12 Cara Memilih Foundation Wardah Sesuai Warna Kulit yang Benar

Wardah menjadi brand kecantikan yang saat ini sedang banyak diminati karena termasuk salah satu brand kecantikan yang berkualitas.  Salah satu produk wardah yang banyak digunakan yaitu foundation. Foundation menjadi salah satu produk make up untuk pemula yang penting. Menggunakan foundation akan semakin maksimal jika sesuai dengan warna kulit, karena kulit anda tidak akan terlalu cerah atau gelap saat memakai foundation. Nah, bagi anda yang selalu kesulitan saat memilih foundation, berikut ini kami jelaskan cara memilih foundation wardah sesuai warna kulit.

1. Warna Dasar Kulit

Langkah paling dasar yang harus anda ketahui untuk memilih warna foundation yaitu mengetahui warna dasar kulit anda.  Warna kulit itu sendiri sebenarnya bukan hanya bisa dilihat dari luar saja. Namun dilihat dari pembuluh darah pada setiap orang. Ada tiga warna dasar kullit yaitu warm, neutral dan cool.  Warna dasar kulit cool memiliki pembuluh darah berwarna ungu muda dan biru tua, kulit warna dasar neutral memiliki pembuluh darah biru tua, biru muda dan hijau tua. Sedangka kulit warna dasar warm memiliki pembuluh darah hijau tua dan cokelat. Anda bisa mencoba melihat pembuluh darah anda. Jika anda sudah mengetahui warna dasarnya, maka mencari warna foundation yang cocok menjadi lebih mudah. Sebab brand kosmetik biasanya memiliki produk dengan lebel sesuai dengan skintone atau warna dasar kulit.

2. Mencoba Foundation dengan Bersamaan

Jika anda sudah mengetahui warna dasar kulit anda, maka anda bisa langsung mencoba foundation pada kulit anda. Hanya saja, saat mencoba foundation sebaiknya coba beberapa foundation. Ini dilakukan untuk mengetahui foundation yang paling cocok dengan kulit anda. Sebaiknya jangan beli foundation yang hanya dilihat dari warna kemasan saja.

3. Jangan Tes Foundation Pada Tangan

Saat memilih foundation untuk menentukan warna yang tepat biasanya banyak orang yang mengaplikasikannya pada tangan untuk mengetahui apakah warna foundation cocok atau tidak dengan warna kulit anda.

4. Tes Foundation Pada Rahang Bawah

Cara memilih foundation wardah sesuai warna kulit yang baik dan benar yaitu mencobanya pada rahang bawah. Ketika anda mencobanya anda jangan langsung menentukan. Coba tunggu beberapa menit setelah anda mencobanya. Jika setelah beberapa menit warna tersebut mirip dengan kulit anda, maka itulah foundation yang cocok dengan warna kulit anda. Jika warna kulit anda sawo matang, maka anda bisa memilih warna foundation untuk kulit sawo matang. Sedangkan jika kulit gelap, maka pilihlah warna foundation untuk kulit gelap yang cocok.

5. Mencoba Foundation Pada Tempat Terang

Saat mencoba foundation jangan  di tempat gelap. Akan lebih  tepat jika anda mencoba foundation pada tempat terang. Akan lebih bagus jika di toko kosmetik tersebut memiliki lampu dengan warna yang natural.

6. Pilih Foundation dengan Seksama

Saat memilih foundation, sebaiknya jangan terburu-buru. Pilihlah foundation dengan seksama atau sesuai dengan aturan yang benar agar anda tidak salah memilih foundation.

7. Bertanya Pendapat Teman

Jika anda masih ragu, maka anda bisa bertanya pada teman atau pegawai toko kosmetik tersebut. Setelah anda mencobanya tanyakan shade mana yang cocok dengan kulit anda.

8. Campurkan Foundation

Apabila merk foundation wardah tidak memiliki warna yang cocok dengan kulit anda, sebaiknya anda jangan khawatir.  Anda dapat mencampurkan beberapa warna foundation sampai mendapatkan warna yang sesuai dengan kulit anda. Saat mencampurkannya, anda bisa mencoba di tangan.

9. Ganti Foundation Setiap Musim

Tahukah anda? foundation juga sebenarnya harus dicocokan sesuai musim. Foundation yang anda kenakan saat ini mungkin saja cocok untuk musim hujan. Namun saat musim panas, bisa saja warnanya akan menjadi lebih gelap. Oleh karena itu, sebaiknya tes foundation setiap akan menginjak musim yang berbeda. Namun, jika foundation yang anda gunakan cocok  untuk semua musim, berarti anda telah tepat memilih foundation.

10. Menentukan Look yang Anda Inginkan

Cara memilih foundation sesuai warna kulit yang selanjutnya yaitu menetukan look seperti apa yang anda inginkan. Beberapa look tertentu mengharuskan anda memilih foundation dengan warna satu tingkat lebih cerah atau lebih gelap dari warna dasar kulit anda. Namun untuk sehari-hari, pastian anda memilih foundation yang bagus untuk sehari-hari.

11. Menentukan Coverage yang Anda Inginkan

Coverage menjadi kekuatan foundation dalam menutupi kulit wajah atau kekurangan yang terdapat pada wajah anda. Apabila anda menyukai tampilan yang natural, maka anda bisa memilih foundation yang memiliki daya coverage tipis. Namun, jika anda menyukai tampilan flawless maka pilihlah foundation dengan full coverage.

12. Sesuaikan Foundation dengan Kebutuhan Kulit Anda

Selain warna yang harus anda perhatikan, anda juga sebaiknya memilih foundation dengan kebutuhan kulit anda. Apakah anda memiliki tipe kulit sensitif, kering, berminyak atau muncul beberapa masalah lainnya? Maka anda bisa memilih foundation yang sesuai dengan kebutuhan kulit anda.

Itulah beberapa cara memilih foundation wardah sesuai warna kulit. Setelah mengetahui cara memilih foundation yang tepat, agar riasan anda semakin maksimal  maka penting juga mengetahui cara memakai bedak agar tahan lama. Diharapkan dengan beberapa tips di atas anda tidak akan salah saat memilih foundation sesuai dengan  warna kulit anda. Semoga bermanfaat.