16 Penyebab Rambut Beruban di Usia 20an Wajib Diketahui

Uban merupakan kejadian perubahan warna rambut seseorang, perubahan warna rambut biasanya berubah dari warna hitam ke abu-abu lalu menjadi warna putih. Uban seringkali identik dengan penuaan atau seseorang yang memasuki usia senja. Tapi tidak jarang orang memiliki rambut yang beruban padahal usianya masih muda. Kebanyakan orang erutama wanita tidak suka dengan munculnya uban karena merasa mengganggu penampilan. Sehingga tidak jarang mereka mengecat rambut untuk menghilangkan uban pada rambut. Berikut penyebab rambut kalian beruban.

1. Faktor dari Dalam (Intrinsik)

Uban seringkali muncul sebagai akibat dari permasalahan sintesa protein. Keadaan ini membuat sel melanosit tidak mampu menghasilkan pigmen melanin yang membuat rambut menjadi kehilangan warna aslinya. Pada keadaan umum, kondisi ini seringkali dihubungkan dengan pertambahan usia seseorang. Penurunan kerja sel melanosit tersebut dikarenakan adanya kerusakan kolagen yang diakibatkan kadar enzim katalase menurun. Enzim katalase mempunyai peranan buat mengurai hidrogen peroksida jadi hidrogen serta air. Saat kadar enzim katalase menurun, hidrogen peroksida tidak dapat diuri yang menyebabkan kolagen mengalami kerusakan.

Inilah yang umumnya terjadi di dalam tubuh saat rambut berubah warna. Faktor dari dalam ini biasanya akan terjadi saat usia bertambah tua. Tapi tidak jarang rambut beruban saat usia masih muda. (Baca Juga : Cara Menghilangkan Noda Hitam di Wajah)

2. Adanya Penyakit Tiroid

Penyebab selanjutnya yang bisa membuat rambut beruban adalah penyakit tiroid. Penyakit ini ternyata bisa menimbulkan uban pada rambut. Ini dikarenaka menurunnya kinerja pada kelenjar tiroid yang akan membuat produksi melanin menurun. Sehingga rambut akan menjadi lebih cepat beruban. Buat mengantisipasi hal ini, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan tiroid secara rutin. Selain buat mencegah munculnya uban saat masih muda. Ini juga akan membantu kalian agar lebih mengenali kesehatan tubuh kalian. (Baca Juga : Manfaat Madu Untuk Kulit)

3. Pengaruh Genetik

Penyebab rambut beruban di usia 20an yang paling sering terjadi yaitu faktor genetik. Faktor genetik bisa menjadi penyebab timbulnya uban di usia 20an. Jika kalian mengalami hal ini, ada baiknya untuk bertanya mengenai riwayat didala keluarga. Apakah orangtua mengalami rambut beruban diusia muda, atau kake nenek karena bisa saja penyebabnya adalah faktor genetik.  Jika kalian telah mengetahui kondisi ini sejak dini, kalian bisa melakukan berbagai macam perawatan serta pencegahan untuk mencegah banyaknya uban yang muncul di usia 20an.(Baca Juga : Penyebab Wajah KusamCara Mengatasi Kulit Kusam)

4. Kebiasaan Merokok

Tidak hanya berdampak negatif bagi kesehatan rambut, merokok sangat tidak bagus untuk tubuh kalian. Merokok bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit jantung, impoten hingga bisa menyebabkan kanker. Saat kalian meroko, kalian sama saja memasukkan racun radikal bebas dengan sengaja ke dalam tubuh. Racun-racun inilah yang akan menurunkan produksi melanin yang membuat uban menjadi lebih cepat muncul.

Tidak heran jika kebanyakan perokok, mempunyai rambut yang tidak sehat serta menjadi lebih cepat beruban jika dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Selain itu, buat kalian yang tidak merokok, sangat disarankan buat menghindari lingkungan perokok. Karena kalian berpotensi jadi perokok pasif yang akan ikut menghirup asap rokok dan bisa berdampak pada kesehatan tubuh serta rambut. Jadi, walaupun kalian tidak merokok tapi kalian akan ikut merasakan dampaknya yang cukup berbahaya serta merugikan Untuk itu kalian perlu mengetahui bagaiman cara menghindari asap rokok agar tidak menjadi perokok pasif.(Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Agar Tidak Rontok,  Manfaat Conditioner rambut)

Sponsors Link

5. Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 adalah salah satu vitamin yang sangat berperan penting bagi kesehatan rambut serta kult kepala. Sehingga asupan vitamin B12 sangat penting bagi tubuh. Melanin yang diproduksi dikulit sangat berperan penting dalam mempertahankan warna rambut. Sehingga jika kalian kekurangan asupan vitamin B12, ini akan menyebabkan kesehatan kulit menjadi terganggu, yang akan menyebabkan produksi melanin menjadi menurun. Tapi perlu kalian ketahui, tubuh yang kekurangan vitamin B12 sangatlah jarang. Karena biasanya hati sudah menyimpan cadangan vitamin B12 sehingga bisa mencukupi kebutuhan tubuh buat dipakaisampai dengan beberapa tahun.(Baca Juga : Manfaat Hair Mask Untuk Rambut , Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok)

6. Faktor Psikologis

Selanjutnya yang paling sering menyebabkan rambut beruban di usia 20an yaitu faktor psikologis. Biasanya faktor psikologis ini erat berhubungan dengan rasa stres, khawatir, sedih, serta gelisah yang kalian alami. Semua perasaan ini biasanya akan membuat munculnya uban saat kalian rasakan secara berlebihan. Hal ini juga yang akan menyebabkan produksi melanin mengalami penurunan saat . Selain itu, amarah juga bisa menyebabkan rabut beruban di usia muda. Ini dikarenakan saat kalian marah akan membuat wajah serta rambut menjadi lebih cepat terlihat tua.( Baca juga : Vitamin Untuk Rambut Kering, Manfaat Santan Untuk Rambut )

7. Konsumsi Makanan Cepat Saji

Tentu kalian tahu jika terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji akan berdampak negatif bagi tubuh. Ini karena makanan cepat saji bersifat karsinogenik serta bersifat racun. Zat racun karsinogenik inilah yang bisa menghambat serta menurunkan produksi melanin. Sehingga jangan heran jika semakin sering kalian mengonsumsi makanan cepat saji akan membuat rambut beruban di usia muda.(Baca juga: Manfaat Beras Untuk Wajah)

ads

8. Diet Tidak Seimbang

Seringkali orang denganberat badan berlebih ternyata sering melakukan diet dengan cara yang salah. Biasanya mereka akan mengurangi asupan makanan secara berlebih. Inilah yang menyebabkan asupan gizi yang diperlukan oleh tubuh juga akan berkurang. Bahkan pada kasus tertentu, tingkatan gizi pada tubuh orang yang diet tidak seimbang bahkan cenderung buruk. Kurangnya asupan gizi tersebut akan berpengaruh pada rendahnya produksi melanin sehingga uban lebih cepat muncul. (Baca juga: Cara Menghilangkan Kerutan Di Mata)

9. Kebiasaan Menggunakan dan Mengganti Pewarna Rambut

Sering menggunakan serta mengganti pewarna rambut akan berakibat buruk bagi kesehatan rambut. Bahkan, kebiasaan menggonta-ganti warna rambut bisa mengganggu kesehatan kulit kepala. Zat kimia yang terkandung didalam pewarna rambut bisa merusak kesehatan rambut serta mengikis melanin pada rambut. Ini yang membuat rambut akan beruban diusia muda. Tidak cuma itu, sering mengecat rambut akan membuat rambut kalian menjadi terlihat kusam serta bercabang.

10. Kurangnya Kebersihan Rambut dan Kulit Kepala

Rambut serta kulit kepala yang kotor atau jarang dicuci akan membuat bakteri serta kuman lebih cepat berkembang. Akibatnya, rambut menjadi sarang dari berbagai organisme sehingga membuat kulit kepala serta rambut menjadi tidak sehat. Ini juga akan membuat produksi melanin juga menurun yang menimbulkan uban pada rambut.(Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kusam , Penyebab Kulit Kering dan Kusam)

11. Penggunaan Sampo yang Salah

Memakai sampo yang salah atau tidak sesuai jenis rambut kalian bisa menjadi penyebab rambut beruban diusia dini. Sebelum mencuci rambut dengan sampo, sangat disarankan untuk mengetahui jenis rambut kalian agar tidak salah saat memilih sampo. Dengan memakai sampo yang sesuai, ini akan membuat rambut menjadi lebih sehat dan mencegah munculnya uban. Memakai sampo yang tidak sesuai bisa mempercepat tumbuhnya uban, serta menyebabkan kulit kepala menjadi mudah berketombe, menjadi lebih mudah berminyak. (Baca juga: Manfaat Eksfoliasi Wajah)

12. Ketidakseimbangan Hormon

Hormon yang tidak seimbang bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti gangguan tiroid, hamil, dan lain sebagainya. Berbagai faktor tersebut akan membuat produksi hormon tidak menentu dan mengalami ketidakseimbangan. Akibatnya, produksi melanin terganggu dan uban mudah tumbuh.

13. Pencucian Rambut Terlalu Sering

Jarang mencuci rambut akan membuat rambut menjadi tidak sehat, tapi jika mencuci rambut terlalu sering juga bisa merusak kesehatan rambut. Ini karena akan menyebabkan mineral alami pada rambut menjadi terkikis serta melanin rambut. Selain rambut menjadi beruban, mencuci terlalu sering juga bisa menyebabkan rambut jadi kering, kusam, serta bercabang.(Baca juga : Manfaat Oatmeal Untuk Kulit Wajah Sensitif)

Sponsors Link

14. Penggunaan Pengering Rambut Terlalu Sering

Mengeringkan rambut dengan hair driyer ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan rambut. Akan lebih baik mengeringkan rambut dengan cara alami daripada memakai hair driyer. Tidak hanya haidriyer, terlalu sering menggunakan catok akan merusak kesehatan rambut.  Karena kedua alat ini menimbulkan panas yang membuat rambut menjadi gampang patah serta membuat produksi melanin akan menurun. (Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Secara Alami)

15. Terjadinya Defisiensi Asam Folat

Asam folat, juga sangat penting buat kesehatan tubuh, serta penting dalam menjaga kesehatan rambut. Asam folat bisa memicu pertumbuhan rambut menjadi optimal. Jika rambut kekurangan asam folat, ini akan membuat pertumbuhan rambut terhambat, serta uban juga lebih mudah muncul.(Baca juga: Cara Membuat Rambut Lembut)

16. Menopause Dini

Menopause adalah gejala berhentinya menstruasi yang umum terjadi pada wanita. Jika menopause terjadi di usia dini,  akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang membuat rambut beruban pada usia dini. Ini dikarena produksi melanin yang menurun sehingga menyebabkan rambut beruban.

Itulah berbagai penyebab rambut beruban di usia muda. Dari berbagai penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa uban di usia muda bisa disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Menjaga kesehatan tubuh akan membantu pencegahan munculnya uban di usia muda. Selain itu jauhi penggunaaan zat-zat yang tidak baik seperti cat rambut serta mengurangi penggunaan alat-alat rambut yang bisa membuat kerusakan pada rambut (Baca Juga : Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Minyak Zaitun)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 11th, September 2017 / 04:52 Oleh :
Kategori : Rambut