22 Cara Memutihkan Gigi yang Hitam dan Kuning

Gigi yang cemerlang dan bersinar diinginkan oleh hampir semua orang untuk mendapatkan penampilan yang menunjukkan kepribadian muda dan segar. Gigi yang bersinar adalah rahasia di belakang sebuah senyum yang manis. Akan tetapi pada kenyataannya, sangat sedikit usaha yang dilakukan untuk mempertahankan gigi yang putih alami sehingga gigi kuning merupakan masalah yang umum. Memutihkan gigi yang juga dikenal dengan sebutan bleaching gigi kemudian menjadi proses yang dilakukan untuk mengembalikan warna alami gigi.

Pada industri kosmetik, pemutihan gigi sekarang ini telah menjadi prosedur yang banyak dicari. Beberapa cara memutihkan gigi secara modern telah dapat digunakan antara lain menyikat gigi, bleaching pen, laser bleaching, dan bleaching strips. Mengunjungi dokter gigi memang akan membantu untuk menghilangkan gigi yang kuning, namun seharusnya kita mencari tahu apa penyebab gigi yang hitam dan rusak untuk dapat mengatasinya dengan tepat. Penyebab gigi hitam antara lain karena merokok, minum yang mengandung alkohol, penuaan, genetik, dan beberapa perawatan gigi lainnya yang kurang tepat.

Memutihkan Gigi Hitam

Kebanyakan orang akan meminta bantuan profesional untuk menghilangkan noda hitam dan pada akhirnya sejumlah besar uang dan waktu terbuang pada pengobatan dan perawatan medis. Daripada menghabiskan uang untuk membeli produk pemutih gigi, Anda justru bisa mendapatkan perawatan yang lebih memerlukan sedikit biaya dengan menggunakan bahan alami.

1. Baking Soda

Baking soda dianggap sebagai salah satu bahan terbaik yang digunakan untuk perawatan gigi yang berubah warna, cara memutihkan gigi dengan baking soda adalah:

  • Siapkan dua sendok makan baking soda dalam secangkir air dingin.
  • Aduk sampai rata dan gunakan untuk mencuci mulut atau berkumur 2-3 kali sehari dengan pembersih mulut buatan rumah ini.
  • Cara ini akan mengurangi noda hitam pada gigi.
  • Anda juga dapat menggunakannya sebagai pasta gigi dengan mencampur baking soda dan air. Gosok gigi dengan ramuan ini selama beberapa menit. Ulangi 2-3 kali seminggu.

Gunakanlah baking soda dengan berhati – hati, karena penggunaan berlebihan dapat merusak enamel gigi. Baking soda juga dapat digunakan sebagai cara memutihkan ketiak dan leher.

2. Lemon

Lemon dikenal sebagai pendorong kekebalan tubuh, anti bakteri, dan kemampuan untuk menyembuhkan. Tidak hanya digunakan untuk digunakan pada penyakit kulit, namun juga baik untuk memutihkan gigi.

  • Peras satu buah lemon dan campur dengan air secukupnya.
  • Gunakan campuran untuk berkumur di mulut
  • Anda juga bisa menggosok gigi langsung dengan kulit jeruk untuk cara memutihkan gigi yang hitam.
  • Cara lain adalah dengan menambahkan sedikit garam dan beberapa tetes air lemon. Oleskan pada gigi yang hitam. Gosokkan pasta gigi pada gigi dan gusi, biarkan beberapa menit. Kumur dengan air biasa setelah beberapa saat.

3. Stroberi

Stroberi kaya akan vitamin C dan bisa bermanfaat sebagai  pembersih alami serta cara memutihkan gigi secara alami, dan juga digunakan sebagai cara merawat wajah agar awet muda.

  • Siapkan 2-3 buah stroberi dan hancurkan sampai menjadi pasta.
  • Gosokkan pasta pada gigi dengan lembut.
  • Lakukan sebanyak dua kali sehari selama beberapa minggu.
  • Anda juga dapat menambahkan baking soda pada pasta stroberi. Oleskan pada gigi dadn biarkan selama beberapa menit. Kumur dan gosok gig seperti biasa.

4. Kemangi

Kemangi adalah bahan alami untuk cara memutihkan gigi yang hitam dan juga bisa mengatasi beberapa masalah gusi, seperti gusi berdarah. Kemangi juga digunakan sebagai cara menghilangkan putih putih di wajah dan juga cara menghilangkan kutil.

  • Jemur beberapa lembar daun kemangi di bawah matahari.
  • Ketika mengering hancurkan sampai menjadi bubuk.
  • Gunakan bubuknya untuk menyikat gigi secara teratur.

5. Apel

Apel dapat membantu meningkatkan produksi air liur dan juga mempertahankan napas yang segar dan bersih.anda bisa mengonumsi apel etiap hari untuk menghilangkan noda dari gigi. Ingat bahwa apel harus dikunyah dengan benar agar dapat mengeluarkan asam malat yang ada di dalamnya. Serat pada apel akan membantu menghilangkan noda pada gigi. Ada pula manfaat apel untuk kulit dan manfaat buah apel untuk rambut.

6. Garam

Garam dianggap sebagai bahan yang paling baik untuk memutihkan gigi. Garam dapat membantu megii mineral gigi yang hilang dan memperoleh warna putih kembali, juga dapat digunakan sebagai bubuk gigi untuk membersihkan gigi. Anda bisa menggunakan garam dan arang untk cara memutihkan gigi yang hitam. Garam juga dapat digunakan dengan baking soda dan menggosokkannya dengan hati – hati pada gigi untuk mengurangi noda kuning. Akan tetapi, garam juga berbahaya untuk gusi dan enamel, karena itu jangan menggunakannya terlalu kasar.

7. Arang

Arang aktif digunakan untuk menghilangkan kotoran dari air. Ada pula manfaat masker arang untuk wajah. Kristal yang kuat dalam arang digunakan untuk memutihkan gigi. Cara memutihkan gigi dengan arang yaitu:

  • Campur sedikit bubuk arang dengan pasta gigi biasa.
  • Gunakan untuk menggosok gigi dengan perlahan dua kali sehari.
  • Anda juga bisa menggunakan abu dari rosemary yang dibakar dan roti bakar sebagai pengganti arang.

8. Margosa (Neem)

Ranting margosa juga dapat digunakan sebagai bahan untuk menyikat gigi. Anda dapat mengunyah dahan margosa untuk menghilangkan noda htam dan mencegah masalah gigi. Margosa mengandung manfaat antiseptik dan juga astringent yang dapat membantu menyembuhkan karang gigi dan napas tidak sedap. Anda juga dapat mencampur minyak margosa dengan pasta gigi yang biasa digunakan.

9. Kulit Jeruk

Kulit jeruk menandung kalsium dan vitamin C yang dapat melawan mikro organisme di dalam mulut, juga efektif untuk memutihkan gigi. Gosokkan kulit jeruk langsung pada gigi setiap malam. Anda juga dapat menggunakan kulit jeruk yang dikeringkan untuk menggantikan kulit jeruk segar.

10. Hidrogen Peroksida

Untuk menghilangkan gigi kuning, hidrogen peroksida dapat digunakan sebagai bahan yang efektif. Gunakan pembersih mulut yang mengandung hidrogen peroksida untuk menghilangkan gigi hitam dan membersihkan gigi yang kuning. Gunakan hidrogen peroksida 3% yan banyak dijual. Anda juga dapat mencairkan hidrogen peroksida terlebih dulu dengan air sehingga kandungannya menjadi 1,5%.

  • Siapkan baking soda secukupnya dan campur dengan hidrogen peroksida sampai menjadi pasta.
  • Gunakan pasta ini untuk menyikat gigi.
  • Jangan menelan hidrogen peroksida ketika berkumur.
  • Anda juga perlu menggunakannya dengan hati – hati untuk melindungi gigi agar tidak menjadi sensitif.
  • Gunakan hanya dalam jumlah yang seminimal mungkin.

11. Kulit Pisang

Pisang kaya akan nutrisi. Kulit pisang juga mengandung mineral seperti magnesium, mangan dan potasium. Mineral – mineral ini sangat membantu dalam menembus gigi dan memutihkannya.

  • Gosokkan kulit pisang pada gigi selama dua menit.
  • Biarkan selama 15 menit.
  • Setelah itu, sikat gigi dengan pasta gigi yang biasanya.
  • Ulangi proses ini selama 2-3 kali dalam seminggu.

12. Wortel

Wortel mentah adalah pembersih utama. Mengunyah wortel mentah dan renyah dapat membantu membersihkan plak dari gigi, dan wortel membantu mempertahankan asam alkali yang seimbang pada mulut, yang berfungsi untuk membunuh bakteri. Mentimun, seledri, dan brokoli juga akan membantu memutihkan gigi. Manfaat wortel untuk kulit bisa dilakukan antara lain dengan cara memutihkan tangan.

13. Kismis dan Keju

Kismis membantu dalam meningkatkan produksi air liut. Anda dapat mengonsumsi kimis per hari untuk embantu mengelupas plak pada gigi dan juga mencegah pembentukan plak. Begitu juga dengan konsumsi sepotong keju setiap habis makan dapat membantu pembentukan kembali mineral gigi dan mencegah kerusakan gigi. Keju yang keras seperti keju Swiss atau Cheddar akan membantu tubuh memproduksi alkaline pada air liur yang dapat melawan pembentukan plak.

14. Susu dan Yogurt

Susu dan yogurt kaya akan fosfor dan kalsium. Mineral ini membantu mempromosikan pembentukan kembali mineral dan enamel gigi. Kedua bahan ini akan membantu memutihkan gigi hitam, menjauhkan gigi dari keropos dan membuat gigi tampak berkilau. Cara memutihkan wajah secara alami dengan susu dan manfaat susu untuk rambut, cara mencerahkan kulit wajah dengan yogurt dan cara memutihkan kulit secara alami dengan yogurt juga dapat dicoba .

15. Oil Pulling

Pada dasarnya oil pulling digunakan untuk memperbaiki kesehatan mulut.

  • Siapkan satu sendok makan minyak (wijen, kelapa, zaitun atau minyak bunga matahari).
  • Gosokkan perlahan dan lembut pada gigi selama 20 menit.
  • Kumur sampai bersih.
  • Anda juga dapat berkumur dengan minyak ke seluruh bagian mulut.
  • Ludahkan minyaknya dan kumur dengan air bersih.

16. Daun Bay

  • Siapkan beberapa daun bay yang sudah dikeringkan.
  • Hancurkan dan campur dengan kulit jeruk yang sudah dikeringkan dalam jumlah yang sama.
  • Tambahkan air secukupnya sampai menjadi pasta.
  • Gosokkan pasta pada gigi.

17. Cuka Apel

Cuka apel juga dapat digunakan untuk cara memutihkan gigi yang hitam, namun juga untuk membunuh kuman yang mempengaruhi gigi. Anda dapat menggunakan cuka apel untuk berkumur. Gunakan dalam jumlah secukupnya dan seminimal mungkin, dan jangan terlalu sering karena akan merusak enamel gigi karena kandungan asamnya.

18. Kaolin Clay

Clay memiliki kemampuan untuk memoles gigi dengan efektif dan memiliki efek abrasif minimal atau rendah. Clay kaolin putih apat membersihkan gigi yang hitam karena plak dan karang gigi. Anda dapat meramu bahan ini dengan takaran dan campuran bahan yang sama dengan resep pada baking soda. Fokuskan pemakaian pada gigi bagian depan agar clay menyatu dengan air liur.

19. Kunyit

Kunyit adalah bahan pemutih kulit alami berkat khasiat astringent, anti mikroba, antiseptik dan medisnya. Anda dapat menggunakan kombinasi kunyit dengan minyak kelapa untuk cara memutihkan gigi yang hitam.

  • Campur minyak kelapa yangg sudah dicairkan dengan bubuk kunyit sampai menjadi pasta.
  • Kunyah pasta setiap pagi sebelum menyikat gigi, makan atau minum.
  • Ludahkan setelah selesai dan kumur seperti biasa.

20. Jambu

Buah dan daun jambu dapat mencegah bakteri yang biasa mengendap pada gigi dan gusi karena mengandung anti radang dan fungsi analgesik. Manfaat daun jambu biji untuk wajah bisa didapatkan dengan cara membuat masker daun jambu biji untuk wajah.

  • Pilih beberapa daun jambu yang lembut
  • Kunyah hingga hancur dan ludahkan
  • Kumur sampai bersih dengan air.
  • Melakukan perawatan ini setiap hari akan sangat mengurangi resiko pembentukan tartar dan plak.

21. Cengkeh

Anda mungkin pernah mendengar cengkeh digunakan untuk melawan sakit gigi, akan tetapi apakah Anda juga tahu bahwa cengkeh juga digunakan sebagai bahan dalam pasta gigi alami untuk membasmi plak gigi?

  • Campurkan satu sendok teh bubuk cengkeh dengan minyak zaitun secukupnya untuk membentuk pasta.
  • Biarkan selama 5 menit lalu kumur dengan air hangat.
  • Gunakan dua kali sehari untuk melawan gingivitis, pembentukan tartar dan mikroba penyebab napas tidak sedap.

22. Cuka Putih

Cuka putih adalah salah satu bahan multiguna yang banyak disimpan di rumah. Tidak hanya dapat menghilangkan plak, cuka juga membantu mencegah pengurangan mineral pada enamel gigi.

  • Campur dua sendok makan cuka dan satu sendok makan garam laut dalam seperempat cangkir air hangat.
  • Gunakan untuk berkumur sebentar, ludahkan dan bilas dengan air biasa.

Diantara berbagai cara memutihkan gigi yang hitam akibat plak dan tartar yang bisa dilakukan di rumah, Anda juga perlu tetap melakukan perawatan harian seperti menyikat gigi dua kali sehari dengan bersih. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut untuk menjauhkan plak sambil melakukan salah satu macam perawatan gigi diatas di rumah. Ganti sikat gigi Anda secara teratur dan usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat yang tidak akan menodai gigi.