saja yang perlu dibersihkan, tetapi tangan yang akan Anda gunakan untuk membersihkan wajah Anda juga harus bersih. Hal ini dilakukan untuk menghindari perpindahan kotoran dan bakteri pada tangan ke wajah yang hanya akan bisa memperparah kondisi jerawat Anda. Anda bisa mencuci tangan Anda sebelum menggunakan cleanser dan pada saat sebelum mencuci muka.

4. Lakukan pemijatan pada wajah

Cara Mencuci Muka yang Benar untuk Menghilangkan Jerawat dengan hasil yang maksimal, maka Anda bisa melakukan beberapa pijatan ringan pada bagian wajah Anda. Pemijatan ini dilakukan untuk memberikan sensasi nyaman pada kulit yang tegang karena paparan kotoran, debu, dan polusi sehari – hari. Selain itu, pemijatan yang Anda lakukan selama beberapa saat ini juga akan membantu sabun pencuci wajah Anda menyerap kotoran pada wajah secara maksimal.

Baca juga: Macam Macam Perawatan Wajah di Salon – Manfaat Totok Aura Wajah

5. Basuh wajah Anda menggunakan air bersih mengalir

Gunakan air mengalir untuk membasuh wajah Anda. Jangan membasuh wajah terburu – buru agar tidak ada sisa – sisa sabun pencuci wajah yang menempel pada wajah Anda. Pastikan Anda membasuh wajah secara maksimal, karena sisa kotoran dan sabun pencuci wajah yang tertinggal juga dapat menimbulkan beberapa masalah pada wajah karena pori – pori yang tersumbat. Pastikan juga Anda tidak menggunakan air yang tergenang atau tidak mengalir, hal ini akan membuat kotoran atau sisa – sisa sabun cuci muka Anda kembali lagi ke wajah Anda sehingga hasilnya tidak bersih secara maksimal.

6. Hindari penggunaan scrub wajah

Karena jerawat tidak boleh dipencet untuk menghindari infeksi, maka hindari scrub untuk sementara waktu. Srub hanya akan membuat jerawat meletus dan membuatnya terasa perih. Penggunaan scrub yang secara sengaja akan membuat jerawat meletus juga bisa menambah daerah persebaran jerawat, jadi jerawat pada wajah akan bertambah banyak, disamping itu efek jangka panjangnya juga bisa menimbulkan bopeng yang sangat sulit dihilangkan. Selain itu, fungsi dari scrub adalah mencegah jerawat karena scrub akan membantu membersihkan kotoran dan komedo yang ada pada bagian wajah. Fungsi lain dari scrub adalah menghilangkan bekas jerawat, dan bukan untuk menghilangkan jerawat. Jadi, ingat kembali bahwa penggunaan scrub hanya dianjurkan apabila jerawat telah benar – benar sembuh dan teratasi.Untuk menggantikn fungsi scrub mungkin Anda bisa mencoba untuk menggantikan scrub dengan masker wajah untuk sementara waktu. Masker juga memilki manfaat yang baik dan bisa membantu meremajakan kulit wajah Anda.

Baca juga:

7. Pakailah toner

Salah satu penyebab jerawat adalah produksi minyak berlebih pada kulit wajah kita. Untuk mencegah produksi minyak berlebih yang bisa membuat kotoran dan debu dari luar menempel pada kulit wajah kita, kita bisa menggunakan toner. Toner berfungsi untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Gunakan toner seusai mencuci wajah. Setelah menggunakan toner kulit wajah juga akan terasa lebih ringan dan segar, jadi tidak ada salahnya untuk menggunakan toner setelah mencuci wajah. Pastikan Anda memilih toner sesuai dengan kondisi wajah Anda baik itu kulit berminyak dan berjerawat ataupun kulit normal berjerawat.

8. Gunakan pelembab

Walau kulit berjerawat memang cenderung berminyak, bukan berarti kita meninggalkan dan melupakan penggunaan pelembab. Pelembab akan membantu melembabkan kulit dan bisa membantu menekan produksi minyak. Minyak berlebih pada wajah pada dasarnya diproduksi karena kelembapan kulit yang kurang. Maka dengan penggunaan pelembab, kulit akan menjadi lembab tanpa ada minyak berlebih yang terlihat. Jangan lupa untuk tetap mengaplikasikan juga pelembab sebelum Anda menggunakan make up.

Baca juga:

Jadi itu tadi adalah beberapa tips yang bisa saya berikan untuk Anda yang memiliki masalah dengan jerawat membandel. Semoga artikel mengenai cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat ini bisa membantu. Terimakasih atas kesetiaan dan perhatiannya pada website kami dan nantikan juga artikel – artikel menarik lainnya seputar kecantikan yang bisa membantu Anda.