20 Cara Membuat Rambut Halus Alami Super Cepat

Salah satu masalah rambut dari 8:0 wanita yaitu mempunyai rambut yang kasar sehingga sulit untuk diatur. Hal ini akan menyebabkan menurunnya kepercayaan diri sehingga banyak wanita yang melakukan pencatokan agar mendapatkan rambut yang halusdan mudah diatur. Hal tersebut justru akan menyebabkan masalah lain yang muncul seperti rambut rontok , rambut kering , rambut lepek , serta rambut kaku dan kasar.

Lalu bagaimana membuat rambut halus secara alami tanpa dengan perawatan di salon ? Berikut penjelasan nya.

Cara Membuat Rambut Halus Alami

Perawatan rambut secara alami dapat kita lakukan dalam 3 hal antara lain kebiasaan setiap hari, melakukan perawatan dengan hot treatment oil serta kita melakukan pemaskeran rambt dengan cara membuat masker rambut alami  .Salah satu masalah yang sering kita jumpai pada wanita yaitu memiliki rambut yang identik kasar , kering dan kusam sehingga menyebabkan rambut sulit diatur. Berikut tips alami untuk membuat rambut terlihat halus dan mudah diatur.

1. Jangan Keramas Setiap Hari

Memang keramas sangat penting dilakukan karena untuk menjaga kebesihan rambut dan kulit kepala. Namun apabila ini dilakukan setiap hari maka akan mengakibatkan rambut kehilangan minyak alaminya serta akan membuat rambut rusak, kusam dan kering . Hal ini lah yang membuat rambut tidak halus dan sulit diatur. Maka disarankan untuk keramas minimal 2 hari 1 kali  kali atau 3 hari 1 kali dalam seminggu. (Baca juga : Cara Membuat Rambut Kaku menjadi Lemas secara Alami )

2. Gunakan Shampoo yang sesuai

Dalam memilih shampoo yang sesuai sangat penting untuk menjadikan rambut tetap halus dan mudah diatur. Disarankan untuk memilih produk shampoo yang sifatnya alami. Selain itu pilihlah shampo yang cocok untuk rambut kering atau yang sesuai jenis rambut masing-masing.

3. Jangan Mengosok Rambut Selesai Keramas

Kebiasaan  buruk yang kita lakukan saat selesai keramas yaitu menggosoknya dengan handuk. Hal ini sebenarnya tidak benar karena menggosok rambut dengan handuk akan membuat rambut menjadi kering, kusam selain itu juga bisa menyebabkan rambut kasar sehingga nanti akan sulit untuk diatur. Maka hindari menggosok rambut setelah keramas untuk menjaga rambut agar tetap sehat , halus sehingga mudah diatur. (Baca juga :  Cara melembutkan Rambut Kering )

4. Memilih Sisir yang Benar

Pemilihan sisir ternyata juga akan mempengaruhi rambut kita , apabila kita mengguanakan sisir yang mempunyai gigi banyak akan menyebabkan rambut kering dan kusut . Berbeda jika menggunakan sisir yang ber gigi jarang justru akan membuat rambut tidak kering dan kusam sehingga menjaga kehalusan rambut dan mudah diatur. (Baca juga : Penyebab Rambut Rontok pada Wanita Berjilbab )

5. Jangan Mengikat Rambut saat Basah

Kebiasaan buruk yang dilakukan wanita yaitu mengikat rambutnya dalam kondisi yang masih basah . Hal ini akan menyebabkan mesalah pada rambut kita . Masalah yang muncul akan menimbulkan beberapa akibat yaitu akibat rambut bercabang , akibat rambut kaku dan kasar dan yang paling utama yaitu berakibat pada rambut kusam dan sulit diatur. Maka untuk menjaga rambut tetap halus dan mudah diatur dianjurkan untuk tidak mengikat rambut saat keadaan basah.

6. Hindari penggunaan Suhu Panas

Hal yang sering dilakukan wanita yaitu melakukan penccatokan rambut . Hal ini jusrtru akan menimbulkan masalah baru antara lain rambut kusam, kering, kasar , bercabang dan rambut menjadi lepek . Maka dianjurkan untuk tidak sering melakukan pencatokan ini. (Baca juga :  Cara menghilangkan bintik-bintik putih di wajah )

7. Hindari Sinar Matahari

Terpapas sinar matahari langsung tanpa pemakaian pelindung kepala dapat merusak rambut karena panas dari matahari. Maka di sarankan saat terpapar sinar matahari langsung sebaiknya menggunakan pelindung kepala untuk mencegah terjadi kerusakan rambut. (Baca juga : Cara menghilangkan leher hitam pada orang gemuk )

8. Gunakan Deep Kondisioner

Penggunaan deep kondisioner sekali seminggu akan membantu rambut untuk menjaga kehalusan dan kelembutannya. Deep kondisioner berbeda dengan  kondisioner yang biasa karena pengaplikasiannya sampai ke kulit kepala tidak hanya pada batang rambut. (Baca juga : Penyebab Rambut Beruban Di usia 20an )

9. Minyak Zaitun

Melakukan perawatan dengan bahan alami itu perlu demi menjaga kesehatan rambut. Minyak zaitun mengandung minyak alami yang berfiungsi untuk menjaga kelembaban dan menjaga rambut agar tetap halus dan sehat. Caranya mudah cukup oleskan minyak zaitu ke rambut secara merata , diamkan hingga meresap dan bilas dengan air bersih. (Baca juga : Cara Menghilangkan Ketombe dengan Minyak Zaitun )

10. Minyak Kemiri

Tidak jauh beda dengan minyak zaitun ternyata untuk menjaga kehalusan rambut dengan alami kita juga dapat memanfaatkan minyak kemiri. Selain melembutkan rambut terdapat manfaat yang biasa digunakan untuk salah satu cara menumbuhkan rambut dengan minyak kemiri . Cara penggunaan minyak kemii sangat mudah cukup oleskan ke rambut tunggu hingga meresap selama kurang lebih 20 menit , lalu keramas dan bilaslah dengan air bersih.

11. Minyak Kelapa

Penggunaan minyak kelapa secara alami juga mampu menjadikan rambut halus dan mudah diatur . Selain itu manfaat minyak kelapa untuk rambut juga dapat merawat kesehatan kulit wajah.Untuk perawatan rambut  caranya mudah cukup oleskan minyak secara menyeluruh ke rambu lalu diamkan hingga meresap dan bilas dengan air bersih.

12. Minyak Almond

Manfaat almond untuk perawatan rambut banyak sekali salah satunya dapat memberikan kilau rambut secarra alami dan membuatnya lembut dan halus. Siapkan minyak almond yang sudah dihangatkan , lalu oleskan merata ke rambut. diamkan hingga meresap kurang lebih selama 30 menit bilas menggunakan air bersih , dan yang terakhir keramaslah dengan shampoo.

13. Madu

Manfaat madu untuk rambut yaitu menjaga kesehatan rambut dan membuat rambut halus . Sehingga masker madu untuk rambut ini cocok sekali jika digunakan untuk menghaluskan rambut agar mudah  diatur. Siapkan madu secukupnya , oleskan ke kulit kpala hingga ujung rambut sambil di pijat perlahan-lahan. Diamkan hingga meresap ke rambut kurang lebih 30 menit. Keramas dengan shampoo dan gunakan air bersih untuk membilasnya.

14.Telur

Selain sumber protein bagi kesehata tubuh kita , ternyata telur mempunyai  manfaat telur untuk menjaga kesehatan rambut. Siapkan kuning telur sebanyak 3 butir atau secukupnya sesuaikan panjang rambut dan tebal rambut, oleskan ke rambut hingga merata diamkan selama kurang lebih 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih dan keramaslah. (Baca juga : Cara menghilangkan komedo dengan jeruk nipis )

15. Mayones

Cara Membuat Rambut Halus Alami dengan menggunakan mayones. Mayones mengandung minyak alami yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Selain untuk toping berbagai makanan juga mampu membuat rambut menjadi halus. Siapkan mayones secukupnya dan oleskan ke rambut secara merata dan diamkan selama 20 menit . Setelah itu bilas menggunakan air bersih dan keramas dengan shampoo. (Baca juga : Hair Tonic untuk Rambut Rontok )

16. Alpukat

Manfaat buah alpukat banyak sekali dari manfaat untuk kesehatan tubuh hingga rambut. Buah alpukat memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang baik bagi rambut. Siapkan alpukat yang sudah dihaluskan secukupnya , oleskan ke rambut secara merata diakan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih lalu keramaslah menggunakan shampoo. (Baca juga : Vitamin Rambut yang Bagus )

17. Pisang

Pisang merupakan buah yang mampu dimanfaatkan berbagai olahan dari produk makanan hingga produk kecantikan.  Manfaat pisang untuk kesehatan rambut yaitu membuat rambut menjadi halus dan kuat. Siapkan buah pisang ambon yang sudah dihaluskan lalu oleskan ke rambut hingga merata . diamkan dan bungkus menggunakan handuk hangat selama 20 menit lalu bilas mengguakan air bersih. (Baca juga : Shampo untuk kulit kepala gatal )

18. Apel

Selain baik untuk dikonsumsi secara langsung bagi kesehatan tubuh,buah apel juga baik digunakan untuk perawat rambut secara alami. Siapkan 2 sampai 3 buah apel lalu rebus hingga tampak lembek lalu tiriskan dan haluskan hingga menjadi kental. Diamkan hingga mulai dingin lalu oleskan ke rambut diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih dan keramaslah. (Baca juga : Cara merawat rambut ikal agar tidak mengembang )

19. Yogurt  

Selain berguna untuk  cara mengatasi rambut kering dan bercabang secara alami , yogurt juga bisa digunakan untuk melembutkan rambut yang rusak dan kasar. Siapkan yogurt secukupnya sesuai kebutuhan rambut oleskan hingga merata . Lalu bungkus dengan handuk hangat dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air bersih dan keramaslah.

20. Lidah Buaya

Biasanya lidah digunakan untuk tambahan produk kecantikan seperti hand body , cream wajah hingga shampoo. Pada perawatan rambut secara alami lidah buaya buerguna untuk merawat rambut agar tetap halus. Gunakan gel lidah buaya secukupnya lalu oleskan ke rambut hingga merata. Diamkan selama 30 menit lalu keramaslah dan bilas menggunakan air bersih.

Baca juga :

Penjelasan diatas merupakan Cara Membuat Rambut Halus Alami. Selain mudah didapat harganya pun terjangka.Selain perawatan rambut secara alami tidak memiliki efek samping yang membuat masalah-masalah pada rambut.