20 Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang Secara Alami dan Cepat

Rambut memiliki ciri yang berbeda-beda bagi setiap orang, sebagai salah satu contohnya ada seseorang yang memiliki tipe rambut kering dan mengembang. Jenis rambut kering dan mengembang tentu memerlukan kelembapan untuk mengatasi rambut yang kering. Cara ini harus dilakukan dengan alami mengingat cara yang alami lebih aman untuk digunakan dalam jangka panjang. Selain itu dengan menggunakan cara alami untuk merawat rambut keriting dan mengembang tidak membuat Anda harus mengeluarkan uang yang banyak untuk melakukan perawatan. Nah, berikut ini ulasan mengenai cara merawat rambut kering dan mengembang secara alami antara lain sebagai berikut ini :

1.Minyak zaitun

Cara pertama untuk merawat rambut kering dan mengembang adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak alami yang berasal dari buah zaitun ini kaya akan vitamin e dan pelembap alami yang dapat berfungsi untuk menutrisi rambut sehingga tidak tampak mengembang dan juga memberikan kelembapan yang alami bagi rambut agar tidak terlalu kering. Penggunaan minyak zaitun ini sebagai salah satu masker alami rambut dapat di gunakan dengan cara tuangkan minyak zaitun dari botolnya ke telapak tangan secukupnya saja. Setelah itu segera oleskan pada rambut secara menyeluruh.

Baca juga :

2. Madu

Cara yang kedua merawat rambut kering dan mengembang dengan menggunakan bahan alami adalah dengan madu. Cairan alami ini memiliki rasa manis yang pas dan kaya akan vitamin c, vitamin e dan antioksidan. Cara menggunakan madu untuk rambut cukup oleskan pada rambut secara merata.

Baca juga :

3. Lidah buaya

Selanjutnya bahan alami untuk merawat rambut kering dan mengembang adalah menggunakan gel dari lidah buaya. gel dari lidah buaya ini memiliki manfaat untuk membantu melembapkan rambut secara alami. Cara penggunaanya tuangkan gel dari lidah buaya dan ratakan pada rambut secara menyeluruh.

Baca juga :

4. Telur

Bahan alami yang keempat untuk merawat rambut kering dan mengembang yang berikutnya adalah menggunakan putih telur. Putih telur memiliki kandungan zat besi dan protein nabati yang tinggi. Jadi bermanfaat sekali untuk merawat rambut. Berikut in langkah untuk menggunakan masker putih telur. Pertama, belah dua telur dan pisahkan antara putih dan kuning telur. Lalu kocok putih telur hingga berbusa baru oleskan pada rambut untuk dijadikan masker. Diamkan selama 30 menit baru bilas rambut hingga bersih.

Baca juga :

5. Lemon

Cara yang kelima adalah menggunakan air perasan lemon untuk merawat rambut kering dan mengembang. Air perasan lemon memiliki kandungan vitamin c yang tinggi sekali. Oleskan air perasan lemon tersebut pada rambut secara merata. Tunggu hingga 30 menit dan bilas hingga bersih.

Baca juga :

6. Jeruk Nipis

Cara yang keenam untuk merawat rambut kering dan mengembang adalah menggunakan jeruk nipis. Buah yang lebih kecil dari lemon ini juga memiliki kandungan vitamin c yang tinggi. Oleskan air perasan jeruk nipis pada rambut dan tunggu hingga kering. Setelah kering baru bilas rambut Anda hingga bersih.

Baca juga :

7. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan manfaat tidak hanya bagi kulit tapi juga rambut. Cara membuat masker dari alpukat ini mudah sekali. Pertama, kupas kulit dari alpukat lalu ambil isinya. Isi alpukat kemudian dihaluskan baru dioleskan merata pada rambut. Diamkan selama 30 menit baru setelah itu bilas hingga bersih.

Baca juga :

8. Cuka apel

Selanjutnya yang bermanfaat untuk mengatasi rambut kering dan mengembang adalah cuka apel. Adapun cara menggunakan cuka apel ini pada rambut adalah dengan mengoleskan cuka apel secara merata. Setelah itu baru diamkan selama lebih kurang 30 menit. Jika sudah baru bilas rambut Anda dengan bersih.

Baca juga :

9. Pisang

Buah pisang juga memiliki manfaat untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Anda cukup membuat masker pisang dengan cara menghaluskan pisang dan ratakan pada rambut. Setelah itu diamkan selama 30 menit hingga mengering, jika sudah baru bersihkan rambut Anda.

Baca juga :

10.Yoghurt

Cara yang kesepuluh adalah dengan menggunakan yoghurt, namun yoghurt yang kita gunakan adalah yoghurt yang tidak memiliki rasa sama sekali. Oleskan yoghurt ini pada rambut dan biarkan selama 30 menit. Jika sudah 30 menit baru kemudian di bilas rambut Anda dengan bersih.

11. Cukupi nutrisi vitamin b

Cara merawat rambut kering dan mengembang berikutnya adalah dengan mencukupi nutrisi vitamin b kompleks dalam tubuh. Vitamin b berperan untuk menjaga keindahan rambut Anda.Vitamin b ini banyak terdapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin b secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari luar.

Baca juga :

12. Bersihkan rambut teratur

Merawat rambut kering dan mengembang berikutnya juga dapat dilakukan dengan cara mengubah kebiasaan dalam merawat rambut. Rambut juga perlu untuk dibersihkan secara teratur. Minimal membersihkan rambut dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu. Tujuannya adalah untuk menghilangkan debu yang menempel pada rambut setelah seharian beraktifitas.

Baca juga :

13. Potong rambut

Cara yang ketiga belas dalam merawat rambut kering dan mengembang adalah melakukan pemotongan gaya rambut yang sesuai. Dengan rambut yang mengembang cara merawatnya adalah dengan membuat potongan rambut panjang di bagian dalam dan pendek dibagian luar. Cara ini cukup bagus untuk orang yang memiliki tipe rambut mengembang.

Baca juga :

14. Hentikan penggunaan hair dryer berlebihan

Penggunaan hair dryer dewasa ini memang dinilai praktis dan cepat untuk mengeringkan rambut setelah keramas. Namun fakta lain melihatkan bahwa penggunaan hair dryer secara berlebihan justru dapat merusak rambut. Jadi jika inging merawat rambut kering dan mengembang baiknya hentikan untuk menggunakan hair dryer secara berlebihan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga :

15. Menyisir rambut dengan benar

Meskipun terlihat sederhana dan tidak begitu penting, namun perkara tentang menyisir rambut dengan benar juga diperlukan untuk membantu merawat rambut kering dan mengembang. Rata-rata orang yang memiliki rambut kering sulit untuk disisir karena rambut sering menyangkut di sisir yang digunakan. Untuk itu pilih sisir dengan gigi yang jarang untuk menghindari rambut kusut.

Baca juga :

16. Mengeringkan rambut secara alami

Cara keenam belas untuk merawat rambut kering dan mengembang berikutnya adalah dengan cara mengeringkan rambut secara alami. mengeringkan rambut dengan cara alami dapat dilakukan dengan menggunakan handuk dan kipas angin.

Baca juga :

17. Jangan melakukan cat rambut

Sekarang banyak sekali jenis warna rambut yang disukai kaum muda dan ibu-ibu. Rata-rata mereka menyukai rambut dengan warna yang terang dan beda. Namun dibalik hobi tersebut melakukan cat rambut dapat membuat rambut menjadi rusak. Jadi cara yang tepat untuk merawat rambut kering dan mengembang adalah dengan tidak melakukan cat rambut terlalu sering dan menganti warna-warna rambut.

Baca juga :

18. Melakukan styling rambut

Dalam rangka melakukan dunia kecantikan khususnya rambut, sekarang ini banyak sekali orang yang melakukan styling rambut dan menjadi trendsetter. Sebagai konsumen yang bijak ada baiknya bagi Anda untuk membatasi melakukan styling rambut hanya untuk mengikuti trendsetter sementara. Melakukan styling rambut terlalu sering dan pernah melakukannya dapat membuat rambut rusak lebih cepat dibandingkan dengan orang yang tidak pernah melakukannya sama sekali. Jadi cara merawat rambut kering dan mengembang adalah dengan tidak melakukan styling rambut.

(Baca juga : Cara membuat rambut bervolume)

19. Kentang

Bahan alami yang selanjutnya dapat digunakan adalah masker kentang. Caranya lumatkan kentang dan oleskan secara merata pada rambut Anda. Cara ini baik sekali untuk menutrisi rambut yang kering dan mengembang.

Baca juga :

20. Pepaya

Terakhir cara merawat rambut kering dan mengembang adalah dengan menggunakan pepaya. Buah pepaya dikupas kulitnya dan dihaluskan daging dari buah pepaya tersebut. Setelah itu baru oleskan pada rambut secara menyeluruh. Diamkan selama 30 menit untuk mengeringkan masker. Setelah itu baru bilas rambut hingga bersih.

Baca juga :

Itulah beberapa cara merawat rambut kering dan mengembang secara alami dan aman untuk jangka panjang.