25 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Cepat

Senyum cemerlang dengan gigi yang sempurna akan mudah menjadi penarik perhatian untuk orang lain. Senyum yang cemerlang tersebut akan kita dapatkan apabila kita memiliki gigi yang rapi, berbentuk simetris dan berwarna putih bersih, tanpa noda atau perubahan warna, dan kekurangan lain yang bisa terlihat. Tidak seorang pun menginginkan senyumnya berubah warna menjadi kuning, karena penampilan senyum yang memperlihatkan senyuman berupa gigi kuning ini terlalu mencolok.

Perubahan warna gigi menjadi kuning merupakan bagian dari proses penuaan. Akan tetapi seperti juga kerutan pada wajah, banyak orang yang berusaha melawannya sehingga tidak tampak memiliki gigi yang kuning. Gigi kuning tentunya akan memberikan kesan sama pada setiap orang, dan mengurangi nilai bagus dari penampilan Anda. Sebaliknya, kondisi gigi yang sedap dipandang tentunya akan menambah kesan positif dari keseluruhan penampilan Anda.

Memutihkan Gigi Dengan Bahan Alami

Beberapa tahun belakangan ini berkembang tren memutihkan gigi dengan pesat, karena itu banyak sekali klinik gigi yang bermunculan, begitu juga dengan produk – produk pemutih gigi yang dijual di pasaran seperti pasta gigi dan berbagai obat pemutih gigi yang ada di konter – konter toko obat.

1. Baking Soda

Campur sedikit baking soda dengan air dan taburkan pada sikat gigi Anda sebelum mulai menyikat gigi. Anda juga dapat menggunakan jari tangan untuk mengoleskan baking soda pada gigi dan membiarkannya selama satu menit. Baking soda dapat menjadi cara memutihkan gigi secara alami namun jangan lupa untuk menggunakannya dengan takaran yang cukup dan tidak berlebihan agar tidak merusak enamel gigi. Baking soda juga dapat digunakan untuk cara menghilangkan kulit belang dan cara menghilangkan bau ketiak secara alami.

2. Baking Soda dan Pasta Gigi

Campur seperempat sendok teh baking soda dengan sedikit pasta gigi. Sikat gigi Anda dengan campuran ini dan kumurlah dengan air hangat. Lakukan cara ini satu atau dua kali seminggu. Manfaat pasta gigi untuk wajah antara lain untuk cara memutihkan kulit dengan pasta gigi.

3. Baking Soda dan Hidrogen Peroksida

Campur satu sendok makan baking soda dengan satu setengah hidrogen peroksida dan satu cangkir air dingin. Berkumurlah menggunakan ramuan ini dua atau tiga kali dalam satu hari. Campuran kedua bahan ini akan baik untuk cara memutihkan gigi secara alami.

4. Baking Soda dan Cuka

Campuran baking soda dan cuka dipercaya dapat menjadi cara memutihkan gigi secara alami.

  • Campurkan cuka apel dan baking soda dengan perbandingan 2:1.
  • Gunakan campuran tersebut untuk menyikat gigi secara teratur.
  • Anda juga dapat berkumur dengan campuran ini dan tidak perlu menyikat gigi.

5. Baking Soda dan Lemon

Baking soda akan bekerja sebagai scrub pada gigi dan akan menyeimbangkan sifat asam dari lemon yang dapat merusak gigi. Manfaat lemon untuk bibir juga dapat Anda coba agar dapat menghilangkan warna bibir yang kehitaman karena penumpukan sel kulit mati.

  • Campur satu sendok makan air perasan lemon dan sedikit baking soda.
  • Aduk merata hingga menjadi pasta, tambahkan sedikit baking soda jika terlalu encer.
  • Oleskan langsung pada gigi dengan menggunakan sikat gigi.
  • Diamkan selama satu menit dan kumur sampai bersih sambil disikat perlahan.

6. Baking Soda dan Stroberi

Stroberi merupakan salah satu masker alami untuk wajah kusam dan berminyak. Cara membuat campuran stroberi dan baking soda untuk memutihkan gigi yaitu:

  • Campurkan daging buah stroberi yang dihancurkan dengan satu setengah sendok teh baking soda.
  • Oleskan ramuan pada gigi dan biarkan selama beberapa menit.
  • Kumur sampai bersih dan sikat gigi Anda menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan kotoran yang tertinggal.

7. Kulit Buah Pisang

Kulit pisang mengandung asam sitrat dan salisilat yang dipercaya dapat digunakan dalam cara memutihkan gigi secara alami.

  • Gosokkan bagian dalam kulit pisang matang selama kurang lebih dua menit pada gigi.
  • Kumur sampai bersih setelahnya.
  • Anda dapat melakukan cara ini selama kurang lebih satu minggu.
  • Kulit pisang jauh lebih aman karena tidak mengandung asam yang dapat merusak enamel gigi.

8. Kulit Jeruk

Membersihkan gigi dengan menggunakan kulit jeruk segar secara teratur akan mengurangi penumpukan noda kuning pada gigi Anda. Gosokkan kulit jeruk pada gigi setiap malam sebelum tidur. Kandungan vitamin C dan kalsium didalamnya akan membantu mengusir mikroorganisme semalaman. Lakukan hal ini selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang efektif. Anda juga dapat menggunakan bubuk kulit jeruk yang sudah dikeringkan jika tidak ada kulit jeruk segar.

9. Stroberi

Stroberi mengandung vitamin C yang cukup untuk membantu cara memutihkan gigi secara alami. Stroberi dapat menjadi cara mengatasi kulit kusam dan juga cara menghilangkan bibir hitam. Anda dapat mencoba stroberi untuk cara memutihkan gigi secara alami berikut ini:

  • Giling beberapa stroberi sampai menjadi pasta.
  • Gosokkan pasta stroberi pada gigi dengan perlahan.
  • Lakukan dua kali dalam sehari dan noda kuning pada gigi Anda akan menghilang.

10. Hidrogen Peroksida

Kemampuan pemutihan ringan dari hidrogen peroksida dapat membantu untuk memutihkan gigi yang kuning. Berkumurlah dengan penyegar mulut yang memiliki kandungan hidrogen peroksida. Pastikan agar jangan sampai tertelan. Gunakan hidrogen peroksida dengan kehati – hatian yang ekstra karena penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan gusi menjadi iritasi dan gigi menjadi sensitif. Hidrogen peroksida dapat juga digunakan sebagai cara menghilangkan keloid secara alami dan secara cepat.

11. Lemon

Kemampuan memutihkan yang ada di dalam sebutir lemon dapat membantu menghilangkan warna kuning pada gigi. Faktanya, berkumur dengan air perasan lemon dan menggosok gigi dengan kulit jeruk lemon merupakan salah satu cara terbaik untuk menghilangkan gigi kuning.

  • Campur beberapa tetes air lemon dan sedikit garam.
  • Oleskan ramuan pada gigi yang kuning dan gosok dengan bersemangat pada gigi dan gusi Anda.
  • Biarkan selama beberapa menit dan kumur dengan air sampai bersih.
  • Lakukan hal ini dua kali sehari selama dua minggu untuk menghilangkan noda kuning dari gigi.

12. Garam

Garam merupakan salah satu bahan pembersih gigi yang telah digunakan sejak lama, dan dapat mengembalikan mineral gigi yang hilang serta menjadi cara memutihkan gigi secara alami.

  • Anda dapat menggunakan garam biasa secara teratur setiap pagi sebagai pengganti pasta gigi.
  • Anda juga dapat mencampur garam dan arang lalu menggunakannya untuk menyikat gigi.
  • Selain itu Anda juga bisa mencampurkan baking soda dan garam secukupnya lalu menggosokkannya pada gigi. Berhati – hatilah dengan penggunaan garam karena dapat menyebabkan gigi dan gusi rusak jika digunakan dengan kasar.

13. Kemangi

Daun kemangi juga memiliki kemampuan untuk memutihkan gigi dan melindungi gigi dari berbagai penyakit gigi. Selain cara memutihkan gigi secara alami, kemangi juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kutil secara alami dan cara menghilangkan bulu ketiak secara alami.

  • Jemur beberapa daun kemangi di bawah sinar matahari selama beberapa jam
  • Ketika sudah kering, giling daun kemangi sampai menjadi bubuk.
  • Campur bubuk ini dengan pasta gigi yang biasa Anda gunakan dan sikat gigi Anda.
  • Cara lain bisa digunakan untuk mencampurkan pasta dari daun kemangi dan minyak mustard, gunakan untuk membersihkan gigi.

14. Apel

Memakan apel yang renyah dapat meluruhkan kotoran dan noda dari gigi serta membuatnya jadi lebih putih. Cobalah untuk mengonsumsi apel sebanyak satu atau dua butir sehari untuk menghilangkan noda kuning di gigi Anda. Kunyah dengan baik sehingga kandungan asam pada apel dan seratnya memiliki manfaat yang baik pada gigi. Anda juga dapat mencoba wortel, mentimun dan brokoli. Manfaat buah apel untuk rambut dan manfaat kulit apel untuk rambut juga dapat Anda coba.

15. Arang

Arang adalah bahan alami yang paling dikenal untuk cara memutihkan gigi secara alami, karena mengandung kimia berbasis kristal yang dapat memutihkan gigi. Manfaat masker arang untuk wajah juga bisa didapatkan untuk cara menghilangkan komedo secara alami.

  • Campur sedikit bubuk arang dengan pasta gigi Anda yang biasa dan sikat gigi perlahan.
  • Lakukan hal ini dua kali seminggu untuk membuat gigi Anda berkilau putih.
  • Jika tidak memiliki arang, Anda bisa menggunakan sisa gosong dari pembakaran roti atau rosemary.

16. Margosa (Daun Mimba)

Anda juga dapat menggunakan neem atau margosa untuk cara memutihkan gigi secara alami. Khasiat antiseptik dan astringent didalamnya membuat pemakaian teratur dari minyak margosa juga dapat membantu menghilangkan napas yang bau dan mencegah gigi bolong.

  • Anda dapat menggunakan ranting margosa untuk menyikat gigi. Mengunyah ranting margosa juga dapat membantu mencegah masalah gigi dan menghilangkan warna kuning.
  • Anda juga dapat mencampur minyak margosa dengan pasta gigi dan digunakan untuk menggosok gigi.

17. Cuka Apel

Kandungan asam dalam cuka apel akan mengangkat noda yang menempel pada permukaan gigi dan menyebabkan gigi kuning. Namun menggunakan cuka apel sebagai bahan pemutih gigi akan menjadi suatu proses yang akan berlangsung agak lama, harus dilakukan secara bertahap dan terus menerus. Anda juga dapat mencoba manfaat cuka apel untuk rambut.

  • Campurkan setengah sendok soda kue dan dua sendok teh air cuka apel.
  • Aduk merata sampai menjadi pasta.
  • Lakukan sebagai selingan dengan penggunaan pasta gigi seperti biasa.
  • Anda juga bisa mencampurkan cuka apel untuk air kumur sehari – hari.

18. Minyak Kelapa

Menggunakan minyak untuk berkumur disebut dengan istilah oil pulling. Minyak kelapa adalah jenis minyak yang paling sering digunakan untuk metode oil pulling tersebut karena rasanya tidak terlalu aneh dan mudah sekali didapat. Tujuan dari oil pulling ini adalah untuk mencegah gigi berlubang dan berwarna kuning karena bakteri yang menempel pada gigi.

  • Siapkan satu atau dua sendok makan minyak dan masukkan ke dalam mulut lalu kumur selama 20-30 menit.
  • Buang minyak yang sudah dikumur dan bersihkan mulut dengan kumur menggunakan air hangat.
  • Lakukan cara ini beberapa kali dalam seminggu.

Kandungan dalam minyak yang berupa lipid dapat menyerap racun didalam mulut dan akan bekerja bersama air liur untuk menarik racun tersebut keluar. Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun atau minyak wijen. Manfaat minyak kelapa untuk alis dan cara menghilangkan keriput di tangan dengan minyak kelapa juga bisa Anda coba.

19. Siwak

Siwak berarti ranting atau akar kayu yang digunakan untuk menggosok gigi yang berasal dari kayu Salvadora Persica.

  • Gigit bagian ujung siwak hingga bentuknya tampak menyerupai bulu sikat gigi yang biasa Anda pakai. Cara ini dikhususkan bagi Anda yang ingin membuat sendiri kayu siwak untuk giginya.
  • Jika ingin menggunakan siwak yang sudah jadi, rendam ujung siwak di dalam air selama beberapa menit.
  • Gunakan ujung siwak yang tampak seperti bulu sikat gigi dan gosok gigi Anda.
  • Gosokkan dengan mengikuti alur angka delapan mulai dari gigi tengah atas ke kanan, lalu terus hingga ke bagian tengah bawah dan terus memutar. Lakukan sebanyak tiga kali pengulangan.
  • Kumur sampai bersih.

20. Cengkeh

Cengkeh memang salah satu rempah yang kerap digunakan dalam pembuatan rokok. Akan tetapi tanpa campuran tembakau, cengkeh dapat digunakan sebagai pembersih gigi yang menguning. Cengkeh juga dapat digunakan sebagai cara menghitamkan alis secara alami dan cepat, juga sebagai salah satu bahan dalam lulur alami untuk memutihkan kulit.

21. Nanas

Beberapa penelitian menemukan bahwa pada pasta gigi yang mengandung bromelain yang biasanya ada di dalam buah nanas akan lebih memberikan hasil yang cepat untuk memutihkan gigi. Di dalam nanas ada terkandung enzim bromelain yang lebih efektif untuk menghilangkan noda di gigi daripada menggunakan pasta gigi biasa.

Tips Memutihkan Gigi Sehari – hari

Untuk memutihkan gigi, tidak cukup hanya mengandalkan bahan alami saja. Anda tidak akan dapat memperoleh gigi putih yang bertahan lama jika perawatan gigi Anda sehari – hari tidak mendapatkan perhatian khusus juga. Misalnya, cara merapikan gigi yang dapat dilakukan secara medis atau cara merapikan gigi tanpa behel. Cara memutihkan gigi dengan perawatan yang benar yaitu:

1. Menjaga gigi tetap bersih dengan mengonsumsi buah dan sayuran.

Kurangilah makanan dan minuman yang dapat meninggalkan noda pada gigi. Mengunyah buah dan sayuran yang renyah akan membantu meluruhkan plak seiring dengan setiap gerakan mengunyah.

2. Gosok gigi secara teratur dan dengan cara yang benar.

Warna gigi yang menguning sebagian besar akan berasal dari pertambahan usia, namun seringnya disebabkan karena penumpukan plak. Membersihkan gigi secara teratur akan membantu gigi tetap putih karena bakteri berkurang.

3. Kurangi gula

Batasi asupan gula yang Anda konsumsi setiap harinya. Terlalu banyak mengonsumsi gula akan mengakibatkan pertumbuhan bakteri streptococcus mutans yang menyebabkan plak dan gingivitis. Penuhi kebutuhan kalsium dalam konsumsi makanan atau minuman sehari – hari Anda dengan makanan kaya kalsium seperti susu, keju dan brokoli yang dapat melindungi gigi dari keropos.

4. Menyikat Gigi dengan Benar

Gosoklah gigi Anda dua kali dalam sehari dalam waktu dua menit pada masing – masing kegiatan tersebut. Pastikan sikat gigi Anda memiliki bulu sikat sedang atau lembut yang tidak akan merusak gusi. Cobalah untuk menggunakan benang gigi yang dapat membersihkan noda dan kotoran pada gigi lebih teliti, khususnya pada bagian diantara gigi.

Apabila kondisi gigi Anda hanya berupa warna kekuningan akibat penumpukan plak atau kurangnya kebersihan saat menyikat gigi, maka cara – cara diatas dapat Anda lakukan untuk cara memutihkan gigi secara alami. Akan tetapi, apabila setelah melakukan berbagai perawatan sederhana ini ternyata kondisi gigi Anda tidak menunjukkan perubahan, maka sepertinya sudah waktunya untuk mencoba berkonsultasi dengan dokter gigi yang kompeten. Kondisi tersebut yang bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor lain,  mungkin akan membutuhkan perawatan dari tenaga medis profesional.