20 Cara Agar Rambut Mudah Diatur untuk Pria Paling Efektif

Tidak hanya wanita yang melakukan perawatan pada rambut. Ternyata lelaki juga harus melakukan perawatan demi menjaga kesehatan rambutnya. Meskipun pendek dan kelihatannya tidak terdapat masalah , ternyata rambut pada pria juga memiliki masalah antara lain rambut rontok , rambut berketombe, rambut berminyak yang akan mengakibatkan rambut susah diatur. Rambut yang susah diatur akan menurunkan daya tarik untuk menarik seorang wanita.

Cara Agar Rambut Mudah Diatur untuk Pria

Salah satu masalah rambut pada pria yaitu sulit untuk diatur , apalagi saat sedang menghadiri sebuah acara, maka hal ini dapat mengganggu kepercayaan diri. Rambut yang susah diatur pada pria disebabkan beberapa faktor , faktor terbesar yang menyebabkan rambut susah diatur  yaitu jenis rambut kering,kusam dan kaku. Berikut cara mengatasi agar rambut pria mudah dan diatur.

1. Kenali Jenis Rambut

Tidak hanya wajib mengenali jenis-jenis kulit wajah .Ternyata dalam perawatan rambut, hal pertama yang harus diketahui saat menata rambut yaitu kenali jenis rambut terlebih dahulu. Jenis rambut keriting , mengembang, berminyak , dan lurus akan memiliki perbedaan saat menatanya. Setelah mengenali jenis rambut maka kita akan lebih mudah untuk menatanya.

2. Menyisir dengan Benar

Salah satu hal yang selalu dilakukan sehari-hari yaitu menyisir rambut.Saat bangun tidur hingga menjelang tidur lagi pasti kita akan menyisir rambut. Akan tetapi saat menyisir rambut ad beberapa hal yang perlu diperhatikan. Usahakan saat menyisir rambut gerakannya 1 arah dan pelan-pelan hal ini akan membuat rambut tidak rusak sehingga mudah untuk diatur. Menyisir dengan benar juga merupakan cara mengatasi rambut rontok pada pria

3.Melakukan Keramas secara Rutin

Kebersihan rambut merupakan salah satu menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Rambut yang susah diatur biasanya sering dibiarkan dan tidak dibersihkan. Biasanya seseorang yang jarang keramas akan mengalami masalah tidak hanya pada rambut tetapi juga pada kulit wajah seperti wajah berminyak dan jerawat. Maka dianjurkan kepada para pria agar melakukan keramas secara rutin  agar rambut mudah diatur dan tetap sehat. (Baca juga :  Cara Membuat Rambut Kaku menjadi Lemas secara Alami )

4. Jaga Rambut Agar tidak Kering dan Kusam

Rambut yang kering dan kusam akan  menyebabkan sulit untuk diatur , dan ini merupakan salah satu masalah yang mengakibatkan menurunnya performance seorang pria. Salah satu cara merawat rambut kering secara alami usahakan tetap jaga rambut agar tetap lembab dengan menggunakan produk minyak alami atau sebagainya.

5. Gunakan Kondisioner saat Keramas

Menggunakan kondisioner saat keramas bertujuan agar rambut lembut dan mudah diatur. Selain itu juga menjaga rambut agar tetap sehat karena polusi udara dan efek dari sinar  untuk matahari . Maka menggunakan kondisioner saat keramas sangat dianjurkan baik  untuk pria maupun wanita.

6. Gunakan Minyak Rambut

Tipikal jenis rambut yang kering dan kusam biasanya sulit untuk diatur . Maka penggunaan minyak alami pada rambut sangat mengatasi masalah tersebut. Akan tetapi saat memilih produk minyak , pilihlah yang sesuai dengan jenis rambut Anda  sehingga tidak menimbulkan efek samping ataupun menimbulkan masalah yang berlanjut. Kita dapat memilih minyak alami dari zaitun ,meskipun manfaat minyak zaitun untuk rambut anak akan tetapi minyak ini juga dapat dimanfaatkan atau diaplikasikan untuk orang dewasa.

7. Pilih jenis Shampo yang sesuai

Kita tidak asing dengan produk ini , karena digunakan setiap kali keramas.Setiap  jenis shampoo memiliki kandungan yang berbeda-beda. Kenali shampoo yang cocok untuk rambut kering , karena salah satu penyebab rambut sulit diatur yaitu karena jenis rambut yang kering. Dan setiap jenis rambut juga memiliki kebutuhan yang berbeda-beda pula. Maka dari itu sangat penting kita mengenali jenis rambut dan shampoo yang sesuai dengan jenis tersebut sehingga rambut lebuh mudah diatur.

8. Penuhi Nutrisi untuk Rambut

Setiap orang perlu memenuhi nutrisi baiik nutrisi untuk tubuh, kulit hingga rambut. Hal ini akan mempengaruhi kesehatan , karena pada dasarnya pemenuhan nutrisi yang cukup akan membuat semua komponen dari tubuh ,kulit hingga rambut akan sehat. Sebaliknya jika pemenuhan nutrisi kurang akan memnyebabkan berbagai masalah yang akan muncul. Masalah yang muncul pada rambut antara lain kering ,kusam dan mudah diatur.Pemenuhan nutrisi apat kita lakukan mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi. (Baca juga : Penyebab Rambut Beruban Di usia 20an )

9.Keramas dengan Air Dingin

Selain memilih produk sampo yang tepat kita juga harus memperhatikan dalam penggunaan air yang tepat, antara air dingin dan hangat. Air dingin sangat tepat dan cocok karena jika kita menggunakan air hangat justru membuat rambut kering sehingga sulit untuk diatur. Selain itu air hangat atau panas akan mengurangi minyak alami dari rambut kita.(Baca juga : Cara Mengatasi Rambut Kering dan Bercabang )

10. Menggunakan Gel Rambut yang Sesuai

Kita harus hati-hati dan memilih produk untuk rambut kita dengan tepat. Jangan sampai kita memilih produk yang salah dan menyebabkan masalah pada kesehatan rambut. Salah satu cara mengatur rambut pria agar mudah diatur adalah menggunakan gel rambut , hal ini bertujuan agar rambut tetap halus dan lembab. (Baca juga :  Cara Menghilangkan Ketombe pada Rambut Berhijab )

11. Pilih Model Potongan yang Sesuai

Seringkali para pria memotong rambutnya sesuai dengan tren yang sedang ada. Meskipun potongan tersebut tidak cocok untuknya.Akan tetapi salah satu cara untuk mengatur rambut agar mudah diatur dengan memilih jenis potongan rambut yang sesuai . Jadi disarankan saat akan memotong rambut sebaiknya konsultasikan dulu dengan ahli potong rambutnya. (Baca juga : Cara Menumbuhkan Rambut Pitak )

12.Hindari Terlalu Sering Menyisir Rambut

Tanpa kita sadari , pria sering melakukan hal ini yaitu terlalu sering menyisir rambut setiap saat ataupun menyentuhnya , merapikannya. Hal  ini justru akan menyebabkan rambut mudah kering dan kusam sehingga sulit untuk diatur. Dianjurkan pria melakukan hal ini dengan bijak sesuai kebutuhan dan dianjurkan untuk melakukan beberapa cara melembutkan rambut pria sehingga mudah diatur. (Baca juga : Cara Menghilangkan Komedo Blackhead )

13. Hindari penggunaan Warna Rambut

Memang tren jaman sekarang dalam model rambut yaitu melakukan pewarnaan pada rambut . Tanpa kita sadari melakukan pewarnaan rambut akan menimbulkan berbagai masalah seperti rambut rusak, kering, kusam dan susah diatur.Maka dari itu hindari dalam penggunaan warna rambut agar rambut kita sehat dan mudah diatur. Meskipun  terdapat Perawatan rambut berwarna sebaiknya tetap hindari pemakaian warna rambut.

14.Lindungi Rambut dari Sinar Matahari yang Berlebih

Terpapar sinar matahari secara berlebih akan mengakibatkan rusaknya rambut dan sulit diatur hal ini disebabkan karena sinar matahari menghasilkan panas yang tidak baik kesehatan rambut.Jadi disarankan saat terpapar sinar matahari langsung , gunakan pelindung rambut seperti tapi dan sebagainya. (Baca juga : Cara Menghilangkan Henna di Kuku )

15. Lakukan Perawatan Rutin 

Terdapat dua jenis perawatan rambut yaitu jenis perawatan rambut di salon dan Perawatan rambut rusak secara alami . Meskipun melakukan perawatan alami dianjurkan , tetap saja kita juga melakukan perawatan di salon . Sebaiknya memilih tempat perawatan rambut yang terpercaya hasilnya dan yang berkompeten. Konsultasikan dengan pakar rambutnya , maka nantinya akan mendapatkan solusi untuk merawat rambut agar mudah diatur.

16. Penggunaan Masker minyak Zaitun

Penggunaan masker rambut yang terbuat dari minyak zaitun sangat membantu dalam penataan rambut agar mudah di atur. Selain itu kita juga dapat merasakan manfaat minyak zaitun yang lainnya seperti mampu menghilangkan ketombe yang membandel di rambut kita. caranya mudah cukup oleskan minyak zaitun secara merata lalu bilas dan keramaslah menggunakan shampoo. (Baca juga :  Penyebab Rambut Lurus Beruban menjadi Keriting )

17. Penggunaan Minyak Kemiri

Minyak kemiri mempunyai banyak manfaat untuk rambut selain merupakan salah satu cara menumbuhkan rambut dengan minyak kemiri  yaitu sebagai cara melembutkan rambut secara alami. Caranya yaitu dengan mengoleskannya keseluruh rambut dan diamkan beberapa menit , lalu bilas dengan menggunakan shampoo.

18. Penggunaan masker minyak Almond

Minyak Almond juga merupakan minyak alami yang sangat berguna bagi rambut , selain baik dikonsumsi langsung ternyata minyak ini dapat digunakan sebagai masker rambut. Ternyata manfaat almond untuk rambut salah satunya yaitu mampu menjaga kelembapan rambut sehingga mudah diatur. Caranya mudah sekali yaitu dengan mengoleskan minyak ini secara menyeluruh ke rambut dan bilas menggunakan air bersih serta shampoo.

19. Hindari Menggosok Rambut secara Berlebihan

Saat melakukan keramas kita seringkali menggosoknya secara berlebihan , dengan bertujuan agar rambut bersih . Hal ini justru akan membuat rambut kusut dan susah diatur saat kering .Karena penggosokan rambut secara berlebihan dan keras akan menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak sehingga sulit untuk diatur. Maka dari itu dianjurkan saat melakukan keramas lakukan pemijatan di kulit kepala secara perlahan. (Baca juga : cara cepat menumbuhkan alis setelah dicukur )

20.Menggunakan Sisir yang Sesuai

Menggunakan sisir yang gigiinya rengket justru akan membuat rambut kering , karena gesekan rambutan dengan gigi rambut yang terlalu dekat. Berbeda jika kita menggunakan gigi rambut yang jarang ,maka akan menjaga kandungan minyak rambut alami , dan menghindari gesekan rambut dengan sisir yang terlalu rengket.

Baca juga :

Beberapa cara yang dapat dilakukan pria untuk mengatur rambutnya , baik secara alami dan tidak alami. Tips diatas diharapkan mampu membantu pria yang memiliki masalah rambut yang sulit untuk diatur.